7 Aplikasi Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mental, Kelola Depresi & Kecemasan

Default

Sedang merasa cemas, stres, moody, dan galau? Yuk, segera gunakan aplikasi kesehatan mental! Beberapa platform terbaik akan membantumu mengelola suasana hati dan pikiran menjadi lebih baik lagi, loh.

Berbeda dengan aplikasi konsultasi kesehatan mental, aplikasi-aplikasi ini secara khusus berisi panduan self-therapy yang berguna bagi kondisi psikis, mulai dari jurnal harian, musik relaksasi, hingga latihan pernapasan mingguan.

Maka dari itu, tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut rekomendasi aplikasi untuk menjaga kesehatan mental terbaik yang bisa digunakan di tahun 2022. Selamat mencoba!

1. Riliv

Aplikasi Kesehatan Mental 1 3209c

Sumber foto: Riliv - Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik & Gratis

Butuh aplikasi terbaik untuk kesehatan mental? Riliv Jawabannya! Tak hanya melayani konseling online, Riliv juga menyajikan sederet fitur self-therapy yang berkualitas.

Salah satu contohnya adalah panduan meditasi harian. Kamu bisa memilih program sesuai dengan kebutuhan, mulai untuk mengurangi kecemasan dan mengatur pola tidur.

Fitur-fitur lainnya yang disematkan Riliv adalah "Sleep Diary", "Mengenali Diriku Hari Ini", dan "Bangkit dari Cemas & Takut". Semuanya sudah diuji dan dianalisis oleh psikolog dan psikiater.

Detail Riliv : Mental Health App
Developer Riliv
Android Minimal 4.4 ke atas
Ukuran 22MB
Rating 4.6/5.0 (Google Play)
Downloads 500,000+ (Google Play)

>>> Download Aplikasi Riliv Terbaru <<<

2. Kalm

Aplikasi Kesehatan Mental 2 Ac7eb

Sumber foto: Kalm - Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik

Kalm menawarkan layanan pengembangan self-wellness dan mood-control yang sesuai dengan kaidah psikologis. Beberapa di antaranya sudah tersedia dalam fitur "Gratitude Journal".

Menariknya, aplikasi ini juga menyajikan sederet artikel ilmiah dan video mengenai dengan kesehatan mental. Semua bisa diakses secara gratis, kecuali fitur konsultasi online yang dipatok mulai dari Rp60.000 hingga Rp100.000.

Yang paling penting, Kalm juga menyediakan musik-musik relaksasi yang mampu mendorong pengembangan mood secara positif, mirip seperti aplikasi-aplikasi relaksasi.

Detail KALM Online Counseling & More
Developer KALM
Android Minimal 4.4 ke atas
Ukuran 12MB
Rating 4.5/5.0 (Google Play)
Downloads 10,000+ (Google Play)

>>> Download Aplikasi Kalm Terbaru <<<

3. What's Up?

Aplikasi Kesehatan Mental 3 310de

Sumber foto: What's Up? - Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik

What's Up? adalah aplikasi kesehatan mental yang bisa diakses secara gratis. Aplikasi ini menggabungkan beberapa terapi psikologis, mulai dari dari terapi penerimaan dan komitmen (ACT) dan terapi kognitif perilaku (CBT).

Harapannya, terapi-terapi tersebut akan menciptakan strategi pemecahan masalah yang dipersonalisasi terkait kecemasan, amarah, stres, hingga depresi.

Nah, aplikasi ini juga didukung beberapa fitur lain yang saling berkesinambungan, mulai dari latihan teknik pernapasan dan buku harian. Nantinya, kamu bisa merekam setiap perasaan atau pemikiran, lalu memberikannya penilaian dari skala 1-10.

Detail What's Up? - Mental Health App
Developer Jackson Tempra
Android Minimal 4.4 ke atas
Ukuran 21MB
Rating 4.6/5.0 (Google Play)
Downloads 500,000+ (Google Play)

>>> Download Aplikasi What's Up? Terbaru <<<

4. Mindshift

Aplikasi Kesehatan Mental 4 C915a

Sumber foto: Mindshift - Aplikasi Kesehatan Mental Gratis

Mindshift adalah sebuah aplikasi kesehatan mental yang seluruh fitur dan programnya diadaptasi dari teknik perilaku kognitif (CBT).

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar mempraktikkan keterampilan mengatasi kecemasan ataupun overthinking.

Nantinya, kamu bisa menambahkan daftar situasi yang memicu terjadinya kecemasan, lalu menggunakan beragam tools eksklusif yang diberikan untuk membantu mengatasinya secara konsisten.

Detail MindShift CBT - Anxiety Relief
Developer Anxiety Canada Association
Android Minimal 4.4 ke atas
Ukuran 53MB
Rating 4.1/5.0 (Google Play)
Downloads 500,000+ (Google Play)

>>> Download Aplikasi MindShift Terbaru <<<

5. Mood Tools

Aplikasi Kesehatan Mental 5 26455

Sumber foto: Mood Tools - Aplikasi Kesehatan Mental Gratis

Dirancang lewat kerja sama dengan psikolog dan psikiater berpengalaman, Mood Tools merupakan aplikasi gratis yang sangat berguna untuk membantu tercapainya kesehatan mental yang prima.

Kerennya, Mood Tools mampu mengidentifikasi gejala episode manik atau depresi lewat beberapa fitur, salah satunya kuisioner yang wajib diisi pengguna.

Selain itu, layaknya aplikasi meditasi, Mood Tools juga dilengkapi panduan terapi CBT, meditasi, hingga "kuliah" yang dirancang eksklusif dari TED Talks. Keren, bukan?

Detail MoodTools - Depression Aid
Developer Inquiry Health LLC
Android Minimal 4.4 ke atas
Ukuran 5,7MB
Rating 4.7/5.0 (Google Play)
Downloads 100,000+ (Google Play)

>>> Download Aplikasi Mood Tools Terbaru <<<

6. Sanvello

Aplikasi Kesehatan Mental 6 98dfb

Sumber foto: Sanvello - Aplikasi Kesehatan Mental Gratis

Stres, kecemasan, dan depresi bisa menghalangi siapa saja untuk menjalani hidup berkualitas. Beruntungnya, sudah tersedia Sanvello yang siap membantumu mengatasi permasalahan mental.

Dulunya bernama Pacifica, Sanvello menyajikan berbagai tools menarik yang membantu pengguna dalam mengatasi gejala depresi dan kecemasan. Semuanya didasarkan pada terapi perilaku kognitif (CBT).

Salah satu fitur kerennya dalah Mood Rate yang memampukanmu memberikan skor suasana hati dalam segala situasi dan kondisi. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan tips dan trik untuk relaksasi harian, baik di kantor ataupun di tempat tidur.

Detail Sanvello: Anxiety & Depression
Developer Sanvello Health Inc.
Android Minimal 4.4 ke atas
Ukuran 79MB
Rating 4.6/5.0 (Google Play)
Downloads 1,000,000+ (Google Play)

>>> Download Aplikasi Sanvello Terbaru <<<

7. Symptom & Mood Tracker

Aplikasi Kesehatan Mental 7 24816

Sumber foto: Symptom & Mood Tracker - Aplikasi Kesehatan Mental 2022

Aplikasi kesehatan mental terbaik yang harus dicoba selanjutnya Symptom & Mood Tracker. Terintegrasi dengan smartwatch-smartwatch terbaru, aplikasi ini mampu menangani permasalahan mood dan kecemasan secara menyeluruh.

Kerennya, Symptom & Mood Tracker memiliki database khusus yang menyimpan semua rekam kondisi client secara rapi dan teratur. Jangan khawatir, semua tersimpan secara rahasia di sini.

Symptom & Mood Tracker juga menyediakan saran obat yang tepat, pola makan, pola tidur, hingga interaksi dengan orang sekitar secara detail berdasarkan hasil pemeriksaanmu.

Detail Symptom & Mood Tracker
Developer Bearable
Android Minimal 4.4 ke atas
Ukuran 55MB
Rating 4.9/5.0 (Google Play)
Downloads 100,000+ (Google Play)

>>> Download Aplikasi Symptom & Mood Tracker Terbaru <<<

Akhir Kata

Itu tadi pembahasan khusus dari Jaka mengenai aplikasi Android atau iPhone untuk menjaga kesehatan mental. Beberapa di antaranya gratis, jadi kamu bisa konseling psikologi atau psikiatri sebebasnya.

Lalu kira-kira, aplikasi mana saja yang terbaik dan paling direkomendasikan? Di bawah ini, Jaka sudah membuat urutannya ditinjau dari harga, benefit yang diberikan, serta banyaknya fitur di dalamnya.

Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik 2022

  1. Kalm
  2. Riliv
  3. Mindshift
  4. Symptom & Mood Tracker
  5. Mood Tools
  6. Sanvello
  7. What's Up?

Kesehatan mental bukanlah hal tabu lagi. Jadi, segera gunakan aplikasi-aplikasi di atas jika kamu merasa tidak baik-baik saja, tentu saja setelah menggunakan aplikasi konsultasi online, ya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel Tech Healthcare, Gadget, atau artikel menarik lainnya dari [Diptya](https://jalantikus.com/author/diptya/)

Tags Terkait: kesehatan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal