J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

12 Musisi Hebat yang Memiliki Gangguan Pendengaran | Pamungkas Sempat Tuli?

Jumat, 9 Apr 2021, 16:15 WIB
Meski memiliki gangguan pendengaran, para artis dan musisi terkenal ini memiliki bakat musik yang luar biasa, Salah satunya ada dari Indonesia, loh.

Ada banyak sekali orang yang memiliki gangguan pendengaran. atau biasa disebut tuli (tunarungu) di dunia memiliki bakat yang sangat luar biasa dan mengagumkan dalam bidang musik.

Meski memiliki keterbatasan pendengaran, nyatanya tidak sedikit dari mereka menjadi musisi terkenal berkat karya-karya musiknya yang fenomenal.

Di bawah ini adalah deretan artis atau musisi dunia yang tercatat memiliki keterbatasan pendengaran. Yuk, simak daftar selengkapnya di artikel ini.

1. Ludwig van Beethoven

Ludwig Van Beethoven 49cf2
Sumber foto: Pierachilledolfini.it

Jika kita membicarakan tentang musisi yang tuli, tentu saja nama Ludwig van Beethoven tidak akan pernah ketinggalan.

Komposer musik klasik yang hidup pada tahun 1700-an ini kehilangan pendengarannya di usia pertengahan hingga 20-an tahun karena ia mendapatkan buruk dalam bidang kesehatan seperti orang lainnya di zaman itu.

Bagian dari "Ninth Symphony", yang kemudian dikenal sebagai "Ode to Joy", adalah salah satu karya Beethoven yang paling terkenal dan berpengaruh besar pada dunia musik tahun 1970-an, ditulis ketika ia tidak bisa mendengar lagi.

2. Will.i.am

Will I Am E9234
Sumber foto: AP

Siapa sangka, penyanyi hip-hop Will.i.am adalah musisi yang mengalami gangguan pendengaran. Musisi legendaris yang juga bagian dari grup musik Black Eyed Peas sangat terkenal di kalangan generasi 90-an saam asih muda.

Sayangnya pada tahun 2010, dia divonis oleh dokter menderita penyakit tinnitus.

Tinnitus adalah sensasi telinga berdenging yang bisa berlangsung dalam waktu yang lama atau singkat. Gangguan ini bisa menyebabkan hilangnya pendengaran.

Lama kelamaan Will.i.am mulai mundur dari dunia hiburan sambil terus mengobati gangguan pendengaran yang dia alami.

3. Lars Ulrich

Lars Ulrich 3de05
Sumber foto: Matamatamusic.com

Penggemar musik rock Metallica pasti kenal. Ya, dia adalah penabuh drum Metallica. Awal dia kehilangan pendengaran adalah pada 1988.

Seperti Will.i.am dia menderita penyakit tinnitus yang menyebabkan dia menjadi tuli. Sebabnya juga karena paparan musik yang terlalu keras.

4. Grimes

Grimes F2b02
Sumber foto: Wikipedia

Grimes adalah nama panggung dari musisi elektronik asal Kanada, Claire Boucher. Dia dikenal dengan gaya musik pop-nya yang artistik dan unik.

Seperti Will.i.am, dia juga mengalami masalah pendengaran tinnitus. Musisi muda ini beberapa kali membatalkan jadwal tampil pada tahun 2012 karena ada masalah pada pendengarannya.

5. Dame Evelyn Glennie

Dame Evelynn Glennie 4e66c
Sumber foto: YouTube

Dame Evelyn Glennie adalah musisi perkusi asal Skotlandia yang mengalami gangguan pendengaran parah sejak dia berusia 12 tahun.

Memiliki karir yang panjang dan sukses sebagai musisi, dia tercatat telah berkolaborasi dengan sejumlah artis ternama seperti Bjork, Bobby McFerrin dan Mark Knopfler.

6. Mandy Harvey

Mandy Harvey F44f0
Sumber foto: Youtube

Mandy Harvey dikenal sejak dia mengikuti ajang "America's Got Talent" pada 2017. Di sana, dia menyanyikan lagu buatannya sendiri, mendapatkan Golden Buzzer, maju ke final.

Musisi berbakat ini mengidap sindrom Ehlers-Danlos yang menyebabkan kelainan genetik dan gangguan pendengaran.

Dia menjadi tunarungu saat di masuk Colorado State University untuk memperoleh gelar di jurusan pendidikan musik vokal.

Mandy Harvey sempat depresi dan memilih untuk keluar dari kuliah tempatnya mengejar cita-cita sebelum akhirnya kembali ke dunia musik melalui ajang pencarian bakat tersebut.

7. Neil Young

Neil Young B429e
Sumber foto: Pitchfork.com

Neil Young mengalami gangguan pendengaran saat menggarap album live concert berjudl Weld bersama bandnya Crazy Horse.

Sejak saat itu, dia memutuskan berhenti merekam musik selama beberapa tahun hingga mengubah jalur kreatifnya yang suara musiknya kini lebih ambien. Seperti terdengar dalam albumnya, Harvest Moon.

8. Pete Townshend

Pete Townshend Abddf
Sumber foto: Wbur.org

Pete Townshend adalah gitaris utama band asal Inggris, The Who. Dia mengalami gangguan pendengaran sejak tahun 1980-an.

Kini dia menggunakan alat bantu dengar dan monitor pendengaran khusus saat menggelar penampilan.

Sebagai informasi, The Who pernah menyabet rekor konser paling keras yang pernah ada dari Guinness Book of Records untuk konsernya di London pada tahun 1976.

9. Sean Forbes

Sean Forbes 97f5e

Sean Forbes adalah rapper tuli asal Amerika. Selain itu, dia adalah aktivis dan pembicara yang menggunakan musik untuk memperjuangkan kesadaran masyarakat terhadap teman tuli dan budaya orang tuli.

Berasal dari keluarga musik, Forbes mendapat peralatan drum pada usia 5 tahun. Dia juga pandai bermain gitar dan menulis musiknya sendiri.

10. Moby

Moby 10a62
Sumber foto: Bolehmusic.com

Moby merupakan pelopor musik elektronik. Dia mengalami gangguan pendengaran lantaran tidak pernah menggunakan pelidung telinga saat bermain musik sekeras mungkin.

Oleh sebab itu, telinganya sering berdenging. Sejak saat itu dia selalu menggunakan pelindung telinga. Dia menyadari kalau pendengaran hilang, maka tidak akan lagi bisa mendengar.

11. Ayumi Hamazaki

Ayumi Hamazaki 25170
Sumber foto: Ist.

Penyanyi pop wanita asal Jepang yang dikenal sebagai Ratu J-pop ini juga tuli. Dia mengalami gangguan pendengaran sejak tahun 2000 setelah sakit dan menunda pengobatan akibat konser.

Ayumi Hamazaki didiagnosa menderita penyakit Meniere's pada bagian dalam telinganya di tahun 2006 dan mulai kehilangan pendengaran di telinga kirinya secara total pada tahun 2008.

Meskipun begitu, ia berjanji akan terus berkarya dan kembali menelurkan sebanyak 17 album buat para penggemar setianya hingga tahun 2008.

Sayangnya, pada tanggal 20 Mei 2017, Ayu mengatakan dalam blog pribadinya bahwa ia akan tuli seutuhnya karena telinga kanannya mengalami penurunan fungsi akibat terlalu bekerja keras menggantikan pendengaran telinga kirinya yang sudah tidak bisa mendengar.

12. Pamungkas

Pamungkas F8a71
Sumber foto: Klikbulukumba.com

Terakhir adalah Pamungkas, penyanyi dan musisi asal Indonesia. Ya, pria yang punya nama lengkap Rizky Rahmahadian Pamungkas ini juga mengalami gangguan pendengaran atau setengah tuli.

Di kanal YouTube milik Onadio Leonardo, penyanyi kelahiran 1993 ini mengatakan mengalami gangguan pendengaran karena kondisinya saat lahir.

Saat masih bayi, ia terpaksa melakukan cangkok usus karena terlahir dengan usus yang sangat pendek.

Sayangnya, cangkok ini berdampak pada kemampuannya untuk mendengar. Dia menyebut kupingnya tidak bisa mendengar sejak usia 6 hingga 18 tahun.

Meskipun begitu, berkat latihan drum untuk mengenali suara yang dilatih sejak masih usia 8 tahun, ia mulai menyukai musik dan akhirnya bisa mengeluarkan lagi "To The Bone" yang viral tahun 2021.

Akhir Kata

Itulah deretan artis dan musisi yang mengalami gangguan pendengaran, bahkan ada yang tuli permanen.

Nah dari sini dilihat bahwa musik keras bisa menjadi biang keladi rusaknya telinga. Buat yang suka musik keras, alangkah baiknya dikurangi atau kalau perlu disetop, ya, geng.

Baca juga artikel seputar Hiburan atau artikel menarik lainnya dari Andri Alfansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Musisi Indonesia Isi Soundtrack Film Mancanegara 2f9ea
Bangga! 7 Musisi Indonesia Ini Isi Soundtrack Film Mancanegara!
Tokoh Terkenal Diduga Pakai Ilmu Hitam Banner 89926
7 Tokoh Terkenal Dunia yang Diduga Pakai Ilmu Hitam, Banyak Musisi!
Untitled Design 2021 04 01t214446 595 13cbe
7 Penyanyi Populer Ini Dulu Gagal di Ajang Indonesian Idol | Korban Aku Sih, No?
Page 3d2b9
7 Penyanyi Dangdut yang Gagal Total Main Film, Ayu Ting Ting Termasuk!
Film Musikal Terbaik 6cbcf
10 Film Drama Musikal Terbaik Sepanjang Masa | Bikin Kamu Nangis Bombay!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal