7 Aplikasi Tes Kesehatan Mental Gratis, Deteksi Kondisi Psikismu Sekarang!

Default

Aplikasi tes kesehatan mental wajib kamu instal di perangkatmu! Melalui tes sederhana di aplikasi ini, kamu bisa mendeteksi kondisi kesehatan mentalmu.

Manusia harus sehat lahir dan batin. Nggak hanya fisik yang perlu istirahat dan pengobatan jika sakit, tapi mental juga.

Banyaknya kasus kejahatan karena trauma masa lalu, menjadi gila karena stress menahun, dan bunuh diri karena depresi jadi contoh tidak terawatnya kondisi mental dengan baik.

Untuk menghindari kemungkinan itu terjadi pada kita, kita bisa melakukan tes kesehatan mental sederhana. Nah, Jaka ada 7 rekomendasi aplikasi tes kesehatan mental yang bisa kamu unduh dari Google Play Store. Yuk, intip daftarnya!

1. Mental Health Tests by Mind Diagnostics

750x750bb 9a989
Sumber foto: Mental Health Tests by Mind Diagnostics - Google Play Store

Pertama, ada aplikasi Mental Health Tests. Digarap oleh Mind Diagnostics, aplikasi kesehatan ini sudah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna Android di Google Play Store.

Fitur aplikasi kesehatan psikis ini cukup lengkap, mulai dari tes rutin yang hasilnya bisa dilacak secara historis, fitur bagikan ke teman dan kerabat, serta fitur menemukan terapis terdekat dari lokasi kita.

Terdapat 25 tes kesehatan mental yang tersedia, mulai dari tes depresi, tes kecemasan (anxiety), tes gangguan panik (panic disorder), hingga tes skizofrenia. Oh ya, ini aplikasi berbahasa Inggris, ya. Jika ingin mencoba, langsung saja unduh aplikasinya di sini.

Detail Mental Health Tests
Tanggal rilis 22 Agustus 2017
Developer Mind Diagnostics
Platform Android
Versi 1.23
OS Minimal Android 4.4

>>>Download Mental Health Tests<<<

2. Psikitech-Diagnos

Screen 10 4d342
Sumber foto: Psikitech-Diagnos - Google Play Store

Nah, kalau aplikasi tes kesehatan mental yang satu ini digarap oleh mahasiswa Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Yap, Psikitech-Diagnos dirancang sebagai bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC).

Walaupun buatan mahasiswa, aplikasi kesehatan jiwa ini bisa diandalkan, kok! Kita bisa mulai mendiagnosa penyakit mental, mencari penjelasan tentang penyakit mental tertentu, hingga mencari dokter terdekat untuk melakukan konsultasi.

Kita bisa cari informasi terkait Agorafobia, Distimia, Gangguan Anxietas Menyeluruh, dan lainnya. Tidak hanya deskripsi, terdapat informasi gejala penyakit juga yang memudahkan kita mencocokkan dengan kondisi saat ini.

Detail Psikitech-Diagnos
Tanggal rilis 28 Juli 2018
Developer NekonyanTech
Platform Android
Versi 1.2.71
OS Minimal Android 4.4

>>>Download Psikitech-Diagnos<<<

3. Depression Test

Screen 1 1 Cfe2d
Sumber foto: Depression Test - Google Play Store

Aplikasi berbahasa Inggris ini bisa membantu kamu mendeteksi apakah kamu terkena depresi atau tidak hanya dengan sembilan pertanyaan.

Nggak sembarang, sembilan pertanyaan ini didasarkan pada Patient Health Questionnaire (PHQ-9), alias instrumen psikometri yang paling sering digunakan untuk skrining deteksi dini depresi di fasilitas kesehatan primer, seperti rumah sakit.

Dengan mendeteksi depresimu sedini mungkin, kamu bisa mencegah penyakit mental lain yang lebih akut supaya nggak menghampirimu. Yuk, coba pakai aplikasi kesehatan iPhone dan Android ini!

Detail Depression Test
Tanggal rilis 24 Juli 2014
Developer Inquiry Health LLC
Platform Android
Versi 2.0.2
OS Minimal Android 6.0

>>>Download Depression Test<<<

4. Aplikasi Sehat Jiwa

Screen 1 B1ba1
Sumber foto: Aplikasi Sehat Jiwa - Google Play Store

Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Meskipun bukan aplikasi khusus untuk tes kesehatan mental, platform ini punya tiga metode deteksi kondisi psikis seseorang.

Pertama, metode Cage untuk mengidentifikasi apakah seseorang kecanduan alkohol. Kedua, metode SRQ-20 untuk menilai kondisi kesehatan jiwa (normal atau depresi).

Ketiga, metode GDS 15 untuk mendiagnosis depresi pada usia lanjut. Selain itu, aplikasi cek kesehatan mental ini juga menyediakan layanan konsultasi via online chat dengan psikiater profesional, loh.

Detail Aplikasi Sehat Jiwa
Tanggal rilis 8 Oktober 2020
Developer Kemenkes Kesehatan Jiwa
Platform Android
Versi 0.1.1
OS Minimal Android 5.1

>>>Download Aplikasi Sehat Jiwa<<<

5. Tes Kesehatan Jiwa - SRQ29

Screen 2 74022
Sumber foto: Tes Kesehatan Jiwa - SRQ29 - Google Play Store

Selanjutnya, ada aplikasi berbahasa Indonesia dengan nama Tes Kesehatan Jiwa - SRQ29. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa membantu mendeteksi kondisi jiwa dengan metode SRQ (Self Reporting Questionnare).

SRQ29 adalah instrumen diagnosa kesehatan jiwa yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO). Kamu akan mengisi kuesioner setiap 14 hari sekali.

Kamu juga bisa menemukan informasi seputar penyakit gangguan jiwa seperti Neurosis, Psikoaktif, Psikotik, PTSD, dan lainnya. Coba aplikasi kesehatan Android ini sekarang!

Detail Tes Kesehatan Jiwa - SRQ29
Tanggal rilis 22 September 2021
Developer Smart Digital Studio
Platform Android
Versi 1.0.2
OS Minimal Android 5.1

>>>Download Tes Kesehatan Jiwa - SRQ29<<<

6. Mental Health Test by AppColors

Screen 3 Cccad
Sumber foto: Mental Health Test by AppColors - Google Play Store

Aplikasi tes kesehatan jiwa ini juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mengecek kondisi psikismu. Kamu cukup menjawab pertanyaan yang disodorkan dan diagnosanya akan muncul.

Terdapat 30 lebih tes kesehatan mental yang tersedia, seperti tes Bipolar Disorder, tes depresi, tes kecematan, hingga tes kecanduan video game dan aktivitas seksual.

Kamu dapat memilih jenis tes yang cocok dengan kondisimu saat ini. Yuk, unduh aplikasinya!

Detail Mental Health Test
Tanggal rilis 28 April 2021
Developer AppColors
Platform Android
Versi 4.0.1
OS Minimal Android 4.4

>>>Download Mental Health Test by AppColors<<<

7. Mental Health Test by Tushar Sharma

Screen 7 9dfc0
Sumber foto: Mental Health Test by Tushar Sharma - Google Play Store

Kalau aplikasi ini versi yang lebih ringan dari aplikasi pendeteksi kesehatan mental lainnya. Kamu akan disodorkan sejumlah pertanyaan berbahasa Inggris tentang kesehatan mental secara umum.

Misalnya, apakah kamu punya kekhawatiran berlebih, apakah kamu terganggu dengan hal yang biasanya tidak mengusikmu, dan lainnya.

Pertanyaannya simpel dan tes yang tersedia pun tidak sebanyak aplikasi tes kesehatan mental gratis lainnya. Tapi, antarmuka sederhana sehingga tidak membuatmu bingung saat memakainya.

Detail Mental Health Test
Tanggal rilis 6 Juli 2016
Developer Tushar Sharma
Platform Android
Versi 1.0
OS Minimal Android 4.0.3

>>>Download Mental Health Test by Tushar Sharma<<<

Akhir Kata

Nah, itulah 7 rekomendasi aplikasi tes kesehatan mental gratis yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Ada berbagai jenis aplikasi baik yang berbahasa Indonesia maupun Inggris.

Semua aplikasinya sama-sama membantu kamu mendeteksi kondisi kesehatan jiwamu, kok. Jaka akan mencoba mengurutkan aplikasinya berdasarkan kelengkapan fiturnya.

  • Mental Health Tests by Mind Diagnostics
  • Psikitech-Diagnos
  • Depression Test
  • Aplikasi Sehat Jiwa
  • Tes Kesehatan Jiwa - SRQ29
  • Mental Health Test by AppColors
  • Mental Health Test by Tushar Sharma

Yuk, segera cek kondisi mentalmu dengan tes kesehatan mental sederhana ini! Jangan ragu untuk konsultasi ke psikiater dan terapis terdekat jika kamu didiagnosa mengidap gangguan mental tertentu. Selamat mencoba!

Baca juga artikel Tips, Health Tech, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal