J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Aksi Kabur dari Penjara Paling Terkenal dalam Sejarah | Alcatraz Tembus!

Kamis, 4 Feb 2021, 14:00 WIB
Aksi kabur dari penjara paling terkenal dalam sejarah berikut ini tidak hanya membuat heboh, tapi juga membuat orang berpikir kebingungan.

Aksi kabur dari penjara paling terkenal dalam sejarah yang pernah tercatat ini sempat menghebohkan masyarakat lantaran kejadiannya dilakukan pelaku yang sama berulang kali.

Bahkan ada aksi kabur yang terkenal tidak biasa dan bikin tidak habis pikir bagaimana hal tersebut bisa dilakukan.

Aksi ini begitu fenomenal seperti film berkualitas yang dapat penghargaan, Shawshank Redemption lantaran aksi kaburnya yang begitu cerdik.

Kalau kamu penasaran apa saja aksi kabur dari penjara tersebut, berikut ini Jaka sudah merangkum aksi kabur dari penjara paling terkenal dalam sejarah.

1. Ronnie Biggs

Film Tentang Pelarian Dari Penjara 2aa7b

Ronald Arthur Biggs atau Ronnie Biggs, terkenal karena aksinya dalam Perampokan Besar Kereta Api pada tahun 1963. Selama 36 tahun ia hidup sebagai buronan sampai dirinya menyerahkan diri pada tahun 2001.

Awalnya, dia ditangkap dan dikirim ke penjara karena aksinya tersebut. Namun, Biggs hanya menjalani 19 bulan hukuman penjara.

Ia kemudian melarikan diri dari Penjara Wandsworth pada 8 Juli 1965 dengan memanjat dinding menggunakan tali dan menjatuhkan diri ke sebuah van.

Dia melarikan diri ke Brussel menggunakan perahu dan kemudian ke Paris, di mana dia memperoleh identitas baru dan menjalani operasi plastik.

Setelah 36 tahun pelariannya di Australia dan Brasil, pada 7 Mei 2001, Ronnie secara sukarela kembali ke Inggris, ditangkap, dan dipenjarakan. Dia menjalani hukuman 8 tahun penjara sebelum dibebaskan pada 2009 dan meninggal pada Desember 2013.

2. Penjara Labirin

Pelarian Dari Penjara Terhebat Di Dunia F9d05

Penjara Labirin Her Majesty's (HM) adalah lokasi aksi pelarian penjara terbesar dalam sejarah Inggris. Aksi ini terjadi pada tanggal 25 September 1983 di mana 38 tahanan IRA (Tentara Republik Irlandia) mendobrak keluar dari penjara.

Padahal penjara ini terkenal dengan keamanan maksimum yang menjadi salah satu penjara paling anti-pelarian di Eropa.

Pagar setinggi 4,5 meter dan dinding beton setebal 2,5 meter yang diatapi kawat berduri melingkari Blok H penjara. Itu pun masih ditambah pintu baja padat yang menghalangi semua pintu keluar dari kompleks penjara.

Para narapidana merencanakan pelarian selama beberapa bulan. Dua eksekutor, Bobby Storey dan Gerry Kelly bekerja untuk mengidentifikasi kelemahan dalam sistem dan menyelundupkan enam pistol ke dalam penjara.

Tepat setelah pukul 14.30, para narapidana mengambil kendali dengan menyandera petugas penjara secara bersamaan dan membajak truk yang mengirimkan makanan ke blok tersebut.

Para tahanan melarikan diri melalui pagar. Akibat kejadian ini, 20 petugas penjara terluka dan satu meninggal setelah mengalami serangan jantung selama pelarian tersebut berlangsung.

3. The Great Escape

Pelarian Dari Penjara Brain Test D547c

Pemimpin Skuadron, Roger Bushell merancang aksi kabur terbesar dari tahanan kamp perang Stalag Luft III pada malam tanggal 24 Maret 1944.

Bushell mengomando Komite Pembebasan di kompleks Utara, tempat penerbang Inggris ditempatkan. Rencana 'Great Escape'-nya melibatkan pembangunan tiga terowongan panjang nan dalam di bawah pagar kamp.

Ketiga terowongan itu diberi nama Tom, Dick, dan Harry. Jika salah satu terowongan ditemukan oleh Jerman, mereka tidak akan pernah menduga bahwa dua terowongan lagi masih tersedia.

Lebih dari 600 tahanan terlibat dalam pembangunan terowongan, di mana awalnya Bushell bertujuan untuk membebaskan 200 tahanan.

Terowongan ini berada 9 meter di bawah permukaan tanah dan hanya seluas setengah meter persegi. Dindingnya ditopang dengan potongan-potongan kayu yang sebagian besar diambil dari tempat tidur para tahanan.

Pasir yang digali dari terowongan disebar secara diam-diam saat para tahanan berjalan-jalan di sekitar kamp.

Pada hari Jumat 24 Maret, upaya pelarian dimulai. Pada pukul 10.30 malam, orang pertama yang kabur mendapati ternyata terowongan itu pendek. Alih-alih mencapai hutan terdekat, terowongan itu keluar sangat dekat dengan menara penjaga.

4. Pelarian dari Alcatraz

Film Tentang Penjara 2020 9aca0

Pada Juni 1962, tiga tahanan dari Pulau Alcatraz melarikan diri dan menghilang secara misterius. Aksi ini dirancang Allen West alias Frank Morris, John Anglin, dan saudaranya Clarence.

Mereka menghabiskan dua tahun menggali rute pelarian melalui dinding sel dan membangun rakit untuk berlayar menuju kebebasan.

Pengecoh ditempatkan di tempat tidur tiga tahanan untuk mengelabui penjaga penjara sehingga baru keesokan paginya para penjaga menemukan bahwa mereka telah kabur.

Potongan rakit dan pelampung kemudian ditemukan di teluk bersama dengan beberapa barang pribadi narapidana, membuat para penyelidik menyimpulkan bahwa orang-orang itu telah tenggelam.

FBI secara resmi menutup kasus tersebut pada tanggal 31 Desember 1979, menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang dapat dipercaya yang menunjukkan bahwa orang-orang itu masih hidup. Namun, mayat mereka tak pernah ditemukan. Bisa jadi film misteri yang tak terungkap nih!

5. Pelarian Permaisuri Matilda

Film Boxing Di Penjara 91ca2

Pada musim gugur 1142, Permaisuri Matilda dikepung di Kastil Oxford oleh tentara yang setia kepada sepupunya, Stephen. Pada saat itu, pertempuran'The Anarchy', berkecamuk di seluruh negeri untuk memperebutkan mahkota Inggris.

Stephen, cucu William Sang Penakluk dan sepupu dari Matilda ini ternyata ingin mengklaim hak mahkota. Baik Matilda maupun Stephen saling bergantian mengepung benteng satu sama lain.

Pengepungan di Kastil Oxford ini berlangsung selama tiga bulan. Pelarian besar Matilda terjadi pada suatu malam bersalju di bulan Desember.

Cerita pelariannya bak kisah dalam film kerajaan, dia membungkus dirinya dengan jubah putih dan melarikan diri dengan sepatu seluncur melintasi es ke Kastil Wallingford.

Akhir dari pertempuran ini ditandai dengan gencatan senjata di mana Matilda menyetujui Stephen dapat mempertahankan tahta selama putra Matilda, Henry, menjadi pewarisnya.

Namun, Stephen meninggal tidak lama setelah perjanjian ini disepakati yang memungkinkan Raja Henry II naik takhta.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai aksi kabur dari penjara paling terkenal dalam sejarah dan menghebohkan masyarakat pada waktu itu.

Kamu bisa juga simak kisah pelarian dari penjara yang fenomenal dalam serial televisi Prison Break di artikel berikut:

Nonton Prison Break Season 5 6589d
Nonton Prison Break (2005) | Serial TV Kabur Dari Penjara Fenomenal
Nonton Prison Break season 1 hingga season 5 bisa jadi rekomendasi nonton maraton di akhir minggu. Simak link streaming Prison Break di sini! ⬇️
LIHAT ARTIKEL

Adakah aksi kabur dari penjara lainnya yang perlu dimasukkan ke dalam daftar ini? Bagikan pendapatmu dalam komentar, yuk!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Pembunuh Berantai Yang Bebas Berkeliaran D4201
5 Pembunuh Berantai yang Bebas Berkeliaran, Sampai 300 Korban!
Film Dengan Teori Sains Akurat E06e6
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri Inovasi Berujung Petaka 52bc6
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Momen Bersejarah Yang Tertangkap Kamera B7c15
5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera, Kelam & Sadis!
Ledakan Terbesar Dalam Sejarah 79a10
5 Ledakan Terburuk dalam Sejarah, Renggut Puluhan Ribu Jiwa!
Misteri Tubuh Manusia Yang Tak Terjawab Sains 74881
5 Hal Tentang Tubuh Manusia yang Tak Terjawab Sains, Terlalu Rumit?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal