J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Siapa Sangka, Ternyata 7 Artis Indonesia Ini Keturunan Pahlawan!

Kamis, 24 Des 2020, 18:30 WIB
Tidak banyak diketahui, ternyata artis-artis Indonesia ini keturunan pahlawan, lho. Mulai dari pahlawan perjuangan kemerdekaan hingga proklamator Indonesia.

Garis keturunan kadang menjadi misteri tersendiri bagi sebagian orang. Setelah ditelusuri lebih jauh, bukan tidak mungkin ternyata seseorang adalah keturunan tokoh terkenal.

Sama mengejutkannya dengan artis Hollywood keturunan Indonesia, ternyata ada juga artis Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan.

Terungkapnya fakta tersebut tentu membuat artis-artis ini bangga dan berusaha meneladani kisah perjuangan para pendahulu mereka.

Penasaran siapa saja aktor dan aktris Indonesia yang menjadi generasi penerus para pahlawan? Simak daftar selengkapnya di bawah ini.

7 Artis Indonesia yang Memiliki Garis Keturunan Pahlawan

Tidak hanya selalu berkaitan dengan gemerlapnya dunia hiburan, para aktor dan aktris Indonesia ini ternyata mewarisi garis keturunan seorang pahlawan.

Melanjutkan perjuangan para pendahulunya, kini mereka tidak perlu lagi bersaha meraih kemerdekaan bangsa, melainkan menorehkan prestasi melalui karya-karya mereka.

Berikut adalah artis-artis Indonesia keturunan pahlawan baik pada masa penjajahan maupun pasca proklamasi kemerdekaan.

1. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo 130b1

Nama Dian Sastro sudah tidak asing di industri perfilman Indonesia. Aktris yang dikenal berkat perannya sebagai Cinta di film Indonesia romantis terbaik Ada Apa Dengan Cinta? ini ternyata adalah seorang cucu pahlawan.

Ayah Dian, Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo, adalah anak dari pahlawan pergerakan Indonesia, Prof. Sunario Sastrowardoyo. Tidak hanya aktif dalam pergerakan negara, ia adalah mantan Menteri Luar Negeri Indonesia ke-7 dan Menteri Perdagangan ke-12.

Selain itu, Prof. Sunario juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Inggris dan Rektor Universitas Diponegoro Semarang pada 1963. Tidak heran jika aktris bertalenta ini juga dikenal cerdas.

2. Karina Salim

Karina Salim 8b49d

Karina Ekaputri Salim adalah seorang aktris, penyanyi, dan balerina. Ia memulai kariernya di dunia hiburan melalui pementasan Onrop! Musikal yang merupakan karya sutradara Joko Anwar pada 2010.

Mungkin kamu sudah bisa menebak garis keturunan Karina dari namanya. Ya, ia adalah cicit dari H. Agus Salim yang merupakan seorang jurnalis, diplomat, dan negarawan.

Kakek buyut Karina pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada era Presiden Soekarno dan dijuluki sebagai The Grand Old Man karena pengetahuannya yang sangat luas.

3. Nia Iskandar Dinata

Nia Dinata 71e9e

Nurkurniati Aisyah Dewi, atau yang lebih dikenal sebagai Nia Dinata, adalah seorang sutradara yang sering mengarahkan film-film kontroversial Indonesia karena mengangkat tema yang dianggap tabu, seperti LGBT dan poligami.

Ia adalah putri Dicky Iskandardinata sekaligus cucu Raden Otto Iskandardinata yang mendapat julukan Si Jalak Harupat karena keberaniannya menentang pemerintah Hindia Belanda.

Pasca proklamasi kemerdekaan, Otto menjabat sebagai Menteri Negara pada kabinet pertama di tahun 1945. Ia bertugas mempersiapkan terbentuknya BKR dari laskar-laskar rakyat yang tersebar di seluruh Indonesia.

4. Dewi Yull

Dewi Yull 552f2

Kakek dari aktris sekaligus penyanyi Dewi Yull adalah sosok penting di era perjuangan kemerdekaan Indonesia, yaitu Tirto Adhi Soerjo.

Ia dijuluki sebagai Bapak Pers Indonesia setelah berjuang mendirikan surat kabar Medan Prijaji pada 1907. Kakek Dewi Yull ini adalah orang pertama yang menjadikan surat kabar sebagai sarana propaganda dan mengumpulkan pendapat publik.

Sebagai bagian dari keluarga pahlawan, Dewi Yull sering menghadiri acara silaturahmi bersama keluarga besar Ikatan Keluarga Pahlawan Indonesia (IKPI).

5. Asri Welas

Asri Welas 4dbdd

Aktris dengan nama asli Asri Pramawati ini telah membintangi berbagai judul film Indonesia terbaik, seperti Dua Garis Biru (2019), Imperfect (2019), dan Guru-Guru Gokil (2020).

Ternyata, ia adalah keturunan ke-7 Pangeran Diponegoro, lho. Seperti yang sudah banyak diketahui, pahlawan nasional Indonesia ini memimpin Perang Jawa selama 1825 hingga 1830 melawan pemerintah Hindia Belanda.

Uniknya, ia baru mengetahu fakta tersebut beberapa tahun lalu setelah masuk ke industri hiburan. Pada salah satu kesempatan, Asri mengaku bangga menjadi keturunan Pangeran Diponegoro.

6. Paundrakarna

Paundrakarna Daa62

G.R.M Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara adalah putra sulung Mangkunegara IX dari Keraton Solo dan Sukmawati Soekarnoputri.

Oleh karena itu, selain berdarah biru, ia juga keturunan pahlawan proklamator Indonesia, yaitu Presiden Soekarno. Seperti yang telah banyak diketahui, Sukmawati adalah putri ketiga Soekarno dan Fatmawati.

Bukan hanya berkecimpung di dunia akting, Paundrakarna juga berfokus melestarikan dunia tari. Hal ini terbukti dari beberapa unggahan di media sosialnya yang sedang melatih anak didiknya.

7. Celine Evangelista

Celine Evangelista Fa920

Meskipun berparas kebulean, namun aktris Indonesia kelahiran luar negeri ini ternyata keturunan pahlawan nasional, lho.

Setelah ditelusuri, ternyata Celine adalah cicit pejuang bangsa, H. Fadeli Luran. Hal ini baru terungkap setelah ia berziarah ke makam kakek buyutnya di Makassar, Sulawesi Selatan.

Peran H. Fadeli Luran sangat penting bagi persatuan umat Muslim Indonesia. Semasa hidup, ia ingin melihat seluruh umat Muslim bersatu dan tidak menganggap kelompoknya sebagai yang paling baik.

Akhir Kata

Itu dia aktor dan aktris Indonesia yang ternyata keturunan pahlawan nasional. Tentu saja hal ini menjadi kebanggaan tersendiri dan motivasi untuk terus melanjutkan perjuangan mereka meskipun kemerdekaan Indonesia sudah berhasil diraih. Kamu juga jangan lupa meneladani para pahlawan, ya.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Indonesia Dengan Plot Twist Terbaik Banner B14d0
5 Film Indonesia dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!
Poster Film Indonesia Banner 29630
50+ Poster Film Indonesia Terbaru & Jadul | Bikin Kangen Nonton Film!
Film Diadaptasi Dari Luar 4b4b7
6 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Luar Negeri, Lebih Sukses?
Untitled Design 83 Abfa4
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Tertinggi, Pantas Tajir Melintir!
Film Artis Indonesia Jadi Dubber Film Mancanegara 67c51
7 Artis Indonesia yang Jadi Dubber Film Mancanegara, Multitalenta!
Artis Indonesia Yang Terkenal Di Korea Selatan 28f2a
7 Artis Indonesia yang Terkenal di Korea Selatan, Talenta Memukau!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal