J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Adegan Ikonik Film Sci-Fi Hasil Improvisasi | Banyak yang Gak Sadar!

Jumat, 27 Nov 2020, 18:30 WIB
Ternyata, adegan-adegan ikonik di berbagai film sci-fi di bawah ini merupakan hasil improvisasi para pemerannya, lho. Penasaran adegan apa saja?

Sebenarnya, improvisasi bukan hal baru dalam proses syuting. Seorang aktor bisa saja melakukan atau mengatakan dialog yang nggak direncanakan sebelumnya saat proses reading.

Tapi, nggak semua improvisasi menghasilkan adegan ikonik. Meskipun demikian, tetap saja keberanian aktor dalam melakukan hal spontan patut diapresiasi, geng.

Nah, film-film science fiction di bawah ini punya adegan ikonik yang nggak ada dalam naskah alias improvisasi. Hasilnya juga keren banget, lho.

Kalau kamu mau tahu apa saja film sci-fi dengan adegan ikonik yang nggak direncanakan, simak penjelasannya di bawah ini.

7 Film Sci-Fi dengan Adegan Ikonik Hasil Improvisasi

Menghafalkan dialog bukan tugas mudah bagi seorang aktor. Meskipun sudah terbiasa, namun kadang mereka menemukan kendala pada prosesnya.

Selain berpotensi lupa dialog, masalah lain yang mungkin muncul adalah ketidaksesuaian dialog dengan kepribadian karakter yang mengucapkannya, sehingga harus ada sedikit perubahan pada naskah.

Hasilnya justru nggak sia-sia, geng. Kalimat-kalimat spontan yang muncul ketika proses syuting justru terus diingat oleh para fans, bahkan sering diucapkan hingga kini.

1. Jurassic Park (1993)

Jurassic Park 36b03

Siapa nggak tahu Jurassic Park? Film dinosaurus terbaik yang sudah dirilis lebih dari 20 tahun yang lalu ini memiliki banyak adegan ikonik, geng.

Salah satunya adalah Jeff Goldblum (Dr. Ian Malcolm) yang berbaring dengan keadaan shirtless.

Adegan ini merupakan ide Goldblum atas dasar setting film berada di Costa Rica yang cenderung panas, dan Dr. Ian Malcolm sedang demam, sehingga membutuhkan udara segar.

Ternyata, adegan ini begitu disukai oleh para penggemar hingga sempat didirikan patung Dr. Ian Malcom shirtless di London pada 2018 lalu.

2. Independence Day (1996)

Independence Day 4cff4

Pilihan film tentang alien banyak macamnya, geng, salah satunya Independence Day. Ternyata, adegan ikonik yang diimprovisasi di film ini menyimpan fakta menarik, lho.

Setelah bertarung melawan pesawat alien, Kapten Steven Hiller (Will Smith) terdampar di danau air garam di Grand Canyon. Hiller pun menyeret tubuh alien tersebut di bawah terik matahari sambil bertanya, "Bau apa ini?"

Faktanya, mereka syuting di Great Salt Lake, Utah, yang memang mengeluarkan bau nggak enak. Hal ini terjadi akibat udang Brine yang banyak menghuni danau ini mati dan membusuk ketika danau mengering.

3. Being John Malkovich (1999)

Being John Malkovich 25570

Menurut Spike Jonze, sutradara Being John Malkovich, seorang figuran di lokasi syuting nggak sabar karena dibuat menunggu lama. Akhirnya, ia minum bir, masuk ke mobil, dan melempar kaleng bir ke arah John Malkovich.

Nggak hanya itu, ia juga mengucapkan, "Hey, Malkovich! Cepat berpikirlah!" sebelum melempar kaleng tersebut ke arah sang aktor utama. Ternyata, semua adegan tersebut terekam kamera dan masuk ke final editing.

Meskipun hanya bercanda, dan Malkovich juga paham akan hal itu, namun lemparan tersebut tetap terlihat menyakitkan, geng.

4. Blade Runner (1982)

Blade Runner A15c0

Sepanjang film, Rick Deckard (Harrison Ford) berusaha memburu Roy Batty (Rutger Hauer) dan teman-temannya yang merupakan robot android. Sebagai robot, Batty tahu bahwa masa hidupnya yang sudah ditetapkan 4 tahun tinggal sebentar lagi.

Ketika mereka berdua bertemu, Deckard hampir terjatuh setelah gagal melompat ke sebuah atap. Namun, Batty justru menyelamatkannya meskipun tahu bahwa Deckard akan membunuhnya.

Selanjutnya, Batty berkata kepada Deckard tentang segala hal yang telah ia lihat semasa hidup. Ia pun mengatakan bahwa semua hal tersebut akan hilang "seperti air mata yang terguyur hujan."

Kalimat tersebut seolah menjadi penutup yang sempurna sebelum kematian karakter paling menyedihkan satu ini. Kerennya lagi, dialog tersebut merupakan improvisasi Hauer.

5. Aliens (1986)

Aliens 7f262

Bill Paxton terkenal sebagai aktor yang selalu mati di filmnya. Tapi, ada hal lain yang terkenal darinya selain fun fact tersebut, geng.

Pada salah satu adegan di film ini, Paxton (Private Hudson) berkata, "Game over, man. Game over!" ketika pesawat yang ditumpanginya bersama karakter lain hancur berantakan. Kalimat tersebut justru terkesan lucu di tengah kepanikan yang terjadi.

James Cameron selaku sutradara film tersebut pun mengatakan bahwa dialog improvisasi tersebut adalah cara yang bagus untuk melepaskan ketegangan penonton sebelum dibuat tegang kembali di scene berikutnya.

6. Avengers: Inifity War (2018)

Avengers Infinity War E8424

Seperti yang kamu tahu, film Marvel Cinematic Universe (MCU) dengan genre action/sci-fi satu ini memuat banyak adegan kematian tokoh-tokoh yang terkena jentikan Thanos.

Salah satu superhero yang terkena dampaknya adalah Spider-Man (Tom Holland). Ketika memudar menjadi debu, ia berpegangan erat kepada Tony Stark (Robert Downey Jr.) sambil berkata, "Aku tidak ingin pergi."

Ternyata, kalimat tersebut nggak ada dalam naskah, geng. Sutradara hanya memberi arahan kepada Holland bahwa ia nggak ingin pergi, dan hasilnya bisa kamu lihat sendiri di layar.

7. Star Wars: The Empire Strikes Back (1980)

Star Wars The Empire Strikes Back Fd848

Selain adegan film paling ikonik "No, I am your father," masih ada adegan ikonik lainnya di film ini, geng. Bedanya, scene yang satu ini merupakan improvisasi.

Beberapa saat sebelum Han Solo (Harrison Ford) dibekukan di dalam carbonite dan diberikan kepada Jabba the Hut, ia dan Princess Leia (Carrie Fisher) berciuman. Ketika Leia mengatakan, "I love you," Solo hanya menjawab, "I know."

Padahal, di dalam naskah, ia seharusnya mengatakan, "I love you too." Tapi, Ford menganggap bahwa kalimat tersebut nggak sesuai dengan kepribadian Solo, sehingga ia menggantinya dan justru menjadi ikonik.

Akhir Kata

Itu dia berbagai adegan ikonik di film-film sci-fi yang ternyata hasil improvisasi dari aktor yang memerankannya.

Apakah selama ini kamu sudah tahu, geng? Atau justru kamu berpikir bahwa adegan-adegan di atas sudah direncanakan dalam naskah? Komen jawabanmu di bawah, ya.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Disney Banner D49f3
5 Adegan Film Disney yang Dianggap Terlalu Dewasa, Kok Lulus Sensor?
Banner E6c70
5 Film Action dengan Adegan Laga Kurang Greget | Gak Niat Bikin?
Aksi Jackie Chan Dalam Film Police Story E0ade
5 Pemain Film yang Nyaris Meregang Nyawa Karena Adegan Berbahaya
Film Aktor Menghilang Setelah Satu Film 2bd7e
5 Aktor Terkenal yang Menghilang Setelah Main 1 Film Saja, Kemana Ya?
Aktor Tidak Audisi Banner C134d
5 Aktor Ini Dapat Peran Ikonis Tanpa Audisi, Sylvester Stallone Maksa?
Banner B9842
10 Soundtrack Film Paling Ikonik, Lebih Terkenal dari Filmnya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Adegan Ikonik Film Ini Gak Ada dalam Naskah, 100% Improvisasi!
7 Adegan Ikonik Film Ini Gak Ada dalam Naskah, 100% Improvisasi!
Bikin Pensiun! Ini 7 Adegan Film MCU yang Disesali Aktornya!
Bikin Pensiun! Ini 7 Adegan Film MCU yang Disesali Aktornya!
7 Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat, Sampai Bikin Aktornya Pingsan?
7 Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat, Sampai Bikin Aktornya Pingsan?
7 Scene Film yang Bikin Sutradaranya Nyesel, Harusnya Dihapus!
7 Scene Film yang Bikin Sutradaranya Nyesel, Harusnya Dihapus!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal