Batas Umur Matahari Akhirnya Terungkap, Peneliti Ingatkan Dampaknya Bagi Bumi!

Default

Penelitian untuk mengungkap sejumlah misteri alam semesta terus dilakukan. Salah satunya adalah soal berapa lama lagi Matahari dapat terus bersinar.

Jika dilihat dari usia benda lain di sekitarnya, maka usia Matahari diprediksi sudah mencapai 4,6 miliar tahun, geng. Seiring berjalannya waktu, kondisi Matahari pun akan berubah.

Dalam beberapa penelitian berbeda, para ilmuwan bahkan berusaha memprediksi dampak yang terjadi pada Bumi jika suatu saat nanti Matahari berhenti bersinar.

Lantas, kapan Matahari akan benar-benar mati? Dalam hal ini, para peneliti meyakini bahwa bintang besar itu akan hidup setidaknya hingga 10 miliar tahun lagi, geng.

Ketika proses itu terjadi, Matahari diyakini akan berubah menjadi raksasa merah dalam kurun waktu 5 miliar tahun mendatang. Inti bintang lalu menyusut namun bagian luarnya akan membesar hingga menelan Bumi dan planet Mars.

Penelitian lainnya menyebutkan bahwa Matahari kemungkinan besar akan berubah menjadi planet nebula yang mana berupa debu dan gelembung bercahaya.

Solar System G1c1d0f960 640 362a3

Sumber foto: pixabay

"Ketika sebuah bintang mati, akan mengeluarkan gas dan debu yang dikenal sebagai selubung ke luar angkasa," ungkap Albert Ziljstar, astrofisikawan dari Universitas Manchester, dikutip dari Science Alert, Kamis (20/01/2022).

"Selubung itu bisa mencapai setengah dari masa bintang. Ini akan membuktikan bahwa inti bintang yang ada pada titik ini masih berjalan, lalu kehabisan bahan bakar, dan mati," lanjutnya.

Proses tersebut tidak berhenti di situ. Setelahnya, inti panas lalu membuat selubung yang keluar dapat bersinar selama 10 ribu tahun. Pada masa-masa inilah Nebula akan terlihat.

Adapun untuk menentukan siklus hidup berbagai bintang di alam semesta, para peneliti masih menggunakan model penelitian berbasis data.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana nasib Bumi jika suatu saat nanti Matahari akan mati?

Perlu diketahui bahwa pertanyaan tersebut juga tak luput dari perhatian para peneliti. Melansir dari laman Futurism, manusia diprediksi tidak akan langsung mengetahui saat Matahari berhenti bersinar.

Setidaknya, manusia butuh waktu selama 8,5 menit untuk menyadari bahwa Matahari mulai menghilang begitu saja.

Ketika itu, malam hari akan terjadi selamanya dan Bumi akan melakukan perjalanan antar bintang dengan kecepatan 18 mil per detik, geng.

Matinya Matahari juga akan berpengaruh pada benda antariksa, tak terkecuali bagi bulan purnama yang biasa memantulkan sinar Matahari, nantinya juga akan menjadi gelap.

Kondisi seperti itu juga akan dialami seluruh planet yang ada di tata surya, di mana semuanya tidak akan bisa lagi memantulkan sinar Matahari.

Lalu seiring waktu, suhu Bumi juga akan mulai menurun hingga menuju beku. Hanya saja, dibutuhkan waktu selama jutaan tahun untuk membuat planet yang dihuni manusia ini sampai membeku seluruhnya.

Earth G0d4b4be34 1280 24c5e

Sumber foto: pixabay

Kondisi tersebut pastinya akan sangat tidak ideal untuk ditinggali manusia, geng. Apalagi, suhu di kerak Bumi juga akan terjun bebas di bawah 0 derajat pada satu minggu pertama.

Kemudian secara perlahan, suhu akan terus menurun hingga mencapai -100 derajat dalam satu tahun pertama sejak Matahari berhenti bersinar.

Pada kondisi selanjutnya, suhu planet Bumi lalu akan stabil pada -240 derajat dalam waktu beberapa juta tahun mendatang, sementara panas bumi masih akan terus bekerja.

Hal ini tentu saja akan sangat berdampak bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di Bumi. Manusia pun dipastikan akan berpindah ke daerah yang dekat dengan panas Bumi.

Di satu sisi, seluruh tanaman di planet juga akan musnah karena tidak bisa lagi melakukan fotosintesis yang sangat mengandalkan sinar Matahari.

Dalam hal ini, dipastikan bahwa hampir semua spesies di Bumi tidak akan bertahan lama hingga pada akhirnya musnah.

Wow, serem banget, ya, geng?

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Bukan Cuma Egy & Witan, Inilah 7 Pemain Indonesia yang Juga Dikontrak Klub di Eropa!

8 Fakta Perceraian Vicky Prasetyo dan Kalina, Terus Bertengkar Hingga Tak Pernah Dinafkahi

Ketuk Palu! Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara, Sempat Salahkan Laura Anna

Miss Kay, Sosok Sebenarnya Dibalik Video 61 Detik: Netizen Buru Video Asli Demi Memastikannya

Impian Kinan Asli untuk Pergi Ke Cappadocia Akhirnya Terwujud, Its My Dream!

10 Meme Lucu yang Cuma Bisa Dipahami Cowok, Kaum Cewek Minggir Dulu, Deh!

ARTIKEL TERKAIT
Penemuan Nasa Yang Dipakai Dalam Kehidupan
5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Toilet Luar Angkasa 8f59c
Begini Bentuk Toilet Canggih NASA Seharga Rp333 Miliar | Praktis Tinggal Sedot
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Tidak Mau Ke Mars 41950
Alasan Bill Gates Tidak Mau ke Mars Ikut Elon Musk | Cuma Khayalan Saja?
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
Untitled Design 2021 07 15t185427 982 8806d
5 Fakta Menakjubkan Bumi yang Mungkin Belum Kamu Sadari, Paling Beda dengan Planet Lain!
Tags Terkait: Newsfakta menarik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal