7 Aplikasi Siklus Menstruasi Untuk Android dan iOS, Cewek-cewek Wajib Instal!

Default

Aplikasi siklus menstruasi adalah aplikasi khusus cewek yang berguna banget untuk kamu yang ingin mengatur siklus haidmu. Di aplikasi kesehatan ini, kamu bisa mencatat kapan kamu mulai datang bulan dan kapan fase ini selesai tiap bulannya.

Kalau nggak teratur, akan kelihatan polanya. Dari data ini, kamu bisa memperbaiki siklus menstruasimu. Tips-tips memperbaikinya juga tersedia di dalam aplikasi, loh.

Nggak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu yang ingin melakukan program kehamilan! Kamu bisa mencatat masa subur, kondisi emosi, kondisi kesehatan secara umum, hingga mendapat tips agar cepat hamil.

Kira-kira, apa saja aplikasi siklus haid yang wajib diinstal? Jaka akan memberikan 8 rekomendasinya di artikel ini. Baca hingga tuntas, ya!

1. Period Calendar Period Tracker

Period Calendar Tracker Screen 1 68
Sumber foto: Google Play - Period Calendar Period Tracker

Aplikasi besutan Simple Design, Ltd. ini sudah diunduh hingga 100 juta kali. Rating Period Calendar Period Tracker mencapai 4,9/5 dari 6,87 juta ulasan, hampir sempurna!

Nggak heran, sih, soalnya fitur di sini lengkap banget. Ada pencatat 4 fase siklus menstruasi, notifikasi datang bulan, fertility tracker, hingga pengingat untuk minum pil kontrasepsi.

Buat kamu yang mau program hamil (promil) juga bisa memanfaatkan aplikasi Android ini. Kamu bisa merencanakan kapan ingin punya anak, apa saja yang harus dikonsumsi, hingga penyakit kesuburan yang harus diwaspadai.

Nggak cuma itu, ada juga intimacy tracker untuk kamu yang sudah berpasangan. Plus, ada juga tips-tips untuk hubungan suami istri yang bagus untuk kesehatan dan membuatmu cepat hamil.

Detail Period Calendar Period Tracker
Tanggal rilis 16 Maret 2012
Developer Simple Design, Ltd
Versi Bervariasi tergantung perangkat
OS Minimal Bervariasi tergantung perangkat

Download Period Calendar Period Tracker untuk Android

Download Period Calendar Period Tracker untuk iOS

2. Flo Ovulation & Period Tracker

Flo Period App Nixalina 1440x1003
Sumber foto: Google Play - Flo Ovulation & Period Tracker

Kedua, ada aplikasi Flo Ovulation & Period Tracker. Aplikasi ini sudah diunduh 50 juta kali dan mendapat rating 4,7/5 dari 2,82 juta ulasan.

Di sini, kamu nggak cuma bisa mencatat siklus haid bulanan saja. Kamu juga bisa konsultasi dengan 100+ ahli kesehatan agar menstruasimu bisa semakin lancar dan dapat diprediksi.

Selain itu, ada kalendar ovulasi dan kehamilan untuk kamu yang mau ambil promil. Kamu juga bisa memonitor aspek eksehatan lainnya melalui diary berat badan, water intake, hingga sex drive.

Oh ya, semua percakapanmu dengan ahli kesehatan di sini aman dan terjamin kerahasiaannya. Aplikasi ini juga terdaftar sebagai mitra United Nations Population Funds khusus di bidang kesehatan reproduksi, loh!

Detail Flo Ovulation & Period Tracker
Tanggal rilis 12 April 2012
Developer Flo Health, Inc
Versi Bervariasi tergantung perangkat
OS Minimal Bervariasi tergantung perangkat

Download Flo Ovulation & Period Tracker untuk Android

Download Flo Ovulation & Period Tracker untuk iOS

3. My Calendar - Period Tracker

Frame 192
Sumber foto: Google Play - My Calendar Period Tracker

Ketiga, ada My Calendar. Aplikasi ini punya fitur kunci untuk mencatat siklus haid dan membantu kamu mengaturnya agar lebih lancar.

Detail tracking 4 siklus menstruasi-nya sangat lengkap. Mulai dari berat badan, temperatur atau suhu tubuh, suasana hati, kelancaran darah, dan lainnya.

Kamu juga bisa mengkostumisasi satuan pengukuran untuk mengecek kesehatan badanmu. Terdapat pula visualisasi kondisi tubuh yang subur dan tidak subur, proses ovulasi, siklus haid, dan lainnya untuk membantu kamu memahami tubuhmu.

Detail My Calendar - Period Tracker
Tanggal rilis 16 Agustus 2015
Developer SimpleInnovation
Versi 8.4.5
OS Minimal Android 5.0

iOS 11

Download My Calendar untuk Android

Download My Calendar untuk iOS

4. Clue Period & Cycle Tracker

Com Clue Android
Sumber foto: Google Play - Clue Period & Cycle Tracker

Satu lagi aplikasi siklus haid rekomendasi Jaka, yaitu Clue Period & Cycle Tracker. Fiturnya yang lengkap bikin aplikasi ini diunduh hingga 10 juta kali, loh.

Ada pencatat siklus haid, kalendar haid, pencatat proses ovulasi, pencatat masa subur, prediksi siklus haid, hingga ensiklopedia tentang kesehatan reproduksi.

Kamu yang ingin promil juga bisa memanfaatkan aplikasi ini. Kamu dapat menggunakan kalkulator kehamilan, kalendar kehamilan, pencatat pertumbuhan janin, hingga persiapan menuju persalinan.

Detail Clue Period & Cycle Tracker
Tanggal rilis 9 Oktober 2014
Developer Clue Period Tracker by BioWink
Versi 72.0
OS Minimal Android 5.0

iOS 13

Download Clue Period & Cycle Tracker untuk Android

Download Clue Period & Cycle Tracker untuk iOS

5. Clover - Safe Period Tracker

Screen 0 3
Sumber foto: Google Play - Clover - Safe Period Tracker

Nah, kalau Clover punya kelebihan di tema aplikasi yang menggemaskan. Cocok banget untuk remaja yang baru mengalami menstruasi, supaya mereka rajin mencatat siklus haid.

Kamu tidak perlu buat akun untuk menggunakan aplikasi siklus haid dan masa subur ini. Langsung saja manfaatkan fiturnya seperti kalendar menstruasi, kalendar ovulasi, hingga edukasi seputar kesehatan reproduksi.

Kamu juga bisa memonitor volume darah menstruasi, tingkat kekentalan, warna, dan aspek lainnya. Hal ini bisa menjadi dasar pemeriksaan ke dokter kalau sewaktu-waktu kamu terkena penyakit reproduksi.

Detail Clover - Safe Period Tracker
Tanggal rilis 27 Agustus 2018
Developer Wachanga
Versi 2.46.0
OS Minimal Android 5.0

iOS 13

Download Clover - Safe Period Tracker untuk Android

Download Clover - Safe Period Tracker untuk iOS

6. MeetYou - Period Tracker

Screen 0 2
Sumber foto: Google Play - MeetYou - Period Tracker

Aplikasi MeetYou sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Ternyata, ratingnya juga cukup bagus, 4,7/5 dari 50 ribu ulasan!

Tentu saja, fitur unggulannya bikin aplikasi ini digandrungi cewek-cewek. Di sini, kamu bisa mencatat dan memprediksi siklus menstruasimu menggunakan algoritma Aritifical Intelligence (AI) supaya lebih akurat!

Selain itu, kamu bisa mencatat flow menstruasi, kondisi PMS (Premenstrual Syndrome), penggunaan alat kontrasepsi, kondisi suasana hati, dan lainnya.

Antarmuka aplikasi untuk siklus menstruasi ini ringan dan dihiasi warna-warna pastel. Kamu juga bisa memproteksi datamu dengan kata sandi supaya lebih aman.

Detail MeetYou - Period Tracker
Tanggal rilis 21 Februari 2022
Developer Meet you
Versi 2.5.0
OS Minimal Android 5.0

iOS 11

Download MeetYou - Period Tracker untuk Android

Download MeetYou - Period Tracker untuk iOS

7. Period Tracker & Ovulation Pai

Pai 1
Sumber foto: Google Play - Period Tracker & Ovulation Pai

Terakhir, ada Period Tracker & Ovulation Pai. Aplikasi yang dikembangkan oleh Period Calendar by Pai ini mendapat rating 4,8/5 dari 246 ulasan dari Google Play Store.

Yap, meskipun masih terbilang baru, fitur yang ada di aplikasi siklus menstruasi ini nggak bisa dianggap remeh. Apalagi, semuanya didukung dengan AI dari Pai!

Kamu bisa mencermati kalendar menstruasi, ovulasi, memprediksi haid, mencatat flow haid, memberi solusi kram mentrusasi, memberi informasi gejala haid, ovulasi, dan PMS, dan lain-lain.

Buat yang ingin mengambil promil, kamu bisa memanfaatkan fitur tes kehamilan, pengingat untuk minum pil, kalkulator kehamilan, hingga tips-tips agar cepat hamil.

Detail Period Tracker & Ovulation Pai
Tanggal rilis 9 Agustus 2022
Developer Period Calendar by Pai
Versi 1.9.0
OS Minimal Android 5.0

Download Period Tracker & Ovulation Pai untuk Android

Akhir Kata

Nah, itulah tujuh rekomendasi aplikasi siklus menstruasi yang bisa membantu memperlancar siklus haidmu. Cewek-cewek wajib instal aplikasi ini biar lebih sehat!

Nggak cuma itu, bagi kamu yang ingin melakukan promil juga bisa memanfaatkan aplikasi ini. Hampir semua aplikasi ini punya fitur kalendar kehamilan, kok.

Yang paling penting, aplikasi ini legal dan gratis, jadi nggak perlu bayar. Nah, Jaka akan mengurutkan aplikasi siklus haid terbaik untuk membantumu menyortir:

  • Period Calendar Period Tracker
  • Flo Ovulation & Period Tracker
  • My Calendar - Period Tracker
  • Clue Period & Cycle Tracker
  • Clover - Safe Period Tracker
  • MeetYou - Period Tracker
  • Period Tracker & Ovulation Pai

Baca juga artikel Tips, Apps, Health Tech, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal