Punya Mata Super! 5 Suku di Dunia Ini Memiliki Kemampuan Ajaib, Ada Wakanda?

Default

Suku-suku yang hidup di wilayah pedalaman selalu memiliki cara unik untuk bertahan hidup, mereka juga tetap mempertahankan eksistensinya di tengah hingar bingar kehidupan modern. Bahkan banyak di antara suku-suku yang tersebar di berbagai belahan dunia tersebut yang memiliki kemampuan ajaib.

Seperti orang-orang dari sebuah sebuah suku yang mampu menyelam di bawah air dalam waktu lama tanpa bantuan apapun, hingga ada yang berkomunikasi menggunakan siulan. Kemampuan tersebut mereka dapatkan secara alami dan telah dibuktikan melalui beberapa penelitian oleh ilmuan.

Kemampuan ajaib yang mereka miliki juga menjadi anugrah tersendiri yang kemudian akan memudahkan mereka untuk bertahan hidup, seperti berburu, bekerja dan lain sebagainya. Apa saja sih suku-suku di dunia yang memiliki kemampuan ajaib? Seperti yang dirangkum dari List Verse, berikut ini 5 Suku di Dunia yang Memiliki Kemampuan Ajaib.

BACA JUGA
  • 7 Panutan Generasi Micin yang Terkenal Secara Instan Lewat Instagram
  • 5 Gadget Canggih yang Bisa Menyelamatkan Nyawa Seseorang
  • Ga Perlu Beli Kuota! Ini 5 Aplikasi Internet Gratis Tanpa Root

Punya Mata Super! 5 Suku di Dunia Ini Memiliki Kemampuan Ajaib, Ada Wakanda?

1. Suku Bajau (Indonesia)

Suku Bajau 08713
Sumber foto: noticierouniversal.com

Suku Bajau merupakan suku nomaden yang sering tinggal di beberapa wilayah di Indonesia. Suku ini memiliki kemampuan unik, yakni mampu menyelam di bawah air dalam waktu yang lama tanpa bantuan alat selam apapun. Rata-rata mereka dapat menghabiskan waktu di bawah air selama 13 menit, hal tersebut sangat luar biasa karena umumnya orang biasa hanya sanggup menyelam tanpa bantuan alat selam selama sekitar 2 menit saja.

Peneliti dari Cambridge University menemukan bahwa orang Bajau dapat melakukan ini karena tubuh mereka sudah beradaptasi dengan kegiatan menyelam. Sehingga hal itu menyebabkan kompresi limpa mereka meningkat hingga 50 persen, hal ini akan mengurangi penggunaan oksigen sehingga memungkinkan mereka untuk tetap berada di bawah air lebih lama. Dalam kasus orang Bajau, mereka memiliki gen unik yang meningkatkan sekresi hormon tiroid T4, yang menyebabkan limpa menjadi lebih besar.

2. Suku Moken (Thailand)

Suku Moken C4b1c
Sumber foto: buzzworthy.com

Hampir mirip dengan Suku Bajau, Suku Moken di Thailand Barat ini bisa melihat dengan jernih saat di bawah air. Pada tahun 1999, Anna Gislen, seorang peneliti dari University of Lund, melakukan perjalanan ke Thailand untuk tinggal bersama orang-orang suku Moken dan mempelajari kekuatan super mereka. Ia menyadari bahwa penglihatan anak-anak suku Moken dua kali lebih baik saat di bawah air daripada anak-anak di Eropa.

Menariknya, hal itu tidak terjadi pada orang dewasa di Suku Moken. Hal itu disebabkan karena anak-anak dapat menyempitkan pupil mereka dan mengubah bentuk lensa mata mereka, sehingga mereka lebih mudah melihat saat di bawah air. Sedangkan orang dewasa suku Moken tidak dapat melihat bawah air dengan baik karena lensa mereka sudah kaku, sama seperti orang dewasa di tempat lain.

3. Suku Tsimane (Bolivia)

Suku Tsimane Adff0
Sumber foto: wiredbugs.com

Orang-orang Suku Tsimane di Bolivia diklaim sebagai orang tersehat di dunia, hal itu karena mereka memilki risiko penyakit jantung terendah di dunia. Pada rentang tahun 2004 sampai 2015, peneliti telah menguji ratusan suku dan menemukan bahwa 90 persen memiliki arteri yang jelas, dan secara langsung menyebabkan risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Pada saat yang sama, mereka juga memiliki tekanan darah, kolesterol, dan gula darah yang rendah.

Para peneliti mengaitkan keunikan ini dengan pola makan dan gaya hidup orang-orang Tsimane. Mereka mengonsumsi karbohidrat yang tidak diolah bersama dengan sedikit lemak dan protein. Sedangkan mereka mendapatkan protein dari hewan yang mereka buru dan ikan yang mereka tangkap. Mereka juga sangat aktif dan bekerja berjam-jam setiap hari.

4. Suku Hmong (China)

Suku Hmong 30967
Sumber foto: bbc.com

Whistling merupakan mode komunikasi khas dari orang Suku Hmong, China. Suku Hmong sendiri tinggal di kaki Gunung Himalaya, mereka terbiasa bersiul untuk saling berkomunikasi antara satu sama lainnya. Mereka mengerti arti dari setiap siulan seseorang namun tidak bisa mengenali dari siapa siulan tersebut berasal, mengingat setiap siulan tidak memiliki ciri khas tertentu.

Selain suku Hmong, salah satu suku di Kepulauan Canary juga berkomunikasi melalui siulan atau yang disebut dengan Silbo Gomero. Bahkan siulan mereka terdengar sangat mirip dengan kicau burung sehingga beberapa burung menirunya. Dalam sejarah, suku Berber dari Afrika Utara juga menggunakan siulan untuk menyampaikan pesan rahasia selama perlawanan mereka melawan Prancis.

5. Suku Aborigin (Australia)

Suku Aborigin 6ccb8
Sumber foto: australia-tours.com.ua

Suku Aborigin, Australia rata-rata memiliki penglihatan empat kali lebih baik daripada rata-rata orang biasa. Beberapa orang suku Aborigin bekerja sebagai pemberi informasi untuk tentara Australia karena mereka dapat melihat musuh pada jarak yang sangat jauh. Mereka juga digunakan untuk melihat perahu imigran gelap dan perahu nelayan ilegal di perairan Australia.

Penglihatan super ini diyakini sebagai hasil dari aktivitas berburu yang dilakukan mereka, karena saat berburu mereka membutuhkan penglihatan yang luar biasa untuk menangkap buruan. Sayangnya, hal itu tak berlaku bagi semua orang suku Aborigin, karena hanya beberapa orang saja yang memiliki kemampuan penglihatan luar biasa tersebut.

Akhir Kata

Itulah 5 Suku di Dunia yang Memiliki Kemampuan Ajaib. Salah satu di antaranya adalah suku Bajau yang berasal dari wilayah Kalimantan dan Indonesia bagian timur. Namun sayangnya keberadaan mereka cenderung sulit ditemui karena tinggalnya nomaden.

[artikelmenarikcara-menabung-kuota-internet-android-google-datally,cara-backup-whatsapp-ke-hp-lain,anime-romance-terbaik,produk-aneh-xiaomi,kasus-video-game[/artikelmenarik]

APPS TERKAIT
Fortnite Battle Royale A8c86
Fortnite for Android Terbaru
Apps Epic Games, Inc.
GameGuardian
Game Guardian 92.0
Apps Game Guardian
Lucky Patcher Cheat Game Android Icon
Lucky Patcher 8.7.4
Apps Lucky Patcher
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal