J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Robot Asli Karya Anak Bangsa Indonesia yang Diakui Dunia

6 Robot Asli Karya Anak Bangsa Indonesia yang Diakui Dunia

Selasa, 17 Okt 2017, 12:00 WIB
Dalam berprestasi, Jangan mau kalah sama karya anak muda dari luar negeri guys. Nah, supaya lebih memotivasi, berikut ini Jaka bakal kasih tahu beberapa karya anak bangsa Indonesia yang diakui oleh dunia. Simak selengkapnya yuk!

Kalian tahu kalo dunia Robotika Indonesia itu sudah lama berkembang dan sudah mendapat pengakuan dari beberapa belahan dunia, contohnya Amerika, Malaysia, Inggris, dan negara lainnya? Hebatnya lagi, beberapa robot yang telah diakui oleh dunia dibuat oleh para remaja kreatif asal Indonesia.

Kita sebagai warga Indonesia sepatutnya bangga akan karya-karya pemuda kreatif ini. Jangan mau kalah sama karya anak muda dari luar negeri guys. Nah, supaya lebih memotivasi, berikut ini Jaka bakal kasih tahu beberapa karya anak bangsa Indonesia yang diakui oleh dunia. Simak selengkapnya yuk!

BACA JUGA
  • Super Canggih! Inilah 10 Robot yang Berhasil Mengubah Dunia
  • 8 Kelebihan Robot 'Albert Einstein' yang PASTI Bikin Kamu Kagum
  • Cewek Ini Pengen Nikah Sama Robot! Emang Gak Ada Cowok?

6 Robot Asli Karya Anak Bangsa Indonesia yang Diakui Dunia

1. WOW (Water Wizard)

57a57f719a8a3631d958719f52552210

Robot ini dibuat oleh pemuda pemuda kreatif asal Depok yang tergabung dalam sekolah Madrasah Teknonatura Depok. Robot ini mengusung tema Access To Clean Water untuk membersihkan Sungai. Di dalamnya ada fitur yang dapat mendeteksi limbah yang berada di sungai.

Jika robot ini mendeteksi keberadaan limbah, maka limbah tersebut masuk ke dalam robot dan akhirnya dibuang. Robot ini tengah mengikuti First Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 yang di selenggarakan di Washington DC, USA.

2. PENShip

0d3146dee024f935c3a70320fad49c9d

Kali ini para pemuda asal Surabaya mulai unjuk gigi dengan menunjukkan karya robotnya. Pemuda-pemuda ini berasal dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Robot kali ini mengusung tema Kapal Tak Berawak yang diikutsertakan dalam lomba international yang diselenggarakan di Virginia, Amerika Serikat.

Walaupun robot ini tidak dapat menjadi juara utama, setidaknya robot ini telah mendapat penghargaan "Compact Design Award" karena bentuknya yang relatif lebih kecil dibandingkan pesaing lainnya. Sebenarnya robot ini telah menyandang 3 kali juara dalam perlombaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Indonesia (KKCTBI) yang diselenggarakan di dalam negeri. Namun, ini kali pertama PENShip mengikuti lomba tingkat International.

3. Robot Aurora

![Robot Aurora](https://assets.jalantikus.com/assets/cache/400/0/userfiles/2017/10/07/57a57f719a8a3631d958719f52552210.jpeg

Robot Aurora ini di buat oleh salah satu pemuda Indonesia yaitu Yohanes Surya. Robot ini mengusung tema Militer yang berfungsi untuk menahan serangan lawan. Robot ini dilengkapi dengan AirSoft gun yang berguna untuk menyerang lawannya.

4. Saturn

8e6fda6e28979ef27972aafd4e85c452

Minister Of Defense Grand Challenge (MoD Grand Challenge) adalah lomba beregengsi untuk mencari suatu teknologi terapan militer yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertahanan Inggris. Dan siapa sangka yang memenangkan perlombaan ini adalah Dr. Subchan.

Warga asal Jombang, Jawa Timur tersebut bersama timnya yaitu, Team Stellar, berhasil mengembangkan sebuah Teknologi SATURN (Sensing and Autonomous Tactical Urban Reconnaissance Network) dan berhasil memenangkan MoD Grand Challenge. Robot ini berfungsi untuk mengintai dan menyerang musuh, baik di udara dan di darat tanpa ada risiko terlihat atau terdeteksi lawan.

5. Robot Al-Fatih

5328e8102a2871e48dd20ac0b65e1e71

Sebuah tim asal Universitas Gadjah Mada (UGM) telah berhasil memenangkan Kontes Robot Indonesia 2017 (KRI) dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran. Tim yang dinamai Gadjah Mada Robotic Team (GMRT) berhasil lolos melaju ke kompetisi Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) di Amerika Serikat pada April 2018 mendatang.

Robot ini berfungsi untuk mendeteksi titik kobaran api dan memadamkannya dengan cepat. Dengan tingkat error yang sangat rendah dan dapat menyelesaikan misi dengan cukup sempurna, maka Al-Fatih dipercaya untuk mewakili Indonesia dalam kejuaraan robot tingkat international.

6. Robot Gegana

Cnv00000075b

Dari namanya saja pasti kita sudah mengira siapa yang membuat robot ini, Ya, betul, yang membuat robot ini adalah Tim Gegana. Tim Gegana sengaja membuat robot ini untuk membantu menjinakkan bom. Akibat risiko yang sangat besar dalam kegiatan penjinakkan bom, maka robot ini dibuat untuk membantu mendeteksi bom. Robot ini juga mampu menyeret beban seberat 70 kilogram loh.

Nah, itulah beberapa karya anak bangsa Indonesia yang diakui oleh dunia. Kita selayaknya orang Indonesia sepatutnya harus bangga akan karya-karya anak bangsa yang dapat membantu memajukan Bangsa Indonesia agar lebih terkenal. Apalagi di era teknologi seperti sekarang ini, Indonesia sudah seharusnya unjuk gigi untuk dapat diakui oleh negara negara lainnya. Semoga Bermanfaat ya guys!

ARTIKEL TERKAIT
Banner Shutterstock Pclistrik

Begini Kerusakan PC Karena Mati Listrik Terlalu Sering

Banner Shutterstock Ssdturun

Tahun 2018 Harga SSD Turun Tajam Hingga 50%! Benarkah?

Banner Techradar Bitcoin5tahun

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

Banner Jalantikus M650

Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!

Banner Wdognet Prosesor128

Karena Alasan Ini Prosesor 128 Bit Tidak Akan Pernah Ada

APPS TERKAIT
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Line For Android Icon2 Icon
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal