7 Rekomendasi Aplikasi Hitung Kalori Makanan Gratis, Bantu Diet Jadi Sukses!

Default

Aplikasi hitung kalori bisa mempermudah kita yang ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Kita bisa memastikan asupan kalori yang masuk ke tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, aplikasi ini berguna untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tapi jangan salah, kalau kamu ingin menaikkan berat badan atau hanya ingin mengubah pola yang berantakan jadi teratur, aplikasi ini juga membantu banget.

Di bawah ini, Jaka merekomendasikan tujuh aplikasi hitung kalori yang bisa kamu unduh di Google Play Store maupun Apps Store secara gratis. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

1. MyFitnessPal

Creating A Fitness App Like MyFitnessGuide 75fe0
Sumber foto: MyFitnessPal capai 100 juta unduhan - Google Play Store

Kamu yang sedang diet atau pernah mencoba diet pasti sudah pernah mendengar aplikasi ini. MyFitnessPal memang populer banget di kalangan pelaku diet. Buktinya, aplikasi menghitung defisit kalori ini udah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Popularitasnya bukan tanpa alasan. Soalnya, aplikasi ini punya fitur yang lengkap, mulai dari pencatat makanan plus kalorinya, pelacak asupan nutrisi makro, protein, dan air, pelacak aktivitas seperti berjalan atau lari, serta masih banyak lagi.

Serunya, kamu bisa menyusun rencana diet yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu! Kamu juga bisa menghubungkan aplikasi ini dengan 50+ gadget kebugaran seperti smartwatch, loh. Yuk, unduh aplikasi ini!

Detail MyFitnessaPal
Tanggal rilis 26 April 2010
Developer MyFitnessPal,Inc
Versi 22.21.0
OS Minimal Android 5.0

iOS 14

>>Download MyFitnessPal di Google Play Store<<

>>Download MyFitnessPal di Apps Store<<

2. Calorie Counter by Fat Secret

Fatsecret 890fe
Sumber foto: Fatsecret punya fitur lengkap dan gratis - Google Play Store

Kedua, ada aplikasi Calorie Counter by Fat Secret. Aplikasi ini terkenal karena memiliki antarmuka yang mudah dipahami. Di sini, kamu dapat mencatat dan merencanakan pola makan dalam periode tertentu.

Tentu saja, fitur pelacak kalori, asupan nutrisi, dan lainnya disematkan di sini. Menariknya, kamu bisa mengetahui asupan nutrisi suatu makanan atau minuman hanya melalui foto, loh!

Ada juga fitur exercise diary untuk melacak olahragamu, weight tracker untuk melacak grafik berat badanmu, berbagai resep makanan sehat, serta komunitas yang berisi ahli dan pelaku diet yang bisa membantu kamu mencapai target ideal.

Detail Calorie Counter by Fat Secret
Tanggal rilis 19 Oktober 2022 (update)
Developer FatSecret
Versi 9.17.1
OS Minimal Android 5.0

iOS 13

>>Download Calorie Counter by FatSecret di Google Play Store<<

>>Download Calorie Counter by FatSecret di Apps Store<<

3. Calori Counter - MyNetDiary

MyNetDiary Cover 5b0a1
Sumber foto: MyNetDiary peringkat pertama Forbes dan American Journal of Preventive Medicine - Google Play Store

MyNetDiary adalah aplikasi hitung kalori makanan yang mendapat ranking pertama Best Calorie Counter Apps of 2022 dari Forbes dan American Journal of Preventive Medicine, loh! Nggak heran, sih, soalnya aplikasi ini memang menawarkan diary diet yang simple tapi super lengkap.

Di sini, kamu dapat mencatat asupan kalori harianmu dan memantau grafiknya. Kamu bisa mendapat informasi asupan nutrisi makanan melalui scan barcode dan mencatat tren olahraga dengan exercise tracking.

Nggak hanya itu, kamu bisa melacak asupan air harian, mencatat langkah harian, mengintegrasikan aplikasi ini dengan Google Fit dan Samsung Health, dan lainnya.

Di versi premiumnya, kamu akan mendapat tips dari dietitian dan pelatih olahraga tersertifikasi, mencari ide makanan sehat dari database berisi 370.000 resep, bahkan merencanakan diet spesifik seperti Low-Carb, Keto, High-Protein, Mediterranean, hingga Vegetarian. Lengkap banget, kan?

Detail Calorie Counter - MyNetDiary
Tanggal rilis 17 September 2020
Developer MyNetDiary.com
Versi 8.1.8
OS Minimal Android 8.0

iOS 14

>>Download MyNetDiary di Google Play Store<<

>>Download MyNetDiary di Apps Store<<

4. Lifesum: Healthy Eating and Diet

360a888b Dea9 430f B5e4 76b89bb38cf5 2t 949e5
Sumber foto: Lifesum mendukung berbagai macam diet sehat - Google Play Store

Mau ubah pola makan jadi lebih sehat? Yuk, instal dan gunakan Lifesum. Di sini, kamu bisa mencatat asupan kalori harian lengkap dengan tips diet sehat dan segudang meal plans yang bisa kamu coba.

Ada meal plans untuk diet Keto, paleo, detoks gula, fasting (puasa), dan lainnya. Selain itu, terdapat fitur scan barcode untuk memudahkan kamu mencatat kalori makanan kemasan.

Aplikasi hitung kalori ini juga punya kalkulator makro supaya kamu bisa menghitung asupan nutrisimu dengan mudah. Lifesum juga bisa dihubungkan ke Google Fit dan Samsung Health, loh! Yuk, unduh aplikasi ini.

Detail Lifesum: Healthy Eating and Diet
Tanggal rilis 16 Juni 2011
Developer Lifesum
Versi 16.0.0
OS Minimal Android 5.0

iOS 13

>>Download Lifesum di Google Play Store<<

>>Download Lifesum di Apps Store<<

5. Calorie Counter by Lose It!

Loseit Com Image 1000x779 F2fb2
Sumber foto: Lose It! punya 47 juta label makanan - Google Play Store

Lose It! juga bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi hitung kalori yang punya fitur cukup lengkap. Kamu dapat melacak asupan kalori, nutrisi makro, karbo, hingga vitaminmu dan melihat grafiknya per tiga hari.

Selain itu, database makanan dan minumannya mencapai 47 juta label, jadi nggak perlu khawatir makanan yang kamu santap nggak ada informasi nutrisinya. Tersedia pula fitur scan barcode untuk mempermudah penghitungan kalori dari makanan kemasan.

Yang menarik, aplikasi ini bisa terhubung dengan aplikasi kesehatan dan gadget-nya, seperti Fitbit trackers, Misfit trackers, Garmin trackers, Withings scales, Google Fit, Healthkit, dan lainnya. Unduh aplikasinya sekarang!

Detail Calorie Counter by Lose It!
Tanggal rilis 24 Juli 2011
Developer FitNow, Inc
Versi 14.5.702
OS Minimal Android 5.0

iOS 14

>>Download Lose It! di Google Play Store<<

>>Download Lose It! di Apps Store<<

6. Cronometer - Calorie Counter

Maxresdefault 6ae9a
Sumber foto: Cronometer bisa input BMI dan BMR - Google Play Store

Aplikasi hitung kalori makanan yang recommended selanjutnya adalah Cronometer. Dengan antarmuka yang bersih dan minimalis, aplikasi ini mampu membantu kamu menyusun pola makan sehat sehari-hari.

Lacak asupan kalori, protein, karbohidrat, hingga kolesterol dengan mudah. Kamu juga bisa meng-input data suplemen dan vitamin yang sudah kamu minum. Selain itu, kamu juga bisa mencatat makanan restoran populer tanpa perlu menghitung ulang nutrisinya.

Di versi Gold-nya, kamu dapat menikmati sejumlah fitur unggulan seperti aplikasi bebas iklan, costum diary food, membuat grafik asupan nutri ke tubuhmu, input _Body Mass Index (BMI), Basal Metabolic Rate (BMR), activity level,_ hingga persentasi lemak tubuh.

Detail Cronometer - Calorie Counter
Tanggal rilis 13 Juli 2016
Developer Cronometer Software, Inc
Versi 3.24.2
OS Minimal Android 5.0

iOS 14

>>Download Cronometer di Google Play Store<<

>>Download Cronometer di Apps Store<<

7. Hitung Kalori: Aplikasi Diet

3 5 A5ea3
Sumber foto: Aplikasi Hitung Kalori buatan pengembang Indonesia - Google Play Store

Terakhir, ada aplikasi penghitung kalori makanan buatan anak bangsa, yaitu Hitung Kalori. Di sini, kamu bisa mencatat berapa kalori yang masuk ke tubuhmu setiap harinya, mulai dari saat sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Aplikasi ini punya database puluhan ribu merk makanan dan minuman khas Indonesia. Jadi, nggak perlu khawatir kesulitan mencatat informasi nutrisi jajanan lokal favoritmu.

Oh ya, kamu juga bisa meng-input target berat badanmu dan seberapa cepat kamu ingin mencapainya. Kalau ingin cepat, maka target pengurangan kalorinya akan semakin besar, dan sebaliknya. Simple tapi berguna banget!

Detail Hitung Kalori: Aplikasi Diet
Tanggal rilis 18 Juli 2018
Developer CKC Dev
Versi 2.20c
OS Minimal Android 5.0

iOS 14

>>Download Hitung Kalori: Aplikasi Diet di Google Play Store<<

Akhir Kata

Nah, demikian rekomendasi tujuh aplikasi hitung kalori yang cocok untuk membantu dietmu, baik itu menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, atau menjadi lebih sehat.

Aplikasi ini legal karena tersedia di platform resmi. Selain itu, rata-rata rating aplikasinya mencapai lebih dari 4/5 dari puluhan ribu ulasan. Jaka akan mencoba mengurutkan tujuh aplikasi penghitung kalori makanan gratis sesuai dengan fitur dan layanannya.

  • MyFitnessPal
  • Calorie Counter by Fat Secret
  • Calori Counter - MyNetDiary
  • Lifesum: Healthy Eating and Diet
  • Calorie Counter by Lose It!
  • Cronometer - Calorie Counter
  • Hitung Kalori: Aplikasi Diet

Baca juga artikel Health Tech, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal