Dari LV Hingga Gucci, Brand Fashion Mewah Mulai Ekspansi ke Metaverse

Default

Animo masyarakat dunia terkait kehadiran Metaverse yang istilahnya dipopulerkan oleh CEO Facebook (kini bernama Meta), Mark Zuckerberg, memang semakin tinggi.

Bahkan, sejumlah merek fashion mewah seperti Gucci, Louis Vuitton, sampai Balenciaga pun sudah mulai ekspansi ke dunia digital masa depan ini, geng.

Para brand mode ternama ini setidaknya sudah berpikir jauh ke depan dengan merilis berbagai koleksi pakaian digital serta bekerja sama dengan platform digital seperti game, metaverse, AR (augmented reality), dan berbagai metode lainnya.

Dengan hadirnya Metaverse, peluncuran produk-produk fashion diprediksi tidak akan hanya ada di catwalk, tapi melainkan juga akan diputar di dunia virtual, lho. Wah, bakal seperti apa, ya, kira-kira?

Brand fashion seperti Gucci, misalnya, yang telah berkolaborasi dengan berbagai macam game dengan membuat pakaian digital yang bisa dibeli dan dikenakan oleh karakter virtual yang ada di dalam permainan.

Terbaru, Gucci melakukan kolaborasi dengan game populer Roblox dengan merilis beberapa macam pakaian untuk avatar Roblox - salah satunya adalah tas Dionysus Gucci yang dijual seharga 4 ribu dolar AS atau sekitar Rp57 juta.

Roblox Gucci Db747

Sumber foto: Roblox

Tidak hanya itu, para perusahaan fashion ini, termasuk juga Louis Vuitton atau LV, bahkan diketahui tidak mengeluarkan sepeser pun biaya untuk produk digital yang mereka jual, geng.

Bukannya tanpa alasan, di Metaverse, mereka hanya akan menjual kemewahan virtual berupa barang digital, sehingga profit yang bisa dicapai perusahaan pun bisa mencapai 100%.

Di sisi lain, proses produksi barang fashion mewah di dunia nyata bisa memakan waktu yang sangat lama serta dengan bahan baku yang harganya juga sangat tinggi.

Seperti yang dilansir dari The Richest, Senin (03/01/2021), produk fashion pertama yang dijual melalui Metaverse diketahui adalah sebuah swater berwarna silver.

Sweater tersebut sudah terjual pada tanggal 12 Desember 2020 lalu dengan banderol mencapai 137 dolar AS atau hampir setara Rp2 juta.

Pertanyaannya, apa kegunaan dari produk fashion virtual semacam ini?

Ya, selain bisa dijadikan pakaian karakter virtual game, setiap pengguna di Metaverse nantinya juga bisa memiliki avatar yang mewakili dirinya di dunia virtual, lho.

Jadi, bak kehidupan di dunia nyata, kamu bisa membeli sejumlah produk fashion di dunia Metaverse yang sesuai dengan selera dan budget masing-masing.

Dengan begitu, avatar yang mewakili setiap pengguna Metaverse nantinya juga memiliki peluang yang sama untuk membeli pakaian virtual keluaran brand mewah seperti Gucci atau LV sekalipun.

Tidak hanya itu, semua produk yang bisa dibeli di dunia nyata, kemungkinan besar juga bakal tersedia di marketplace virtual Metaverse, geng.

Setelah membeli barang virtual tersebut, para pengguna pun akan menerima Non-Fungible Token (NFT) yang nantinya juga bisa ditukarkan dengan uang sungguhan.

Apakah hal itu cukup menjanjikan? Faktanya, penjualan tas tangan dari merek fashion Gucci di Metaverse disebut-sebut telah melampaui penjualan produk serupa di toko fisik mereka, lho.

Itu artinya, pasar brand fashion di dunia virtual Metaverse sebenarnya memiliki potensi yang tak kalah besar dari dunia nyata. Bukan tidak mungkin, rumah mode lainnya di seluruh dunia akan mengikuti langkah ini, geng.

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

##BACA JUGA

5 Tren NFT Terbesar Sepanjang Tahun 2021, Didominasi Artis dan Gaming!

9 Selebriti Ternama yang Terjun ke Dunia NFT, dari Justin Bieber Sampai Syahrini!

Proyek NFT Monkey Kingdom Berhasil Diretas, Kerugian Mencapai Rp18,5 Miliar!

Justin Bieber Rilis NFT untuk Pertama Kali, Jual Karya Seni Unik Bergambar Beruang

5 Aset Kripto ini Diprediksi Bakal Berjaya Saat Web 3.0 Tiba, Bisa Dijadikan Pilihan Berinvestasi!

Syahrini Mulai Terjun ke Dunia NFT, Jual Avatar Berhijab Mirip Dirinya

ARTIKEL TERKAIT
Selebgram Cantik Jaulan Kentut 41eb3
Viral! Selebgram ini Raup Rp700 Juta Per Minggu dari Jualan Kentut, Mau Beli?
Mahasiswi Jadi Kuli Angkut Semen E500f
Aksi Mahasiswi Cantik Jadi Kuli Angkut Viral di Medsos, Ternyata ini Kisah Dibaliknya!
Rekor Melihat Matahari Terlama 07880
Wow! Kakek 70 Tahun Berhasil Pecahkan Rekor Tatap Matahari Terlama Tanpa Berkedip
Diceraikan Karena Nafkah Rp30 Ribu E55a4
Viral Kisah Suami Diceraikan Karena Nafkahi Istri Rp30 ribu, Warganet: Segitu Bisa Beli Apa?
Kasus Polisi Dan Tni Gadungan 7fed3
5 Kasus Polisi dan Tentara Gadungan yang Pernah Viral, Sampai Bohongi Istri 7 Tahun!
Kakek Beragama Islam Hibah Tanah Untuk Gereja D6a8e
Viral Kakek Muslim di Minahasa Hibahkan Tanah Untuk Gereja, Warganet: Semoga Diberkati!
Tags Terkait: virtualNFT
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal