15 Anime Harem Terpopuler dan Terbaru 2022, Wibu Wajib Nonton!

Default

Anime harem merupakan salah satu genre anime yang paling digemari. Ini tidak lepas dari ciri khas dari genre ini, yakni adanya tokoh protagonis yang dikelilingi lawan jenisnya lebih dari satu.

Harem sebagaimana namanya adalah kondisi saat seorang karakter cowok dikelilingi karakter cewek, atau sebaliknya. Biasanya, karakter tersebut digambarkan sebagai seorang raja/ratu yang dikelilingi para haremnya.

Pun dengan anime harem, biasanya diceritakan bahwa tokoh utamanya diperebutkan oleh beberapa karakter lain yang menyukainya. Kamu bakal disuguhi konflik dan persaingan antarcewek yang lucu dan menggemaskan di antara tokohnya.

Buat kamu yang ingin nonton anime harem dan ingin menikmati lucu dan serunya cinta segitiga (dan segi-segi berikutnya) di antara karakternya, tenang. Di artikel ini, Jaka bakal kasih rekomendasi beberapa anime harem terpopuler dan terbaru. Simak ya!

1. Nisekoi

Anime harem yang sangat populer salah satunya adalah Nisekoi. Alur cerita anime ini berpusat pada tokoh utamanya, Raku Ichijo, sebagai anak seorang Yakuza.

Suatu ketika dia bertemu dengan seorang perempuan bernama Chitoge. Tidak disangka Chitoge juga menjadi anak seorang Yakuza yang menjadi musuh ayah Raku.

Singkat cerita ayah Raku dan ayah Chitoge diharuskan bekerja sama untuk satu kepentingan. Kondisi itu mengharuskan keduanya menjodohkan anak mereka. Padahal Raku dan Chitoge tidak saling mencintai.

Di sisi lain Raku jatuh cinta pada seorang gadis lainnya. Sepertinya, gadis itu juga menyukai Raku. Pastinya Raku tidak ingin meninggalkannya. Namun, kondisi memaksanya untuk menerima calon yang diinginkan ayahnya.

Nisekoi memposisikan Raku sebagai tokoh protagonis yang diperebutkan dua perempuan. Pastinya menarik mengikuti konflik dan intrik yang timbul akibat cinta segitiga ini.

Judul "Nisekoi"
Judul Inggris "Nisekoi: False Love"
Tanggal Rilis 11 Januari 2014 - 24 Mei 2014
Episode 20 episode
Durasi 24 menit per episode
Studio Shaft
Genre Harem, Komedi, Romansa, School Life
Rating 7.67 (MyAnimeList.com)

2. Date A Live

Rekomendasi selanjutnya adalah Date a Live. Seperti anime harem lainnya, Date A Live menceritakan tokoh cowok yang dikelilingi beberapa cewek. Namun, menariknya di anime ini cewek yang menjadi harem bukanlah manusia seutuhnya, melainkan roh halus!

Anime harem yang satu ini bercerita tentang seorang cowok bernama Shidou Itsuka yang bisa mengenali penyebab terjadinya gempa di benua Eurasian.

Itsuka menduga sebab terjadinya gempa itu adalah aktivitas para roh. Lalu, dia memutuskan untuk bergabung dengan kelompok pembasmi roh guna mencegah terjadinya gempa yang membahayakan manusia.

Itsuka lebih suka menggunakan cara halus untuk menaklukkan roh. Dia memutuskan untuk membuat salah satu roh, Yatogami Tohka, jatuh cinta kepadanya.

Tidak berhenti disitu, dalam perjalanannya ada juga Tobiichi Origami yang merupakan teman sekolah Itsuka yang juga bergabung menjadi tim pembasmi roh. Origami ingin membalas dendam karena keluarganya meninggal oleh tindakan roh 5 tahun lalu.

Judul "Date A Live"
Judul Inggris "Date A Live"
Tanggal Rilis 31 Maret 2013 - sekarang
Episode 34 episode
Durasi 23 menit per episode
Studio AIC Plus+
Genre School Life, Shounen, Ecchi
Rating 7.26 (MyAnimeList.com)

3. The Quintessential Quintuplets (5-toubun no Hanayome)

Nggak afdol jika kita tidak masukkan The Quintessential Quintuplets ke dalam daftar anime harem terbaik. Anime ini menceritakan karakter yang dikelilingi lima cewek kembar yang menjadi teman sekolahnya. Kamu bakal disuguhi alur cerita yang sederhana, tapi tetap menarik diikuti.

Kisah anime harem satu ini berfokus pada Futaro Uesugi, seorang siswa kelas 2 SMA yang dikenal sangat pintar meskipun berasal dari keluarga miskin.

Untuk membantu keluarganya yang terlilit utang, dia bekerja sambilan sebagai seorang guru privat. Tidak diduga, murid lesnya adalah teman perempuannya di sekolah yang memiliki empat saudara kembar.

Nyatanya, semua anak kembar itu nyaris tidak naik kelas karena malas belajar. Kepribadian mereka yang unik dan sering membuat masalah. Ini membuat tugas Futaro begitu berat.

Tidak hanya itu, ayah lima anak kembar ini mengancam akan memecatnya jika nilai anak-anaknya masih merah saat ujian tengah semester.

4. Oreshura

Oreshura menceritakan seorang cowok bernama Kidou Eita. Dia mengalami trauma karena perceraian orangtuanya. Itu membuatnya sulit untuk jatuh cinta dan dia selalu menjaga jarak dengan seorang wanita.

Meski demikian, Eita berupaya untuk bangkit dan menjalani hidupnya dengan normal. Dia lalu sering menghabiskan waktunya dengan Chiwa Harusaki sebagai teman masa kecilnya.

Saat di sekolah, posisi duduk Eita bersebelahan dengan seorang primadona di kelasnya, yaitu Natsukawa Masuzu. Tanpa diduga, Masuzu meminta dia berpura-pura menjadi pacarnya.

Awalnya dia menolak. Tetapi Eita akhirnya menerima dan menjadi pacar bohongan Masuzu. Chiwa yang suka kepadanya tentu tidak terima dengan hal itu.

Oreshura menceritakan Eita yang diperebutkan Chiwa dan Masuzu. Pastinya menarik masalah dan konflik yang timbul dari keadaan itu. Kamu bakal melihat tingkah lucu Eita yang trauma tetapi harus menghadapi dua perempuan di dekatnya.

Judul "Oreshura"
Judul Inggris "Oreshura"
Tanggal Rilis 5 Februari 2011
Volume 18
Durasi 24 menit per episode
Studio SB Creative
Genre Aksi, Harem, Komedi, Supernatural
Rating 6,3 (IMDb)

5. Grisaia no Kajitsu

Yuuji Kazami baru saja pindah ke Mihama Academy dan ingin hidup normal. Di sana ia mengetahui bahwa sekolah tersebut hanya berisi seorang kepala sekolah dan hanya lima siswi.

Kelima siswi itu adalah Amane Suoh (Hiroko Taguchi), Yumiko Sakaki (Ryouko Tanaka), Sachi Komine (Ai Shimizu), Michiru Matsushima (Kaori Mizuhashi), dan Makina Irisu (Tomoe Tamiyasu.) .

Ternyata lima siswi itu memiliki pengalaman traumatis yang membuat mereka menjauh dari riuhnya dunia. Awalnya mereka menyembunyikan rasa traumanya masing-masing.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, mereka mulai terbuka satu sama lain dan tidak bisa dipungkiri mereka suka dengan Yuuji sebagai satu-satunya laki-laki di sekolah itu.

Secara umum kamu bakal menikmati sisi cerita anime ini yang begitu kuat. Setiap potongan episodenya bakal saling terkait dan memberi penjelas adegan setelahnya. Meskipun kualitas musik pendukung kurang, tetapi visual anime ini cukup baik.

Judul "Grisaia no Kajitsu"
Judul Inggris "The Fruit of Grisaia"
Tanggal Rilis 5 Oktober 2014 - 28 Desember 2014
Episode 13 episode
Durasi 23 menit per episode
Studio Eight Bit
Genre School Life, Shounen, Ecchi
Rating 7.58 (MyAnimeList.com)

6. Trinity Seven

Selanjutnya ada Trinity Seven. Anime harem satu ini bercerita tentang fenomena alam yang mengakibatkan kehancuran alam beserta penghuninya. Tokoh utamanya bernama Arata Kasuga.

Kasuga berupaya untuk mencari penyebab fenomena itu. Dia lalu berhasil mendapatkan jawabannya saat bersekolah di Royal Biblia Academy, sebuah sekolah sihir rahasia.

Dalam sekolah ini terbentuk kelompok bernama Trinity yang ingin mencegah kehancuran dunia. Arata beserta teman-temannya yang terdiri dari banyak cewek melakukan segala cara untuk menyelamatkan semesta.

Dalam upaya itu, terdapat romansa dan persaingan untuk mendapatkan perhatian Arata, tipikal anime harem pada umumnya. Lewat premis yang menarik, Trinity Seven bisa jadi rekomendasi anime yang bisa kamu tonton di kala senggang.

Judul "Trinity Seven"
Judul Inggris "Trinity Seven"
Tanggal Rilis 8 Oktober 2014 - 24 Desember 2014
Episode 12 episode
Durasi 24 menit per episode
Studio Seven Arcs Pictures
Genre Aksi, Harem, Komedi, Supernatural
Rating 7.21 (MyAnimeList.com)

7. Highschool DxD

Satu lagi anime ecchi terbaik dengan genre harem yang wajib kamu tonton, dan sudah tersedia di Netflix, lho.

"Highschool DxD" berkisah tentang Issei Hyodo yang memiliki impian untuk dikelilingi wanita suatu hari nanti.

Namun, dia berjumpa dengan seorang gadis bernama Yuma yang membunuhnya saat mereka berkencan. Lalu, seorang Iblis bernama Rias Gremory menyelamatkannya dan kemudian mereinkarnasinya menjadi Iblis.

Issei kini harus menjalani hidup sebagai seorang Iblis. Di sinilah dia harus menghadapi realita yang harus diterimanya, yakni dikelilingi oleh banyak Iblis perempuan yang cantik dan menggemaskan.

Judul "Highschool DxD"
Judul Inggris "Highschool DxD"
Tanggal Rilis 6 Januari 2012 - 23 Maret 2012
Episode 12 episode
Durasi 24 menit per episode
Studio TNK
Genre Aksi, Komedi, Harem, Romansa, Ecchi
Rating 7.42 (MyAnimeList.com)

8. Kore wa Zombie Desu ka?

Hidup Ayumu Aikawa sebagai siswa SMA biasa mendadak berakhir ketika terbunuh secara tragis saat sedang menginvestigasi sebuah rumah yang mencurigakan. Namun seorang penyihir bernama Eucliwood Hellscythe menghidupkannya kembali dan mengubahnya menjadi zombie.

Setelah menjadi imortal, Ayumu mencoba untuk mencari si pembunuh. Suatu hari ia bertemu dengan seorang gadis penyihir bernama Aruna dan tak sengaja menyedot kekuatan sihirnya.

Karena hal tersebut, Haruna kini memerintahkan Ayumu untuk menggantikan perannya untuk memburu mahluk-mahluk aneh bernama Megalo yang mengancam populasi manusia dalam anime harem MC overpower satu ini.

Meskipun setting anime ini agak gelap, tapi komedi di antara karakternya membuat serial ini nampak lebih menghibur. Kamu bakal disuguhi romantisme Ayumu sebagai tokoh protagonis dengan karakter lain.

Judul "Kore wa Zombie Desu ka?"
Judul Inggris "Is This a Zombie?"
Tanggal Rilis 11 Januari 2011 - 30 Maret 2011
Episode 12 episode
Durasi 24 menit per episode
Studio Studio Deen
Genre Aksi, Harem, Ecchi, Magis
Rating 7.46 (MyAnimeList.com)

9. Ouran Koukou Host Club

Kalau anime harem umumnya menceritakan tentang karakter lelaki yang dikelilingi perempuan, Ouran Koukou Host Club justru bercerita tentang hal sebaliknya. yakni perempuan dikelilingi lelaki.

Karena sebuah kecelakaan, Haruhi Fujioka harus melunasi utangnya dengan menyamar sebagai murid laki-laki di SMA Ouran. Ia juga dipaksa bergabung ke dalam Host Club, di mana isinya cowok-cowok ganteng.

Ternyata di sana Haruhi justru menjadi terkenal karena dianggap sebagai host yang polos, jujur dan tulus. Bahkan nggak hanya di antara para murid perempuan, tapi juga para lelaki.

Kondisi itu mengantarkan Haruhi menjadi pusat perhatian para siswa laki-laki. Kamu bakal disuguhi karakter kuat, plot menarik dan adegan-adegan lucu sepanjang 26 episode ini. Wajib banget buat ditonton!

Judul "Ouran Koukou Host Club"
Judul Inggris "Ouran Highschool Host Club"
Tanggal Rilis 5 April 2006 - 26 September 2006
Episode 26 episode
Durasi 23 menit per episode
Studio Bones
Genre Komedi, Harem, Romansa, School Life
Rating 8.21 (MyAnimeList.com)

10. Toradora!

Rekomendasi anime harem yang terakhir berjudul "Toradora", yang berkisah tentang Ryuuji, remaja lelaki yang baik hati, pendiam, dan kalem. Namun sering dikira galak karena wajahnya yang tidak ramah.

Di sisi lain, ada seorang gadis bernama Taiga yang sangat bersemangat dan tak kenal takut. Hanya saja karena tubuhnya yang mungil dan wajahnya yang imut membuatnya sering diremehkan.

Keduanya akhirnya sepakat untuk bekerjasama karena saling jatuh hati pada sahabat masing-masing. Kamu pasti akan terenyuh dengan kisah dalam anime yang juga bergenre romance ini.

Judul "Toradora!"
Judul Inggris "Toradora!"
Tanggal Rilis 2 Oktober 2008 - 26 Maret 2009
Episode 25 episode
Durasi 24 menit per episode
Studio J.C.Staff
Genre Slice of Life, Komedi, Romansa
Rating 8.28 (MyAnimeList.com)

11. Combatants Will Be Dispatched! (Sentounin, Hakenshimasu)

Organisasi rahasia Kisaragi Operation memiliki satu misi: mendominasi dunia! Mereka mengaku sebagai organisasi jahat, tapi alih-alih terlihat kriminal, ilmuwan mereka terlihat eksentrik, bahkan sang jenderal wanita mengenakan pakaian minim yang seksi.

Salah satu anggotanya adalah No. 6. Tubuhnya telah direkonstruksi menjadi lebih kuat demi melakukan pengintaian di planet asing bersama Android bernama Alice.

Di sana, ia bertemu dengan ksatria wanita yang mengendarai unicorn. Petualangan yang dibarengi invasi lucu di dunia fantasi magis pun baru saja dimulai.

Anime ini secara umum menyajikan karakter yang menarik meski tidak terlalu mendalam. Buat kamu yang suka dengan anime lucu yang sederhana, anime ini patut untuk dimasukkan daftar putar.

Judul "Combatants Will Be Dispatched!" (Sentounin, Hakenshimasu)
Judul Inggris "Combatants Will Be Dispatched!"
Tanggal Rilis 4 April 2021 - 20 Juni 2021
Episode 12 episode
Durasi 24 menit per episode
Studio J.C.Staff
Genre Harem, Komedi, Romansa, Aksi
Rating 7.24 (MyAnimeList.com)

12. How Not To Summon A Demon Lord

Takuma Sakamoto adalah hikikomori yang secara misterius dibawa ke dunia virtual MMORPG favoritnya, Cross Reverie.

Ternyata, hal itu disebabkan oleh dua wanita muda yang memanggilnya. Rem panther dan elf Shera berniat menggunakan sebuah mantra untuk mengubah Takuma menjadi pelayan mereka.

Akan tetapi, cincin ajaib Takuma dengan kemampuan "Refleksi Sihir" membuat mantra tersebut memantul kembali kepada mereka.

Sembari mengeksplorasi dunia Cross Reverie, Takuma menjadi sosok yang justru membantu mereka berdua demi menguak alasan asli memanggilnya ke dunia tersebut.

"How Not To Summon A Demon Lord" bisa jadi pilihan jika kamu suka dengan anime yang menghibur. Karakternya cukup mengagumkan. Alur ceritanya juga sangat menarik.

Judul "Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu"
Judul Inggris "How Not To Summon A Demon Lord"
Tanggal Rilis 5 Juli 2018 - 20 September 2018
Episode 12 episode
Durasi 23 menit per episode
Studio Ajia-Do
Genre Harem, Komedi, Fantasi
Rating 6.93 (MyAnimeList.com)

13. The World God Only Knows

Anime harem selanjutnya berkisah tentang Keima, remaja hikikomori yang menghabiskan banyak waktu bermain game. Namun, ia punya kemampuan untuk meluluhkan hati perempuan meskipun hanya dalam game online.

Keima kemudian bertemu dengan gadis cantik bernama Elucia. Namun ternyata Elucia bukan gadis biasa, melainkan utusan iblis yang hendak menyebarkan pengaruhnya di bumi.

Keima mencoba membantu orang-orang yang telah terpengaruh dengan cara meluluhkan hati mereka. Apakah Keima sanggup menyelamatkan bumi? Simak menariknya anime harem isekai overpower ini.

Jaka sarankan kamu buat nonton anime ini karena dianggap sebagai salah satu anime harem terbaik. Alur ceritanya begitu solid dengan plot yang menarik. Tidak ada repetisi di setting yang berbeda di dalamnya. Pastinya pas buat kamu para pecinta anime.

Judul "Kami Nomi zo Shiru Sekai"
Judul Inggris "The World God Only Knows"
Tanggal Rilis 6 Oktober 2010 - 28 Juni 2011
Episode 12 episode
Durasi 23 menit per episode
Studio Mangalobe
Genre Komedi, Harem, Romansa
Rating 7.76 (MyAnimeList.com)

14. Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

Anime Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou kini memasuki Season 2. Hanya ada 13 episode di season keduanya ini. Walaupun dibuat dengan batasan yang cukup ketat, kamu bakal melihat kualitas animasi cukup bagus serta konsisten di setiap episodenya.

Anime ini mengisahkan seorang anak laki-laki dengan nama Hajime Nagumo. Dia memiliki tubuh yang terlihat lemah sehingga sering diintimidasi oleh teman temannya.

Nah, ketika Hajime sedang beristirahat di kelas secara tak terduga ia bersama teman sekelasnya di teleportasikan ke dunia lain, untuk menyelamatkan umat manusia.

Secara umum, Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou merupakan anime yang memang memiliki banyak potensi ,emkado Isekai modern terbaik. Kamu bakal disuguhi plot yang dinamis serta lucunya tingkah para tokohnya.

Judul Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou
Judul Inggris Arifureta: From Commonplace to World's Strongest
Tanggal Rilis 25 Juni 2022 - Sekarang
Episode 25+ episode
Durasi 23 menit per episode
Studio Overlap
Genre Komedi, Harem, Romansa
Rating 6,67 (MyAnimeList.com)

15. Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi (Redo of Healer)

Anime yang sedang populer ini mengangkat tema cerita balas dendam. Diceritakan seorang healer bernama Keyarga dimanfaatkan dan dikhianati oleh rekan sesama petualang dikarenakan tidak mempunyai kemampuan bertarung.

Dia lalu sadar jika healer telah menjadi kelas terkuat di komunitasnya. Di sisi lain, semua hartanya lenyap tak bersisa. Sesudah dia memiliki kekuatannya kembali, Keyarga menggunakan kekuatan sihirnya untuk kembali ke masa empat tahun lalu demi membalaskan dendamnya kepada orang-orang yang telah membuatnya menderita.

Secara umum, anime ini bakal menceritakan bagaimana upaya balas dendam Keyarga sekaligus berusaha untuk memperbaiki hidupnya. Dengan sekuat tenaga, dia berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan di masa lalunya.

Secara keseluruhan, anime ini punya tema dewasa yang sangat dark sehingga tidak disarankan untuk ditonton oleh anak-anak. Jangan sampai kamu ajak adik atau saudara kamu yang masih kecil nonton anime dewasa ini, geng!

Judul Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi
Judul Inggris Redo of Healer
Tanggal Rilis 13 Januari 2021 - 21 Maret 2021
Episode 12 episode
Durasi 24 menit per episode
Studio Lantis
Genre Komedi, Harem, Romansa
Rating 6,33 (MyAnimeList.com)

Bonus: 14 Situs Nonton Anime Sub Indo Terbaik & Terbaru 2022 Resmi, Kualitas HD & Gratis!

Anime Harem 1 Cb629
Sumber foto: Situs Nonton Anime Sub Indo Terbaik Nonton anime di situs nonton anime Sub Indo legal memang lebih nyaman daripada menonton di situs ilegal. Soalnya, di situs nggak resmi biasanya banyak iklan yang mengganggu, Sub Indonesia yang tidak lengkap, hingga kualitas video belum HD.

Alhasil, kamu pun kurang nyaman dan kurang menikmati momen quality time yang dihabiskan untuk menonton anime terbaru dan terbaik 2022, deh!

Untung saja, saat ini banyak situs dan aplikasi streaming anime gratis yang bisa kamu manfaatkan. Kualitasnya juga sudah HD sehingga lebih jernih. Selain itu, sudah dilengkapi Sub Indo, lho!

Kamu nggak perlu browsing ke mana-mana karena di artikel ini Jaka sudah menyiapkan daftar situs nonton anime Sub Indo resmi 2022. Lewat website tersebut, kamu bisa nonton anime dari laptop atau HP. Untuk lebih detilnya, cek artikel di bawah ini:

Situs Nonton Anime B7d73
14 Situs Nonton Anime Sub Indo Terbaik & Terbaru 2022 Resmi, Kualitas HD & Gratis!
Mau nonton anime bahasa Indonesia gratis tapi legal bukan Anoboy atau Oploverz? Simak daftar situs resmi nonton anime sub Indo terbaik di sini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa rekomendasi anime harem yang bisa kalian tonton untuk sekadar hiburan di waktu senggang. Pastinya karakter dan plot cerita menarik yang disajikan nggak bakal kalian bosan.

Kira-kira dari daftar anime harem di atas, mana yang bakal kalian pilih untuk ditonton sampai habis?

Baca artikel mengenai Anime, Apps, Tips atau artikel menarik lainnya dari Grienda.

ARTIKEL TERKAIT
Game Attack On Titan Banner 49b0c
7 Game Attack on Titan Terbaik dan Paling Seru, Penuh Adrenalin!
Game Yang Bikin Kamu Mengkhianati Teman Banner Bea6a
10 Game yang Bikin Kamu Mengkhianati Teman Secara Brutal, Among Us Lewat!
Game Online Perempuan Banner C9d68
10 Game Online Perempuan Terbaik di PC dan Android, Super Imut!
Game Yang Kontroversial Di Indonesia Banner 91ef2
5 Game yang Pernah Jadi Kontroversi di Indonesia, Ada yang Menghina Indonesia!
Game Fighting Anime Terbaik 2019 Main Img 0bfac
10 Game Fighting Anime Terbaik 2019 | PC, PS4, Xbox One, Switch
Cara Main Lol Wild Rift Banner 1993c
Cara Main LoL Wild Rift, League of Legends Akhirnya Ada di Mobile!

Aplikasi Penghasil Uang Buzzbreak, Scam atau Betulan? Berikut Penjelasannya!

12 Aplikasi Stiker WA Terbaik & Terpopuler 2023, Bisa Bikin Stiker Lucu Sendiri!

Spesifikasi & Harga Motor Listrik Ion M1-S, Performa Setara Matic 250cc!

270+ Aplikasi Pinjol Ilegal Cepat Cair Terbaru 2023, Waspada Aplikasi Bodong!

Earnator FF Penghasil Diamond Terbaru, Apakah Aman atau Penipuan?

2 Pinjol BRI Cepat Cair Limit Sampai Rp25 Juta, Mudah dan Aman!

Review Pinjol Beruang APK, Apakah Aman atau Penipuan?

Download Higgs Domino RP APK v1.98 X8 Speeder, Apakah Aman dan Cepat Menang?

Cara Pinjam Uang di Indodana, Limit Tinggi Tenor Panjang Syarat Cuma KTP!

9 Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Diketahui Orang Lain, Kabur Dari Grup Toksik!

Mau Beli Motor Listrik Gesits? Ini Daftar Dealer Resminya di Seluruh Indonesia

Exotic Cooltech, Sepeda Listrik Murah 4 Jutaan Bisa Tempuh Jarak 40 Km Sekali Cas!

23 Aplikasi Nonton TV Online di Android & PC Legal 2023, Gratis & Kualitas HD

Harga & Spesifikasi Genio Orby, Sepeda Listrik Murah Kualitas Apik!

Jadi Alternatif Motor Listrik, Berapa Kecepatan Sepeda Listrik? Ini Penjelasannya

7 Cara Melacak Akun IG Seseorang 2023, Bisa Lacak Lokasi dan Akun Fake!

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal