J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Pesawat Buatan Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga Banget!!

Senin, 11 Des 2017, 14:00 WIB
Beberapa pesawat buatan Indonesia terkenal hingga mancanegara, sampai-sampai negara dari Eropa maupun Asia Tenggara.

Memang benar bahwa pesawat-pesawat yang ada di Indonesia atau mungkin milik TNI atau pemerintah negara Indonesia kebanyakan berasal dari luar negeri. Bukan berarti Indonesia tidak bisa membuat pesawat lho. Buktinya, banyak pesawat-pesawat yang diproduksi di Indonesia yang dibuat oleh PT. Dirgantara Indonesia.

Bahkan beberapa di antaranya terkenal hingga mancanegara, sampai-sampai negara dari Eropa maupun Asia Tenggara tertarik untuk membeli pesawat buatan Indonesia. Hal ini membuktikan jika kualitas pesawat asli Indonesia tidak kalah dengan pesawat buatan negara asing. Nah, daripada penasaran, langsung saja nih Jaka kasih info mengenai 4 pesawat asli buatan Indonesia yang mendunia. Cekidot!

BACA JUGA
  • Ini Nih, 3 Aplikasi yang Bikin Smartphone Kamu Anti-lemot
  • Ala Artis, Begini Cara Bikin Sticker Pribadi di Android
  • Cara Mengubah Android Jadi Mouse dan Keyboard Komputer atau Laptop

4 Pesawat Buatan Indonesia Yang Mendunia!

1. CN235-220 MPA

D65570dde6edb6f3dc33731ea8479249

Kepanjangan dari MPA disini adalah Maritime Patrol Aircraft, yaitu pesawat pengintai maritim. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan yang tentunya membutuhkan 'mata-mata' di udara guna mengawasi seluruh kawasan yang masuk dalam kedaulatan Indonesia. Pesawat yang dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia ini memiliki radar pendeteksi mumpuni yang terletak pada moncong pesawat. Tak heran jika banyak yang memberi julukan pesawat ini sebagai 'si hidung pinokio'. Untuk masalah harga, pesawat ini dibanderol sekitar 317 miliar rupiah.

2. NC212

6f9bfe28262f4d9c73171d0c8bea6df7

Pesawat ini sebenarnya dibuat pertama kali di Spanyol. Namun, pada tahun 1976 PT Dirgantara Indonesia berhasil mendapatkan lisensi untuk merakit pesawat ini di Indonesia. Sama seperti CN235-220 MPA, pesawat ini juga termasuk dalam pesawat pengintai maritim. Selain itu, NC212 juga dilengkapi dengan radar supercanggih berteknologi FLIR atau Forward Looking Infra Red yang berguna untuk melihat pesawat atau kapal asing dalam kondisi gelap. Di sisi daya tahan, pesawat ini mampu terbang hingga 6 jam tanpa henti dengan kemampuan bermanuver rendah. NC212 sendiri memiliki beragam tipe yang dibanderol dikisaran harga 50 miliar hingga 100 miliar rupiah.

3. BELL 412EP

6c7d475b70c3cb2d42e79855f500c72b

BELL 412EP merupakan pesawat terbang berjenis helikopter kelas medium. Helikopter yang bisa memuat hingga 15 orang penumpang ini juga dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia. Kebutuhan disektor militer, membuat PT. DI berusaha untuk mendapatkan lisensi pesawat ini dari Amerika Serikat dan membuatnya di dalam negeri. Selain untuk keperluan militer, pesawat ini juga sering digunakan untuk evakuasi. Usut punya usut, BELL 412EP mempunyai tingkat keamanan tinggi serta performa yang mumpuni. Hal ini terbukti lewat suara baling-balingnya yang tidak bising serta kemampuannya untuk terbang cepat. Sehingga sangat cocok digunakan untuk operasi senyap di siang maupun malam hari. Untuk harga, helikopter ini berada dikisaran 155 miliar rupiah.

4. N219 Nurtanio

919b7fbb9ca1ce23ad246d55e5518b04

Pesawat yang baru saja diresmikan oleh Bapak Jokowi ini diklaim bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bekerja sama dengan LAPAN, PT Dirgantara Indonesia membuat pesawat ini agar bisa mendarat atau lepas landas di landasan sepanjang 500 meter. Sehingga sangat cocok digunakan untuk menjangkau daerah-daerah sulit seperti Papua. Selain itu, pesawat ini juga bisa bermanuver dengan lincah dikala beroperasi di kawasan pegunungan atau bukit. Harganya yang hanya 90 miliar rupiah saja membuat pesawat ini menarik minat maskapai dalam negeri hingga negara-negara tetangga seperti Thailand.

Itu tadi 4 pesawat Indonesia yang berhasil mendunia. Pesawat-pesawat ini tentunya memiliki kemampuan yang tidak kalah bagus dengan pesawat buatan asing. Mungkin butuh waktu lebih saja, agar pesawat-pesawat asli Indonesia bisa lebih dikenal lebih luas atau bahkan digunakan oleh negara luar. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Laptop Berdasarkan Tipe Penggunanya

4 Jenis Laptop Berdasarkan Tipe Penggunanya, Kamu Nomor Berapa?

7 Cara Menjadi Seorang Hacker Sejati

7 Cara Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

Cara Mengirim Pesan Ke Masa Depan

Bikin Wasiat! Begini Cara Mengirim Pesan ke Masa Depan

Hal Wajib Lakukan Sebelum Membeli Smartphone

Anti Nyesel! 4 Hal WAJIB Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Smartphone Baru

C8b3c88aba8abb04fa26737a5ad05d02

Cara Memblokir Iklan di Aplikasi Android Tanpa Harus Root

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Untitled Article

Untitled Article

Gila, 5 Pesawat Ini Besarnya Ngalahin Lapangan Sepakbola!

Gila, 5 Pesawat Ini Besarnya Ngalahin Lapangan Sepakbola!

Mesin Turbin Mati Karena Ponsel! Ini 5 Dampak Kalo Kamu Main Smartphone di Pesawat

Mesin Turbin Mati Karena Ponsel! Ini 5 Dampak Kalo Kamu Main Smartphone di Pesawat

Mode Pesawat Kurang Aman? Kenapa Smartphone Harus Dimatikan di Pesawat?

Mode Pesawat Kurang Aman? Kenapa Smartphone Harus Dimatikan di Pesawat?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal