7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Terbaik 2022, Bisa Berobat Dari Jarak Jauh!

Default

Aplikasi konsultasi kesehatan sempat booming saat pandemi Covid-19 menyebar dengan ganas di Indonesia. Melalui aplikasi ini, kita bisa konsultasi kesehatan ke dokter secara virtual.

Meskipun pandemi Covid-19 sudah cukup terkendali, nyatanya penggunaan aplikasi ini masih marak, bahkan semakin diminati. Kementerian Kesehatan menyebutkan, sebanyak 57% masyarakat di Indonesia rutin menggunakan aplikasi kesehatan sejak 2020.

Selain tidak memerlukan kontak fisik, aplikasi ini membantu kita untuk menangani sakit ringan dengan respons dokter yang cukup cepat. Kita juga nggak perlu mengantri dan menunggu jadwal kedatangan dokter yang kadang cukup lama.

Lantas, apa saja aplikasi konsultasi kesehatan terbaik dengan pelayanan mumpuni dan harga terjangkau? Berikut rekomendasi Jaka.

1. Halodoc

578625 27 11 2020 13 30 15
Sumber foto: Halodoc - Google Play

Halodoc merupakan salah satu aplikasi konsultasi dokter terpopuler di Indonesia. Dikembangkan oleh Halodoc, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 juta kali dan mendapat rating 4,7/5 dari 397.000 ulasan!

Di sini, kamu bisa konsultasi online mengenai masalah kesehatanmu ke dokter dari berbagai bidang spesialisasi, mulai dari dokter umum, dokter kandungan, dokter jantung, dan lainnya.

Kamu bisa mendapat resep dan langsung menukarnya di apotik yang bekerjasama dengan Halodoc. Jika butuh layanan lab, tim Halodoc juga akan langsung datang ke rumahmu.

Tersedia pula fitur untuk membuat janji dengan rumah sakit tanpa antre. Ada pula toko kesehatan dengan koleksi produk yang lengkap plus berbagai promo. Toko ini juga mendukung pengiriman instan atau next day.

Meskipun bukan aplikasi konsultasi kesehatan gratis, namun dengan memasukkan kode kupon ADAHALODOC, kamu bisa dapat gratis konsultasi khusus pengguna pertama.

Detail Halodoc
Tanggal rilis 11 Maret 2016
Developer Halodoc
Versi 15.000
OS Minimal Android 5.0

iOS 13

>>Download Halodoc (Android)<<

>>Download Halodoc (iOS)<<

2. Alodokter

Aplikasi Alodokter Chat Bersama Dokter
Sumber foto: Alodokter - Google Play

Rekomendasi selanjutnya ialah Alodokter. Aplikasi kesehatan ini menyediakan fitur chat bersama dokter, janji konsultasi, Aloshop, hingga artikel kesehatan terpercaya.

Kamu bisa menyampaikan keluhan kesehatanmu ke lebih dari 20.000 dokter umum, spesialis, dan psikolog. Mereka juga telah tersertifikasi dan dijamin merespon kurang dari dua menit.

Jika butuh pemeriksaan lebih lanjut, kamu bisa buat janji dengan dokter berpengalaman di lebih dari 1.500 rumah sakit dan klinik. Tersedia informasi ketersediaan jadwal beserta biaya pemeriksaannya secara lengkap.

Kalau mau beli obat bisa lewat Aloshop dengan koleksi yang cukup lengkap. Kamu bisa dapat diskon 5% kalau beli obat di apotik Century hanya dengan menunjukkan aplikasi kesehatan ini, loh.

Detail Alodokter
Tanggal rilis 13 Maret 2016
Developer Alodokter Group
Versi 4.9.0
OS Minimal Android 7.0

iOS 12.1

>>Download Alodokter (Android)<<

>>Download Alodokter (iOS)<<

3. KlikDokter

Hipwee Whats App Image 2019 09 17 At 20 06 49 960x640
Sumber foto: KlikDokter - Google Play

Meluncur dengan tagar #JagaSehatmu, KlikDokter memberikan pelayanan kesehatan yang cukup lengkap dan tarif yang terjangkau.

Kamu bisa konsultasi ke dokter dan langsung mendapatkan solusi. Tersedia juga layanan buat janji ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Terdapat fitur cek kesehatan seperti cek kesehatan kehamilan di Hallobumil, cek kesuburan, cek risiko jantung dan diabetes, cek kalori, hingga cek indeks massa tubuh.

Ada juga toko online dengan beragam obat, vitamin, suplemen, susu, hingga produk kecantikan. Semuanya sudah terdaftar di BPOM.

Detail KilkDokter
Tanggal rilis 30 Agustus 2019
Developer Medika Komunika Teknologi
Versi 2.0.29
OS Minimal Android 6.0

iOS 11

>>Download KlikDokter (Android)<<

>>Download KlikDokter (iOS)<<

4. SehatQ

Aplikasi Sehat Q
Sumber foto: SehatQ - Google Play

Aplikasi SehatQ cukup populer di kalangan pengguna Android. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 500.000 kali dan mendapat rating 4.4/5 dari 11.400 ulasan, loh.

Nggak heran ratingnya cukup tinggi, soalnya fitur dan layanan kesehatan di sini lengkap banget. Kamu bisa chat dokter di klinik online dengan dukungan dokter-dokter berpengalaman.

Ada juga fitur khusus untuk menyambut kehamilan mulai dari pemeriksaan awal hingga persalinan. Bagi kamu yang ingin konsultasi kesehatan mental, psikolog SehatQ juga siap membantu!

Kamu juga bisa beli obat di toko SehatQ. Jika barang yang kamu inginkan tidak ada, tersedia layanan pembelian obat K24 hingga Kimia Farma online.

Detail SehatQ
Tanggal rilis 28 Agustus 2019
Developer SehatQ
Versi 4.5.0
OS Minimal Android 4.4

iOS 11

>>Download SehatQ (Android)<<

>>Download SehatQ (iOS)<<

5. ProSehat

Homecare LP
Sumber foto: ProSehat - Google Play

ProSehat adalah aplikasi konsultasi dokter yang sudah dipercaya ratusan ribu pasien. Di ProSehat, kamu bisa melakukan konsultasi tentang masalah kesehatanmu ke dokter yang siaga 24 jam!

Untuk kamu yang memiliki anak, tersedia juga layanan drivethru imunisasi dengan memanggil dokter imunisasi langsung ke rumah. Praktis dan cepat.

Selain itu, tersedia pula layanan vaksin di rumah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun, layanan ini khusus untuk Jadetabek saja, ya! Oh ya, toko online di sini menyediakan beragam obat dan produk kesehatan yang lengkap dengan harga terjangkau.

Detail ProSehat
Tanggal rilis 10 November 2015
Developer ProSehat
Versi 1.6.1.6732
OS Minimal Android 4.1

>>Download ProSehat (Android)<<

6. MyDoctors

Id Mydoctors Patient
Sumber foto: MyDoctors - Google Play

MyDoctors merupakan aplikasi besutan PT. MyDoctors Indonesia Nusantara Teknologi. Aplikasi konsultasi kesehatan ini memiliki fitur lengkap layaknya aplikasi lain.

Kamu bisa pilih dokter atau psikolog yang cocok denganmu, tentukan jadwal konsultasi, hingga menebus resep obat yang langsung diantar ke rumah.

Ada fitur TokoSehat dengan puluhan obat dan produk kesehatan. Buat kamu yang butuh pemeriksaan kesehatan lebih lanjut, ada juga layanan cek lab dan homecare perawat yang datang ke rumah.

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu juga bisa memanfaatkan fitur mood tracker di aplikasi konsultasi kesehatan mental ini. Kamu bisa memantau perkembangan emosimu berdasarkan data psikolog mereka.

Detail MyDoctors
Tanggal rilis 25 Juni 2020
Developer PT. MyDoctors Indonesia Nusantara Teknologi
Versi 5.5.112
OS Minimal Android 6.0

iOS 14.3

>>Download MyDoctors (Android)<<

>>Download MyDoctors (iOS)<<

7. Digidoc

Home Index
Sumber foto: Digidoc - Google Play

Aplikasi Digidoc memang masih cukup baru. Namun, layanan kesehatan berbasis teknologi yang ditawarkan lumayan lengkap, loh.

Kamu bisa mengecek indikator kesehatan melalui Body Check Up, mulai dari kadar gula darah, tekanan darah, suhu badan, saturasi oksigen, hingga asam urat.

Tersedia layanan konsultasi dengan dokter bersertifikat. Harganya juga terjangkau dan kamu bisa bebas pilih dokter sesuai masalah kesehatanmu.

Aplikasi konsultasi dokter online ini juga terintegrasi dengan berbagi rumah sakit jika kamu butuh rujukan. Tak hanya itu, obat dan vitamin yang diresepkan dokter bisa ditebus langsung di toko obat online Digidoc.

Detail Digidoc
Tanggal rilis 19 Maret 2022
Developer PT. GUOBIN INTERNATIONAL INDONESIA
Versi 2.3.6
OS Minimal Android 6.0

>>Download Digidoc (Android)<<

Akhir Kata

Demikian rekomendasi aplikasi konsultasi kesehatan dengan layanan terprima versi Jaka. Walaupun bukan aplikasi konsultasi dokter gratis, tapi aplikasi ini punya fitur yang lengkap dan optimal.

Ada tujuh aplikasi konsultasi yang bisa kamu pilih. Rata-rata, biaya konsultasinya dimulai dari Rp30.000, namun bisa lebih murah kalau pakai diskon. Untuk memudahkanmu menyortir, Jaka akan urutkan tujuh aplikasi tersebut:

  1. Halodoc
  2. Alodokter
  3. KlikDokter
  4. SehatQ
  5. ProSehat
  6. MyDoctors
  7. Digidoc

Baca juga artikel Tips, Apps, Health Tech, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal