Miris! Seorang Ayah Tega Jual Dua Anaknya Demi Nafkahi Anak-anaknya yang Lain

Default

Seorang ayah pastinya akan rela melakukan hal apa pun demi menafkahi keluarganya. Tak peduli berbagai rintangan yang menghalang, ia akan terus berjuang agar orang-orang tersayangnya bisa bahagia.

Namun, lain halnya dengan seorang ayah asal Afghanistan yang satu ini. Bukannya bekerja banting tulang untuk membiayai anak-anaknya, ia justru tega menjual anak perempuannya demi mendapatkan uang.

Dilansir dari Businessinsider.com, Selasa (09/11/2021), hal itu dilakukan sang ayah lantaran putus asa akibat terhimpit kondisi ekonomi.

Keluarga yang tinggal di provinsi barat laut Afghanistan tersebut diketahui mengalami kemerosotan ekonomi selama bertahun-tahun.

Saking sulitnya kehidupan mereka, bahkan untuk membeli bahan pokok untuk makan sehari-hari saja mereka kesulitan.

Hingga akhirnya, salah satu putrinya yang masih berusia 9 tahun, Parwana Malik, dijual kepada seorang pria berusia 55 tahun dengan harga Rp31 juta.

Itu bukan keputusan pertama yang dilakukan sang ayah. Beberapa bulan sebelumnya, ayah tersebut juga telah menjual saudara Parwana yang berusia 12 tahun untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Mirisnya, sang ayah mengaku tak punya pilihan lain demi bisa bertahan hidup dan menafkahi anggota keluarga lainnya yang kini berjumlah delapan orang.

"Saya harus menjual salah satunya untuk menjaga anggota keluarga lain bisa bertahan hidup," katanya, dikutip dari Businessinsider.com, Selasa (09/11/2021).

Usut punya usut, hal pilu semacam ini ternyata bukan baru pertama kali terjadi di Afghanistan.

Sebulan sebelum kasus ini beredar, seorang wanita bernama Saleha juga mengaku menjual putrinya yang masih berusia 3 tahun seharga Rp7,8 juta.

Tidak berbeda jauh dengan ayah yang menjual dua anaknya, wanita itu juga mengaku terpaksa karena sama sekali tidak memiliki uang untuk melanjutkan hidup.

Orang Tua Tega Jual Anak 5693d

Bukan hanya itu saja, beberapa keluarga lain juga dikabarkan berniat untuk menjual anak-anak mereka kepada siapa saja yang mungkin tertarik untuk membelinya.

Seperti seorang nenek yang tinggal di provinsi pegunungan Hindu Kush misalnya, yang dengan berat hati menjual dua cucunya demi kelangsungan hidup keluarganya.

Samimi yang berusia 56 tahun, diketahui telah menjual dua cucunya, Zenet yang berusia enam dan Ziba yang berusia empat tahun. Ia mengaku menerima sekitar Rp46 juta atas penjualan tersebut.

"Kami kelaparan dan tidak menerima bantuan. Jika seseorang mau memberikan bantuan, saya tidak akan menjual cucu perempuan saya," kata Samimi, seperti yang dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (09/11/2021).

Kondisi negara Afghanistan sendiri dikabarkan tengah mengalami penurunan ekonomi yang signifikan setelah Taliban mengambil alih pemerintahan negara tersebut.

Kondisi kemiskinan dan kelaparan yang semakin memprihatinkan di Afghanistan membuat warga di sana sangat kesulitan untuk bertahan hidup.

Bahkan jika pembeli tidak memiliki uang tunai kepada keluarga yang ingin menjual anak-anaknya, mereka akan memberikan senjata atau ternak sebagai gantinya.

Direktur UNSP Asia-Pasifik, Kanni Wignaraja, menerangkan bahwa tingkat kemiskinan di Afghanistan telah mencapai 97 hingga 98 persen dalam waktu setahun terakhir.

Seperti yang telah diketahui, Taliban memang telah mengambil alih Afghanistan setelah Presiden Joe Biden memutuskan menarik mundur pasukan Amerika Serikat dari negara tersebut.

Tak lama setelah kebijakan tersebut diambil, pasukan Taliban akhirnya mengambil alih kendali pemerintahan secara penuh pada 15 Agustus 2021.

Dampaknya, sejumlah negara dan lembaga keuangan internasional memutuskan untuk tidak lagi menyalurkan bantuan pendanaan kepada Afghanistan.

Meski kemiskinan masih terjadi di Afghanistan, Taliban tetap menjanjikan akan adanya perbaikan ekonomi di negara mereka.

ARTIKEL TERKAIT
10 Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik 2020 Makin Pintar Di Rumah F7c8e
10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!
35ab81fb77f47eebf408c4001754f70f
5 Situs Belajar Online Berbasis Video Untuk Pelajar, Jauh Lebih Murah Daripada Les Private!
Situs Belajar Online Banner
7 Situs Tempat Belajar Online GRATIS Terbaik
Download Film India D1e26
10 Situs Download Film India Sub Indo Gratis Terbaru 2020
Artis Pindah Agama 2020 71c08
5 Artis Indonesia yang Beberapa Kali Ganti Agama | Sudah Mantap Dapat Hidayah?
Popularitas Game Di Wilayah Tertentu Main Img A030a
7 Alasan Beberapa Game Hanya Populer di Wilayah Tertentu
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal