J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Aktor yang Memenangkan Oscar di Film yang Salah, Kok Bisa?

Jumat, 29 Jan 2021, 16:30 WIB
Oscar sering mendapat kritikan pedas karena ketidaktepatan mereka dalam memberikan penghargaan, termasuk yang satu ini ...

Mungkin kamu bingung dengan judul Jaka di atas. Apakah yang dimaksud adalah insiden salah baca pemenang pada ajang perhelatan Oscar seperti yang terjadi di tahun 2015?

Bukan, geng. Jadi seperti yang kamu tahu, Academy Awards atau Oscar adalah ajang penghargaan industri perfilman paling bergengsi di Amerika dan dunia.

Biarpun begitu, Oscar sering mendapat kritikan pedas karena ketidaktepatan mereka dalam memberikan penghargaan, baik itu pada film yang kualitasnya biasa aja, atau aktor yang aktingnya cringe abis.

Oscar juga beberapa kali melakukan kesalahan dengan memberikan piala Oscar pada aktor maupun aktris yang, biarpun aktingnya bagus, tapi bukan pada film debutnya. Malahan pada film terbaiknya sendiri, mereka nggak dapat Oscar sama sekali!

1. Denzel Washington - Training Day

Salah1 Custom Cecf5

Siapa sih yang nggak familiar dengan nama Denzel Washington? Aktor ini sudah sangat terkenal dengan aktingnya yang totalitas, terutama setelah memenangkan piala Oscar di film perang Glory (1989).

Ia pun juga berhasil memenangkan penghargaan Oscar pada film Training Day (2001). Sebenarnya, agak sedih mengetahui bahwa Denzel hanya mampu meraih 2 Oscar saja.

Hal tersebut mengingat Denzel mendapatkan 9 nominasi Oscar untuk film-film yang jauh lebih baik dan berkualitas dibanding kedua film di atas. Contohlah saja Malcolm X (1992), The Hurricane (1999), atau bahkan Flight (2012).

2. Jack Lemmon - Save The Tiger

Salah2 Custom Ee711

Sebagai salah seorang aktor legendaris dengan performa akting di atas rata-rata, sudah nggak heran jika Jack Lemmon selalu kebanjiran penghargaan, termasuk Oscar.

Hanya saja, banyak yang menyayangkan kekalahannya pada film Some Like It Hot (1959). Padahal aktingnya di film ini luar biasa banget dan mampu mengimbangi akting Marilyn Monroe sebagai lawan mainnya.

Ia malah berhasil memenangkan piala Oscar pada film Save The Tiger (1973). Kuat dugaan, juri Oscar waktu itu lebih memilih nominasi lainnya untuk menang.

3. Kate Winslet - The Reader

Salah3 Custom 85d2c

Sebagai salah satu aktris berbakat, raibnya Oscar dari genggaman Kate Winslet sangat disesalkan selama bertahun-tahun oleh para pengamat ataupun penggemar film.

Padahal, sejak film Titanic (1997), Kate selalu masuk dalam nominasi Aktris Terbaik Oscar, termasuk Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004) dan Iris (2001). Aktingnya pun juga luar biasa bagus dalam film-film tersebut.

Maka dari itu, kemenangan aktris yang pernah memerankan adegan panas ini di tahun 2008 jadi akhir dari penantian panjang, tapi juga pertanyaan tersendiri. Apalagi, film The Reader (2008) nggak sebagus film-film Kate Winslet sebelumnya.

4. Jeff Bridges - Crazy Heart

Salah4 Custom 66e71

Jeff Bridges merupakan public darling Hollywood. Kemampuan aktingnya yang halus namun tegas dan berkarisma jadi idaman para sutradara dan rumah produksi.

Berkat performanya tersebut, ia berhasil memenangkan piala Oscar saat memerankan film Crazy Heart (2009). Nggak dipungkiri sih, film ini memang bagus banget.

Tapi, Jeff Bridges sendiri sebenarnya punya film yang jadi debutnya, yakni The Big Lebowski (1998). Perannya sebagai The Duke diklaim sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah industri Hollywood. Ironisnya, ia nggak mendapat nominasi apapun pada film itu!

5. Morgan Freeman - Million Dollar Baby

Salah5 Custom E5d32

Sampai saat ini Jaka heran, kenapa ya aktor sekelas dan sehebat Morgan Freeman cuma dapat 1 piala Oscar seumur hidupnya berkarya di Hollywood?

Padahal, kemampuan aktingnya sudah sangat melegenda, apalagi di film-film terbaiknya seperti Street Smart (1987) dan The Shawshank Redemption (1994), yang mana kekalahannya begitu kontroversial dan diprotes banyak kritikus film.

Hingga akhirnya, Morgan baru mendapat Oscar pertamanya pada film Million Dollar Baby (2004). Memang harus diakui, akting Morgan begitu bagus di sini, tapi nggak sebanding bila disandingkan dengan film-film sebelumnya.

6. Whoopi Goldberg - Ghost

Salah6 Custom B08da

Nggak ada yang meragukan kemampuan akting Whoopi Goldberg. Pesonanya yang eksentrik namun ikonik berhasil menghantarkannya meraih Oscar berkat film Ghost (1990) yang dibintanginya. Namun sebenarnya, film tersebut bukan debutnya.

Justru, performa terbaik aktris yang pernah dapat peran "tuhan" ini terekam dengan sangat memorable di film The Colour Purple (1985) yang disutradarai oleh Steven Spielberg.

Sayang, biarpun masuk nominasi, ia kalah dari Geraldine Page lewat film The Trip to Bountiful (1985). Tapi tenang, biarpun nggak berhasil merebut Oscar, Whoopi Goldberg berhasil panen penghargaan Emmy dan Tony Awards.

7. Leonardo DiCaprio - The Revenant

Salah7 Custom 4fde9

Yap, sudah bisa ditebak bahwa aktor satu ini bakal masuk dalam daftar! Leonardo DiCaprio seharusnya sudah mendapatkan piala Oscar sejak lama, apalagi aktingnya selama ini nggak main-main.

Mulai dari film Titanic (1997), lalu Blood Diamond (2006), hingga Django Unchained (2012), di mana ia sampai secara nggak sengaja melukai tangannya akibat terkena pecahan gelas.

Kemenangannya di film The Revenant (2015) sendiri diakui Leo, bisa jadi, karena Oscar "kasihan" dengan ribuan meme di internet yang menyayangkan kekalahan Leo berkali-kali di ajang Oscar. Well ...

Meskipun begitu, Leo pantas mendapatkan Oscar di film ini. Apalagi, ia sudah melakukan aneka adegan gila sampai nyaris membuatnya meninggal. Wow, ngeri banget!

Akhir Kata

Itulah tadi deretan aktor yang berhasil memenangkan penghargaan Oscar, tapi di film yang salah. Gimana pendapatmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Untitled 1 7fa91
7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!
Page B7b12
7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal