7 Fitur Kesehatan Terbaik yang Tersemat di Smartwatch, Bisa Selamatkan Nyawa!

Default

Ada banyak fitur kesehatan yang bisa kamu temukan pada smartwatch. Beberapa di antaranya mampu menambah kualitas hidup penggunanya. Bahkan, ada juga yang mampu menyelamatkan nyawa, loh.

Seperti yang kamu ketahui, jam tangan kini telah berevolusi lebih canggih dan mengadopsi berbagai teknologi terkini, termasuk yang berhubungan dengan kesehatan. Semuanya tersemat di dalam deretan smartwatch terbaik yang telah dirilis di pasaran.

Nah, bagi kamu yang tertarik menggunakan fitur-fitur kesehatan pada smartwatch, Jaka akan sajikan deskripsi dan panduan secara umum di bawah ini.

1. Step Counter

Fitur Kesehatan Smartwatch 1 64355

Sumber foto: Cara Menggunakan Smartwatch untuk Kesehatan

Fitur smartwatch yang paling sering dipakai oleh para penggunanya adalah step counter. Tak hanya mampu mencatat jumlah langkah per hari, fitur ini juga mampu melacak rute yang ditempuh dan, di beberapa perangkat, bahkan mampu melacak sudut kemiringan saat berjalan serta jumlah anak tangga yang ditapaki.

Fitur ini semakin canggih berkat teknologi pedometer yang berfungsi untuk mencatat langkah kaki. Kerennya, step counter mampu mendeteksi gerakan dengan akurat dan presisi, bahkan di smartwatch murah sekalipun.

Step counter biasanya sudah aktif secara otomatis ketika smartwatch pertama kali digunakan. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot-repot mencari cara untuk menyalakannya.

2. Fitness App

Fitur Kesehatan Smartwatch 2 1733c

Sumber foto: Fitur Kesehatan Smartwatch

Saat membeli jam pintar, kamu bakal mendapatkan paket olahraga yang jadi satu dengan aplikasi kesehatan, beberapa contohnya adalah Fitness+ dan Samsung Health.

Paket ini terintegrasi dengan step counter dan sensor khusus yang tersemat di smartwatch. Dengan demikian, seluruh gerakan yang kamu lakukan akan tercatat di dalamnya.

Smartwatch juga mampu memberi rekomendasi olahraga terbaik buatmu. Bahkan, fitur ini juga mampu merekomendasikan rute-rute terbaik jika kamu hendak jogging atau fastwalk.

3. Blood Pressure Monitor

Cara Menggunakan Smartwatch 7 E13cb

Sumber foto: Fitur Kesehatan Smartwatch

Di tahun 2022 ini, beberapa smartwatch terbaru sudah mampu berfungsi selayaknya tensimeter. Dengan kata lain, jam tangan pintar ini mampu memantau tekanan darah penggunanya.

Fitur blood pressure monitor ini sangat berguna untuk orang-orang yang memiliki gangguan penyakit tekanan darah tinggi ataupun rendah. Namun, pengukuran menggunakan jam pintar tidak bisa digunakan sebagai alat diagnosa awal.

Tak hanya itu, agar fitur ini bisa bekerja optimal, kamu harus mengalibrasinya dengan tensimeter asli. Tanpa dikalibrasi, fitur ini tidak akan akurat dan tak mampu membaca tekanan darah.

4. Blood Oxygen Monitor

Fitur Kesehatan Smartwatch 4 79209

Sumber foto: Fitur Kesehatan Smartwatch

Saat ini, hampir semua smartwatch memiliki fitur pengukuran Blood Oxygen. Fitur ini sempat viral saat pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, di mana virus tersebut mampu membuat kadar oksigen dalam darah menurun.

Seperti namanya, fitur ini memampukanmu mengetahui kadar oksigen dalam darah. Pengukuran blood oxygen biasanya sangat efektif dilakukan sehabis olahraga atau bangun tidur.

Hanya saja, fitur ini tetap tidak bisa menggantikan oksimeter, mengingat sensor pengukur kadar oksigen yang tersemat di smartwatch tidak sebesar perangkat tersebut.

5. Sleep Tracker Monitor

Fitur Kesehatan Smartwatch 3 5784b

Sumber foto: Fitur Kesehatan Smartwatch

Padatnya aktivitas dalam 1 hari bisa membuat pola tidurmu terganggu. Konsekuensinya fatal bagi tubuhmu, mulai dari kurangnya daya konsentrasi, tidak produktif, naiknya tekanan darah, hingga hormon yang tidak seimbang.

Maka dari itu, kamu harus memanfaatkan fitur sleep monitor pada smartwatch kamu. Tujuannya adalah membantu melacak dan mengatur pola tidurmu menjadi lebih sehat.

Di beberapa smartwatch, fitur sleep monitor bahkan jauh lebih canggih. Tak hanya mampu mendeteksi tingkatan fase tidur yang dialami, sensor tersebut juga mampu mendeteksi suara dengkuran. Dengan demikian, kamu bisa mendengar seberapa nyaringnya suara dengkuranmu.

6. Heart Rate Monitor

Fitur Kesehatan Smartwatch 6 4a92d

Sumber foto: Fitur Kesehatan Smartwatch

Ingin mengetahui denyut jantung kamu teratur atau tidak? Gampang! Kamu hanya perlu menggunakan smartwatch, lalu perangkat secara otomatis akan merekam grafik jantung selama kamu beraktivitas.

Fitur ini sangat berguna untuk mengetahui seberapa teraturnya denyut jantung kamu dalam 1 menit. Fitur inilah yang banyak menyelamatkan banyak penggunanya, terlebih karena mampu mendeteksi abnormalitas denyut secara rinci.

Yang paling penting, fitur ini mampu membuat para penggunanya jadi lebih aware terhadap kesehatan jantung. Rutin berolahraga dan mengatur pola stres membuat denyut jantung jadi lebih teratur.

7. Stress Tracker

Cara Menggunakan Smartwatch 6 Fbbe2

Sumber foto: Cara Menggunakan Smartwatch untuk Kesehatan

Fitur smartwatch yang satu ini sedang populer belakangan. Apalagi, fitur pengukur tingkat stres ini sudah terintegrasi dengan deretan aplikasi kesehatan mental.

Nantinya, fitur ini akan menjadikan denyut jantung dan tanda-tanda vital lain sebagai tolok ukur tinggi atau rendahnya tingkat stres. Fitur ini juga mampu memprediksi penyebab kamu cemas atau panik, loh.

Harapannya, dengan menggunakan fitur kesehatan ini dengan smartwatch, kamu bakal mampu mengendalikan emosi sehingga lebih produktif dan bersemangat.

Kesimpulan: Mana Fitur Kesehatan di Smartwatch yang Paling Sering Digunakan?

Secara garis besar, fitur-fitur kesehatan di smartwatch yang Jaka sebutkan di atas sangat berguna untuk mengukur kesehatan tubuhmu.

Lalu, kira-kira mana fitur kesehatan smartwatch terbaik yang menempati posisi teratas? Jika ditelusuri dari kegunaan hingga kelebihan-kelebihan lainnya, Jaka bisa mengurutkannya sebagai berikut.

  1. Fitness App
  2. Step Counter
  3. Sleep Tracker Monitor
  4. Heart Rate Monitor
  5. Stress Tracker
  6. Blood Oxygen Monitor
  7. Blood Pressure Monitor

Namun sebagai catatan, tiap orang pasti punya penilaian subjektifnya sendiri mengenai fitur mana yang paling penting. Jadi, Jaka kembalikan ke pengguna masing-masing.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan fitur kesehatan yang bisa digunakan di smartwatch. Jadi tunggu apalagi, manfaatkan semuanya demi kesehatan tubuh yang lebih baik lagi!

Baca juga artikel Tech Healthcare, Gadget, atau artikel menarik lainnya dari [Diptya](https://jalantikus.com/author/diptya/)

Tags Terkait: kesehatanhealth
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal