5 Teknologi Sehari-hari Ini Ternyata Awalnya Dibuat dengan Tujuan Mulia

Default

Dalam kehidupan sehari, kita dikelilingi oleh banyak benda/teknologi yang nampaknya begitu umum. Sehingga kita bahkan tidak berhenti memikirkan mengapa hal tersebut benar-benar dibutuhkan dan bagaimana bisa penampilan benda-benda itu membuat orang senang melihatnya. Hal-hal seperti apakah itu?.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa hal yang hampir kita jumpai setiap hari tapi sering luput dari perhatian. Padahal hal-hal tersebut memiliki tujuan yang mulia, yaitu untuk mempermudah seseorang melakukan sesuatu. Dilansir dari Brightside.me berikut 5 Teknologi Sehari-hari Ini Ternyata Awalnya Dibuat dengan Tujuan Mulia.

BACA JUGA
  • 10 Fakta Seputar Dunia Teknologi yang Jarang Diketahui
  • 5 Penemuan Teknologi Canggih Zaman Dahulu yang Kini Telah Menghilang
  • 7 HOAX Teknologi yang Paling Banyak Dipercaya Hingga Saat Ini

5 Teknologi Sehari-hari Ini Ternyata Awalnya Dibuat dengan Tujuan Mulia

1. Lubang pada Donat

Donat 74aa2
Sumber foto: brightside.me

Benda yang pertama adalah lubang pada donat. Cemilan yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan di perkotaan. Sebenarnya donat ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Hingga kini donat sudah berkembang dengan berbagai varian rasa dan toping.

Pada masa lalu, seseorang yang mengonsumsi donat kerap merasa kesulitan untuk memakan dan memegangnya karena ukurannya yang cukup besar. Oleh karena itu, donat didesain ulang dengan memberi lubang ditengahnya. Hal tersebut bertujuan agar donat lebih mudah dipegang dan dimakan.

2. Kacamata

Kacamata 94f90
Sumber foto: brightside.me

Kebanyakan dari kita pasti beranggapan bahwa benda ini hanya memiliki satu tujuan, yaitu sebagai pelindung mata. Namun ternyata, kacamata punya tujuan lain lho. Kacamata hitam sendiri ditemukan oleh orang-orang Arktik sebagai alat pelindung mata dari salju yang menyilaukan karena terkena sinar matahari.

Kacamata menyebar luas hingga ke negeri tirai bambu, Cina. Pada abad ke-12, para hakim di Cina banyak yang menggunakan kacamata. Mengapa para hakim pada saat itu menggunakan kacamata? Hal tersebut bertujuan untuk menyembunyikan emosi yang sebenarnya dari para saksi. Entah itu emosi sedih atau marah.

3. Lingkaran-lingkaran Kecil pada Bola Golf

Bola Golf Bb143
Sumber foto: brightside.me

Berikutnya ada hal mengenai bola golf. Pada awalnya bola pada permainan ini didesain mulus, tanpa lingkaran-lingkaran kecil seperti sekarang. Seiring berjalannya waktu, melalui banyak percobaan dan kegagalan para pemain golf sadar bahwa bola yang mulus cenderung cepat lecet, rusak, dan retak.

Oleh karena itu, pabrikan bola golf melihat kecenderungan buruk ini dan mulai mengganti bola golf dengan jenis baru. Bola golf yang baru dibuat dengan lingkaran-lingkaran kecil pada bola berukuran tak terlalu besar itu. Bola pun dibuat lebih berat.

4. Lubang pada gembok

Gembok 920e9
Sumber foto: brightside.me

Gembok sering digunakan untuk mengunci pagar dan pintu bagian yang berada di luar. Sehingga gembok pun rentan terkena hujan, dan ujung-ujungnya karatan. Ketika itu terjadi, gembok tidak akan berfungsi secara semestinya.

Saat gembok sudah berkarat, banyak orang yang menggantinya dengan yang baru karena sudah tak bisa digunakan. Namun, ternyata ada solusi mengenai karatan pada gembok. Solusi tersebut ada pada lubang pada bawah gembok. Lubang tersebut bertujuan untuk tempat menuangkan oli agar saat kunci masuk pada gembok dapat diputar lagi.

5. Garis pada Jack Headphone

Jack Headphone B4080
Sumber foto: brightside.me

Nah, yang terakhir ada hal mengenai headphone. Apakah Anda menyadari bahwa semua jack headphone memiliki dua atau tiga garis strip?. Mereka dibuat bukan hanya untuk hiasan saja. Ada kabel yang menuju ke kedua headphone dari setiap garis. Jika tidak ada garis tersebut, Anda hanya akan mendengar salah satu headphone, sementara yang lainnya tidak berfungsi.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 Teknologi Sehari-hari Ini Ternyata Awalnya Dibuat dengan Tujuan Mulia. Terkadang hal seperti itu luput dari perhatian kita. Kita cenderung lebih fokus pada tujuan utamanya. Padahal tujuan atau fungsi lain dari hal-hal tersebut dapat memberi manfaat lebih dari benda yang kita gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan pendapatmu di kolom komentar ya.

ARTIKEL TERKAIT
B597e1b9d4e5c337ca304c88be373d78
5 Penemuan Jenius yang Justru Malah Membahayakan Umat Manusia
Shao Kahn A3941
5 Boss Game Ini Cuma Bisa Dikalahkan Oleh Gamer Dewa, Kamu Gak Usah Nyoba Deh..
Kenapa Laptop Lemot 245cc
Kenapa Laptop Lemot Setelah Beberapa Tahun Digunakan?
Game Java Terbaik Sepanjang Masa Banner 6a28c
10 Game Java Terbaik di HP Nokia & Sony Ericsson, Bikin Nostalgia!
Unfair Mario 104cb
Bukannya Bikin Senang, 5 Game Ini Malah Bikin Kamu Murka Jika Dimainkan Saat Bete
APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
9gag Icon Icon
9GAG 2.20.32
Apps 9GAG
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal