Sempat Menjadi Sensasi, 7 Sumber Energi Baru ini Gagal Berkembang, No. 2 Terkenal Banget

Hingga kini telah banyak sumber energi yang menyuplai kebutuhan energi di seluruh belahan dunia, seperti minyak bumi, generator hingga yang paling sensasional, yakni nuklir. Namun, perlu diketahui bahwa jauh sebelum saat ini, ternyata ada berbagai sumber energi yang digadang-gadang menjadi sumber energi baru di dunia.

Namun, bak ditelan bumi, berbagai sumber energi baru tersebut kini menghilang sebelum sempat berkembang. Padahal jika berbagai sumber energi tersebut sukses dikembangkan, maka akan memunculkan variasi energi yang berimbas memudahkan kehidupan manusiawi. Seperti yang dikutip dari Lite Verse, berikut ini 7 sumber energi baru yang gagal berkembang.

BACA JUGA
  • NAZI Berkoalisi Dengan Alien Reptil?! Ini 5 Konspirasi Misi Luar Angkasa Paling Gila di Dunia
  • 7 Fakta Menarik tentang Shenzhen, Silicon Valley-nya China!
  • 10 Teknologi di Sekitarmu yang Diprediksi Bakal Punah dari Peradaban

Sempat Menjadi Sensasi, 7 Sumber Energi Baru ini Gagal Berkembang, No. 2 Terkenal Banget

1. Coal Gas Vehicles

100327gazogene Picsay Fdc81
Sumber foto: Sumber foto: islandbreath.blogspot.com

Pada masa Perang Dunia I, sebagian besar pasokan gas dan minyak dialihkan untuk penggunaan dibidang militer, sehingga mobil digerakkan menggunakan teknologi gas batu bara. Cara pemanfaatannya dengan memanaskan batu bara di dalam oven yang tertutup oksigen dan kemudian menyaring sebelum didistribusikan. Namun, karena banyaknya kantong gas yang diimprovisasikan pada mobil membuat bahaya kebakaran dan tenaga mobil berkurang, sehingga teknologi tersebut tidak dilanjutkan.

2. Tesla Tower

8a Tesla Tower Picsay 02510
Sumber foto: Sumber foto: common.wikimedia.org

Pada tahun 1901, Nikola Tesla membangun menara tembaga setinggi 56 meter di labnya di Long Island. Menara bernama Wardenclyffela Tower atau Tesla Tower ini bertujuan untuk mengirimkan sinyal listrik nirkabel ke seluruh dunia dengan tidak menggunakan energi apa pun.

Pada tahap awal berjalan positif, namun Tesla kekurangan dana ketika ilmuwan saingannya, Guglielmo Marconi, menyelesaikan sinyal telegraf nirkabel pertama di dunia. Namun, banyak teori yang beredar tentang gagalnya teori Tesla, salah satunya adalah dapat mengancam industri minyak.

3. Sugar

Microfueler Picsay D60b8
Sumber foto: Sumber foto: designmund.com

Saat harga bahan bakar melambung tinggi, para petani AS mulai memproduksi bahan bakar sendiri menggunakan alkohol. Caranya yakni dengan mengekstrak gula dari jagung, yang menghasilkan campuran etanol-diesel Agrol yang kemudian menjadi bahan bakar etanol murni. Namun, perkembangan energi ini tidak berlanjut karena keterbatasan alat dan bahan. Selain itu, mobil yang berjalan menggunakan etanol murni tergolong ilegal di AS.

4. Tornadoes

6 AVE Picsay 580f4
Sumber foto: Sumber foto: vortexengine.ca

Mesin tornadoes atau atmospheric vortex engine (AVE) adalah sebuah mesin yang bertujuan untuk meniru pusaran seperti tornado untuk menghasilkan energi mekanik. Caranya, yakni dengan memanaskan udara dari bawah dengan gerakan melingkar, kemudian panas yang dibawa oleh konveksi kuat dikumpulkan oleh generator. Teknologi yang dirancang oleh Insinyur Louis Michaud ini telah menghasilkan beberapa prototipe sejak 1970-an. Namun, kini mesin penghasil energi ini lenyap akibat berbagai alasan yang sulit dijelaskan.

5. Diapers

5b Dirty Diaper 172945062 Picsay 6dfeb
Sumber foto: Sumber foto: liteverse.com

Pada 2007, sebuah perusahaan rekayasa asal Kanada, AMEC membuat rencana untuk mengubah popok bekas menjadi energi. Serat dan kotoran plastik yang terdapat dalam popok bekas tersebut akan terurai dengan baik dalam pirolisis (pemanasan tanpa oksigen). Sempat digadang-gadang sebagai terobosan baru, namun nyatanya kini hal tersebut tidak berlanjut.

6. Nuclear Planes

18164104 124173 1030 Picsay 324f5
Sumber foto: Sumber foto: news.rambler.ru

Pesawat berenergi nuklir ini diciptakan oleh Uni Soviet saat Perang Dingin berlangaung hingga tahun 1960-an. Prinsip umumnya adalah udara yang masuk akan dipanaskan oleh inti reaktor sebelum melewati ruang bertekanan untuk menghasilkan dorongan yang diubah menjadi energi. Namun, masalahnya adalah bagaimana cara melindungi awak pesawat dari radiasi dan masalah pemasangan reaktor yang agak besar dan berat di bagian belakang pesawat. Hal tersebut membuat pesawat berenergi nuklir ini hanya menjadi sebuah kenangan.

7. Propeller Car

9c9202b7983c95f1c009ac3fffdadeca Picsay 3e68d
Sumber foto: Sumber foto: pinterest.co.uk

Cukup aneh, namun mobil bertenaga baling-baling tersebut pernah menghebohkan sebuah pedesaan di Prancis pada 2000. Mobil bernama Helicon ini adalah mobil bertenaga baling-baling yang diperkirakan dibangun pada 1932, baling-baling tersebut diletakkan pada bagian depan mobil dengan harapan dapat menyuplai energi untuk menggerakkan mobil. Hal itu membuat setir kemudi dipindah ke roda belakang. Namun, karena sulit untuk dikendarai dan tenaga mobil yang lemah, membuat mobil berenergi unik ini lenyap.

Itulah 7 sumber energi baru yang gagal berkembang. Alasan beberapa sumber energi baru tersebut gagal berkembang, umumnya adalah minimnya teknologi pendukung hingga dana untuk menyuplai berbagai bahan keperluan yang sangat minim.

ARTIKEL TERKAIT
SampulJT 536e3
4 Sosial Media Populer Ini Diciptakan Orang-Orang Gagal Sekolah, Kalah Sarjana Jaman Now!
Tomb Raider Underworld Lara Croft Falling Picsay 62059
7 Game Seru dengan Karakter Wanita Cantik nan Seksi
Steth Hero1 1 Picsay 1 B59b9
6 Gagdet Super Canggih yang Ditemukan Oleh Anak-anak
Cara Aman Mengunci Aplikasi Android F6e59
Cara Aman Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Root
284 Super Mario Bros Picsay F92f9
7 Peristiwa Paling Memalukan Dalam Sejarah Industri Video Game
APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Logo Mainspring Babe Icon
BaBe+ - Berita Indonesia 4.6.4
Apps Mainspring
Icon_sc
SoulCraft 2.7.4
Games
Plants Vs Zombies 2 Icon
Plants vs. Zombies 2 7.9.3
Games EA Swiss Earl
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal