J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ada Iron Man! 5 Teknologi HOAX Ini Pernah Menghebohkan Indonesia

Ada Iron Man! 5 Teknologi HOAX Ini Pernah Menghebohkan Indonesia

Minggu, 4 Feb 2018, 15:00 WIB
Beberapa kali kita sempat dibuat kagum dengan penemuan-penemuan berbau teknologi ciptaan anak bangsa. Sayangnya kita dikecewakan karena semuanya selalu berujung hoax. Lima teknologi ini contohnya.

Selain dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Indonesia nyatanya juga jadi salah satu negara yang populer dengan peredaran hoax-nya. Berbagai berita simpang siur memang kerap menghiasi pemberitaan baik itu di media konvensional, elektronik, hingga media sosial.

Bahkan, hoax juga merambah dunia teknologi di Indonesia. Beberapa kali kita sempat dibuat kagum dengan penemuan-penemuan berbau teknologi ciptaan anak bangsa. Sayangnya kita dikecewakan karena semuanya selalu berujung hoax. Seperti 5 teknologi di bawah ini yang sempat membuat kita berdecak kagum dan berharap banyak, namun terbukti hanya hoax semata.

BACA JUGA
  • Baca Berita Hoax di Internet, Elly Risman Dituntut K-Popers!
  • Bikin Pintar! Game Ini Menguji Kemampuanmu dalam Membedakan Berita Hoax
  • Kamu Tertipu! Ini Dia 6 Hoax Terpopuler Yang Ada di Facebook

5 Teknologi HOAX Ini Pernah Menghebohkan Indonesia

1. Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH)

Plth

Seorang tukang servis dinamo asal Malang bernama Slamet Haryanto atau yang lebih dikenal dengan Mbah Embing sempat bikin heboh berkat penemuannya. Terang saja, Mbah Embing 'sukses' menemukan sebuah generator yang dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH).

Sesuai dengan namanya, pembangkit listrik tersebut tidak memerlukan sumber energi apa pun alias hanya butuh kehampaan. Gilanya, banyak orang termasuk seorang Menteri BUMN Dahlan Iskan, sampai memesan generator buatan Mbah Embing tersebut. PLTH itu akhirnya diketahui merupakan kebohongan semata karena Mbah Embing ternyata melakukan trik yaitu menyambungkan aliran listrik ke generator lewat bawah tanah.

2. Nutrisi Saputra

Nutrisi Saputra

Kalau penemuan sebelumnya sukses menarik perhatian menteri, kali ini giliran presiden yang sukses dijebak. Pemuda bernama Umar Hasan Saputra pada 2006 lalu diyakini menemukan sebuah pupuk ajaib yang mampu meningkatkan produksi padi secara signifikan. Hal itu dikarenakan nutrisi tinggi yang ada pada pupuk temuannya tersebut.

Sayangnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu masih menjabat sebagai presiden akhirnya harus menanggung malu. Sempat yakin pada temuan Saputra dan menyuruh para menteri membiayai pengembangan pupuk tersebut, akhirnya terungkap jika pupuk itu tak semanjur yang dikabarkan.

3. Padi Super Toy HL-2

Padi Super Toy

Yang satu ini tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Lagi-lagi Pak SBY tertarik dengan penemuan hebat yang berbau pertanian. Padi super toy ini diyakini sanggup menghasilkan hasil panen sebanyak tiga kali lipat dari padi normal.

Iming-iming tersebut jelas kembali menggerakkan SBY dan menteri-menterinya untuk membantu proyek padi super toy tersebut. Sayangnya setelah akan memasuki masa panen, padi-padi tersebut ditemukan banyak yang bertumbangan akibat ukurannya yang terlalu tinggi. Jadi bukan lagi padi super toy, melainkan berubah jadi padi letoy.

4. Blue Energy

Blue Energy

Indonesia pernah santer diberitakan bisa menghasilkan bahan bakar yang diproduksi dari air. Kedengarannya mustahil, namun Pak SBY juga pernah memamerkan penemuan ini bahkan sampai di sebuah event besar yaitu Konferensi Perubahan Iklim di Bali.

Bahan bakar blue energy ini digadang-gadang bisa menjadi bahan bakar semua kendaraan, termasuk pesawat terbang. Namun, lagi dan lagi temuan seorang bernama Joko Suprapto itu diketahui merupakan penipuan semata. Pada akhirnya, Joko sendiri ditangkap pihak berwajib dan dihukum penjara selama 3,5 tahun.

5. Iron Man Bali

Iron Man Bali

Penemuan teknologi yang satu ini terbilang unik. Seorang yang berprofesi sebagai tukang las bernama I Wayan Sutawan alias Tawan itu sukses menarik perhatian seluruh tanah air. Pria asal Bali itu menciptakan lengan robot ala superhero Iron Man.

Tawan mengaku bahwa lengan tersebut bekerja berdasarkan perintah langsung dari otaknya dengan alat pemicu yang ada di kelapanya. Namun, hal itu kemudian dibantah oleh sejumlah peneliti yang melihat langsung wujud lengan tersebut. Mereka menyatakan mustahil mewujudkan kendali lengan robot oleh otak karena lengan robot tersebut dibuat tanpa proses komputerisasi.

Akhir Kata

Itulah 5 teknologi yang sempat menghebohkan Indonesia namun berujung hoax. Meski demikian, kita harus tetap support karya-karya anak bangsa termasuk dalam bidang teknologi ya. Asalkan, jangan hoax atau bohong semata.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Shutterstock Hoaxitb

Cara Mengetahui Berita Hoax Yang Sudah Teruji di ITB

70ba040a17e849dfb91527828c49f811

7 Hoax Video Game Ini Sukses Membodohi Gamer Bertahun-tahun, Kamu Kena Juga?

Alasan Orang Menyebarkan Hoax Banner

Jangan Ditiru! Ini 5 Alasan Orang Suka Sebarkan Hoax

Berita Hoax

Cara Ampuh Mendeteksi Berita Hoax Di Internet dengan Turn Back Hoax

Solusi Jika Menyebarkan Hoax Banner

Awas Dipenjara! Lakukan 4 Hal Ini Jika Terlanjur Menyebar Hoax!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Joy Locker Technology Icon
joy locker Technology 6.0
Apps Fun2Soft
Newsloop
News Loop 3.1.10
Apps SingTel Idea Factory Pte Ltd
Newsstand
Google Play Newsstand 3.3.1
Apps Google Inc.
Navigasi Net
Peta Indonesia 3.6.3
Apps navigasi.net
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal