J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Fakta Menakjubkan yang Dilakukan China Dalam Menyensor Internet

              7 Fakta Menakjubkan yang Dilakukan China Dalam Menyensor Internet

              00
              Kamis, 9 Agt 2018, 15:00 WIB
              Namun di balik itu semua, ternyata pemerintah China sangat ketat dalam membatasi konten-konten yang tersebar di internet. Salah satu buktinya adalah saat mereka mengambil langkah tegas dengan memblokir berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube dan lain sebagainya.

              China dikenal sebagai negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi sangat pesat, bahkan China berpotensi menjadi negara maju untuk beberapa tahun ke depan. Terbukti kini barang-barang elektronik dari China mulai ekspansi ke seluruh belahan dunia. Salah satu yang mencuri perhatian adalah smartphone-smartphone dari China kini telah mulai menguasai pasar smartphone di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

              Namun di balik itu semua, ternyata pemerintah China sangat ketat dalam membatasi konten-konten yang tersebar di internet. Salah satu buktinya adalah saat mereka mengambil langkah tegas dengan memblokir berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube dan lain sebagainya.

              Daripada penasaran berikut ini 7 Fakta Menakjubkan yang Dilakukan China Dalam Menyensor Internet seperti yang durangkum dari List Verse.

              BACA JUGA
              • Cara Mengganti Server Mobile Legends ke China dan Eropa, Lebih Gampang Menang!
              • Gak Cuma Barang Elektronik, Makanan dan Minuman Ini Juga Dipalsukan di China
              • KOK GITU?! 7 Poster Film China Ini Ternyata Menjiplak Film Hollywood

              7 Fakta Menakjubkan yang Dilakukan China Dalam Menyensor Internet

              1. Memblokir URL

              10 Blocked Urls Picsay E31ab
              Sumber foto: toptenz.net

              Pembatasan internet di China memang begitu luar biasa, bahkan pada awal 2016 lalu tercatat China telah memblokir lebih dari 6.500 domain yang berbeda, termasuk hampir 150 dari 1.000 domain teratas di Web. Jadi banyak ekspatriat di China yang terpaksa harus membayar layanan VPN untuk mengakses bernagai situs web yang pusatnya telah diblokir oleh pemerintah.

              Bahkan beberapa media sosial terkenal sudah tidak dapat beroperasi di China, seperti Google, Facebook, Twitter, IMDb, YouTube dan lain sebagainya. Diawali dengan pemblokiran Facebook pada pertengahan 2009 silam dan disusul dengan pemblokiran media sosial lainnya seperti Google, YouTube, Twitter, dan lain sebagainya.

              2. Memblokir Ratusan Ribu Konten

              9 Internet Content Ban Picsay E4359
              Sumber foto: toptenz.net

              Penyaringan konten di China begitu ketat, pemerintah tak ragu untuk memblokir konten-konten yang menurut mereka tidak pantas. Bahkan pada tahun 2014, pihak berwenang China telah melarang penggunaan istilah-istilah gaul tertentu dalam iklan dan acara TV. Hasilnya para produser TV dipaksa untuk menggunakan istilah tradisional China dan berhenti menggunakan istilah-istilah kekinian dalam setiap karyanya.

              Sensor pada acara televisi juga sangat ketat, terbukti pada tahun 2011 otoritas China melarang acara TV tentang perjalanan waktu, baik itu yang disiarkan di televisi maupun streaming online. Selain itu pemerintah juga tak segan-segan untuk memblokir nama-nama akun sosial media yang kontroversi, baik yang menyinggung pemerintah, mengolok-olok pemerintah maupun hal-hal yang berisiko menimbulkan pertikaian.

              3. Menangkap Netizen Nakal

              6 Liu Xiaobo Picsay 102f7
              Sumber foto: toptenz.net

              Pada tahun 2012, China menangkap seorang blogger bernama Zhai Xiaobing, usut punya usut blogger tersebut telah membuat lelucon yang dinilai menyinggung golongan tertentu. Alhasil ia harus rela ditangkap oleh polisi Tiongkok untuk mempertanggung jawabkan tindakannya tersebut. Zhai hanyalah satu contoh dari berbagai kasus serupa yang terjadi di China, karena nyatanya mereka telah menahan banyak pembangkang dan aktivis untuk menyebarkan konten online yang kontroversial.

              4. Menyembunyikan Postingan di Media Sosial

              7 Poof Picsay 55fb1
              Sumber foto: toptenz.net

              China memiliki sebuah sensor yang bertugas mengawasi setiap postingan di media sosial, kemudian sensor ini secara otomatis dapat menghapus akun atau menangguhkan sementara. Namun sensor ini akan bekerja lebih rumit pada platform populer seperti Sina Weibo, dan lain sebagainya. Sensor ini memungkinkan untuk menyensor postingan seseorang sehingga postingan tersebut hanya dapat dilihat oleh orang yang mempostingnya.

              Pengguna tersebut tidak menyadari bahwa postingannya telah dihapus karena masih dapat dilihatnya. Namun pada kenyataannya, postingan tersebut telah hilang dan tidak ada pengguna lain yang dapat melihatnya. Taktik ini terbukti efektif untuk membatasi konten-konten tertentu yang berisiko menimbulkan ketegangan.

              5. Pengawasan Ketat Terhadap Video Game dan Musik

              5a Whitelisted Video Game Picsay 57d6c
              Sumber foto: toptenz.net

              Video game dan musik juga masuk dalam radar penyensoran, oleh itu pemerintah sangat membatasi peredaran video game dan musik yang di kalangan masyarakat. Setiap video game asing harus terlebih dahulu mendapat izin dari Kementerian Kebudayaan China sebelum dapat dirilis secara sah di China. Hal inilah yang membuat game asing seperti World of Warcraft dan League of Legends selalu memiliki server terpisah untuk daratan Cina.

              Versi game asing yang diluncurkan di China telah diubah dan disensor untuk memastikan bahwa mereka telah lulus dari pemeriksaan Kementerian Kebudayaan. Tak heran jika ada game-game tertentu yang dicekal di China, seperti Battlefield 4. Hal tersebut disebabkan karena otoritas China mengatakan bahwa game itu dapat mengancam kepentingan nasional Cina.

              6. Memblokir Pencarian Tertentu

              Bing1 Picsay 44d19
              Sumber foto: universidaddelinternet.com

              Ada berbagai kata kunci pencarian yang telah diblokir oleh pemerintah China, hal tersebut bertujuan untuk menghindari penyebaran informasi yang tidak diinginkan. Salah satu contohnya China memblokir pencarian untuk salah seorang politikus yang sangat dihormati terjerat sebuah skandal. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat Google resmi meninggalkan China pada tahun 2010.

              7. Mematikan Seluruh Konektivitas Internet

              1 Xinjiang Province Picsay 49479
              Sumber foto: TUBS

              China pernah melakukan hal ini pada Juli 2009, tepatnya saat provinsi Xinjiang barat tengah dilanda kerusuhan etnis yang merenggut nyawa hampir 200 orang. Kemudian pemerintah dengan tegas menutup seluruh akses Internet untuk seluruh provinsi dan memulihkannya hingga hampir setahun kemudian. Alhasil hampur 20 juta penduduk diprovinsi tersebut mengalami mati suri akibat ketiadaan akses internet. Hampir semua aktivitas, termasuk bisnis masyarakat China berhubungan dengan internet.

              Akhir Kata

              Itulah 7 Fakta Menakjubkan yang Dilakukan China Dalam Menyensor Internet. Kita seharusnya bersyukur masih bisa berselancar di dunia maya tanpa batasan-batasan yang begitu rumit, oleh karena itu marilah kita menggunakan internet dengan bijak.

              APPS TERKAIT
              Jalantikus Icon
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Buzz Up Viral Videosok Icon
              Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
              Apps Mainspring
              Youtube Icon
              YouTube
              Apps Google Inc.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal