J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Review Film GLASS: Pahlawan Super Ada di Sekitarmu

              Review Film GLASS: Pahlawan Super Ada di Sekitarmu

              00
              Selasa, 15 Jan 2019, 21:30 WIB
              Pahlawan super enggak melulu mengenakan pakaian ketat dan bisa terbang. Orang-orang yang berlalu-lalang di sekitarmu bisa jadi merupakan salah satunya.

              Saat Split (2016) tayang untuk pertama kali, mungkin tak banyak yang menyadari bahwa film tersebut sebenarnya merupakan sekuel dari film Unbreakable (2000). Kini, Glass hadir sebagai penutup trilogi film yang menceritakan perseteruan antara David Dunn (Bruce Willis) dan Mr. Glass (Samuel L. Jackson) ini.

              BACA JUGA
              • Review Film : Perjalanan Menegangkan melawan Laba-laba Beracun
              • Film Pendek Tentang Menyedihkannya Media Sosial, Jago Kalo Gak Nangis!
              • 10 Film dengan Set Tempat Paling Mengagumkan yang Pernah Ada

              Kembalinya Kawanan dan Sang Monster

              glass01

              Masih ingat tentang Kevin Wendell Crumb (James McAvoy), pria yang memiliki 24 kepribadian di film Split? Kali ini Patricia, salah satu kepribadian Kevin yang merupakan wanita berkedudukan tinggi, menculik empat orang gadis belia untuk dijadikan makanan Beast.

              Beast adalah kepribadian lain pada diri Kevin yang berwujud setengah manusia dan setengah binatang. Bersama Hedwig si anak kecil berusia sembilan tahun dan Dennis, pria berperawakan keras dengan OCD (Gangguan Obsesif Kompulsif), Patricia menyebut diri mereka bertiga sebagai Kawanan (The Horde) yang memuja keberadaan Beast. Mereka meyakini bahwa Beast memiliki kekuatan di luar batas kemampuan manusia dan ia mampu membersihkan dunia dari orang-orang yang menurut mereka tidak murni.

              Namun, usaha Patricia digagalkan David Dunn setelah David bersinggungan dengan Hedwig di sebuah area pabrik. David Dunn yang memiliki kekuatan super, daya tahan super, dan kemampuan melihat kejahatan orang hanya dengan sentuhan pun berhasil menyelamatkan keempat gadis tersebut sebelum dimakan oleh Beast.

              Pertarungan keduanya tak terhindarkan, dan tentunya epik karena keduanya sama-sama memiliki kekuatan di atas kemampuan manusia biasa. Tapi di tengah pertarungan mereka, datanglah dr. Ellie Staple (Sarah Paulson). Ia merupakan psikiater dari RSJ Raven Hill Memorial. Ia secara spesifik menangani kasus delusi grandeur yang membuat penderitanya memercayai bahwa mereka memiliki kemampuan pahlawan super.

              Dengan bantuan cahaya hipnotis, dr. Ellie berhasil menaklukkan Beast dengan memunculkan kepribadian lain. Ia juga sekaligus meminta David untuk ikut dengannya, sebab perlawanan dari David hanya akan menyebabkan timbulnya lebih banyak korban.

              Pahlawan, Penjahat, dan Mereka yang Ada di Antaranya

              glass02

              Usut punya usut, bukan hanya David dan Kevin yang dirawat di RSJ Raven Hill Memorial. Mr. Glass, pembunuh massal berotak jenius sekaligus penderita penyakit Osteogenesis Imperfecta yang merupakan karakter antagonis di film Unbreakable juga berada di sana. dr. Ellie meyakini bahwa David, Kevin, dan Mr. Glass bisa disembuhkan dengan metodenya sendiri.

              Sepanjang awal hingga tengah film, Mr. Glass memang tak banyak berinteraksi maupun berbicara sehingga semua orang percaya bahwa ia berada dalam pengaruh obat bius. Tapi, keadaan jadi makin seru saat kita tahu bahwa Mr. Glass ternyata bisa dengan mudah mengelabui sistem keamanan rumah sakit. Ia pun dapat berkeliaran dengan bebas, bahkan menemui Kawanan, bertemu dengan Beast, dan menyusun rencana untuk melarikan diri.

              Bersama-sama, mereka hendak menunjukkan pada dunia bahwa orang-orang berkekuatan super sungguh nyata dan mereka hidup bersama manusia biasa. Ia pun membobol sistem keamanan rumah sakit dan turut memancing David agar keluar dari ruangannya dan mengejar mereka sebelum mereka berbuat jahat.

              Para Pahlawan Super-nya Hollywood

              glass03

              Unbreakable, Split, dan Glass sejatinya merupakan trilogi pahlawan super. Tapi kalau kamu adalah penggemar film pahlawan super dengan banyak laga, ledakan, entakan, dan aksi super lainnya, maka jangan kecewa karena kamu enggak akan menemukannya di sini.

              Pasalnya, Shyamalan membawa kita ke dalam super hero universe-nya yang unik, yang membuat kita memahami bahwa pahlawan super itu bisa tercipta tanpa perlu berasal dari planet lain, digigit hewan mutan, atau akibat kecelakaan radioaktif.

              Pahlawan super itu nyata, mereka tercipta dari cara sederhana, dan mereka hidup di antara kita, kira-kira begitu yang ingin Shyamalan sampaikan lewat trilogi ini.

              Uniknya, film ini banyak menggunakan simbolisme pahlawan dan penjahat selayaknya komik pahlawan super. Salah satunya terlihat dari kesan warna kehijauan yang selalu tersemat pada David Dunn dan ungu ala penjahat yang tercermin pada pakaian yang dikenakan Mr. Glass. Simbolisme klasik seperti ini penting, sebab ide utama trilogi ini memang bersumber dari komik klasik.

              Aktor yang dipilih untuk memerankan ketiga tokoh utama di Glass ini juga enggak main-main. Mengutip kata-kata Mr. Glass, Para tokoh utama berkumpul, Jaka juga setuju bahwa James McAvoy, Bruce Willis, dan Samuel L. Jackson adalah segelintir karakter penting dalam Hollywood dengan kemampuan akting yang mumpuni untuk mengeksekusi ide-ide out-of-the-box dari produser-produser seperti Shyamalan.

              Agar kalian lebih penasaran, ada poin plus lain dalam Glass yang membuatnya jadi keren banget, yaitu rangkaian plot twist yang enggak disangka-sangka! Jaka sampai deg-degan dan pengin banget super hero universe-nya Shyamalan ini bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih besar.

              Biar semangat ke bioskop, yuk, cek dulu trailer-nya di bawah ini!

              APPS TERKAIT
              IndoXXI | Nonton Film Terbaru 2019 3.0.0
              Apps JangKrik
              Movie Maker Filmmaker YouTube & Instagram 4.1.8
              Apps ALIVE Inc.
              Nonton Film Online 3.0.0
              Apps nonton.com
              Viddsee - Nonton Film Pendek 2.0.2
              Apps Viddsee
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal