7 Peristiwa Paling Memalukan Dalam Sejarah Industri Video Game

Default

Dunia game memang selalu menarik untuk diulas, mulai dari video game, konsol game hingga ajang e-sport yang menyediakan hadiah yang sangat fantastis. Namun, dalam kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang ajang e-sport, melainkan tentang peristiwa-peristiwa yang paling memalukan yang pernah terjadi dalam industri game.

Tercatat ada beberapa kasus memalukan yang terjadi dalam industri game, bahkan beberapa di antaranya juga pernah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Sony dan Nintendo. Beberapa tahun silam Nintendo pernah dibuat malu saat konsol game buatannya yang bernama "Virtual Boy" gagal total dipasaran. Langsung saja sepeti yang dirangkum dari Lite Verse, berikut ini 7 peristiwa paling memalukan dalam dunia game.

BACA JUGA
  • 5 Game Paling Aneh yang Ada di Google Play
  • 10 Bug Paling Aneh yang Pernah Ditemukan Dalam Game!
  • 5 Penyakit Aneh Paling Terkenal Sepanjang Sejarah Video Game

Inilah 7 peristiwa memalukan dalam sejarah dunia game.

1. Wii Remote

Wii Remote Incomplete By Vernacular Picsay Ea49a
Sumber foto: Sumberfoto: vernacular.deviantart.com

Wii Remote dianggap sebagai produk Nintendo yang paling aneh, dibekali dengan sensor gerak perangkat ini menjadi perangkat paling revolusioner kala itu. Namun, Wii Remote malah membuat banyak orang kesal dan menghancurkan Wii Remotnya tersebut.

Hal tersebut disebabkan karena pergelangan tangan yang tegang dan kesulitan menggunakan pengontrol dalam Wii Remote. Untuk menetralisirnya Nintendo memperbaikinya dengan memperkenalkan Wii Jacket, namun hal itu tak banyak membantu kesuksesan Wii Remote yang sudah terlanjur dicap buruk.

2. Serial Pokemon Berjudul 'Electric Soldier Porygon'

Images 4avau 2e2ed
Sumber foto: Sumberfoto: tv.avclub.com

Baik game maupun anime dari Pokemon terbilang sangat sukses di pasaran, namun hal tersebut ternodai akibat sebuah episode yang berjudul "Electric Soldier Porygon" yang kala itu ditayangkan di Jepang. Akibat episode kontroversial tersebut sedikitnya 600 anak-anak kejang akibat lampu strobo yang berkedip-kedip.

Akibat kejadian tidak menyenangkan tersebut, akhirnya TV Tokyo menarik Pokemon dari jadwal selama empat bulan, hingga tahun 1998. Bahkan hingga kini episode tersebut tidak pernah ditayangkan di stasiun televisi manapun di seluruh dunia dan dikenal sebagai episode terburuk dari serial Pokemon.

3. Super Mario Bros The Movie

Super Mario Brothers The Movie Full Length 3D Picsay 57e47
Sumber foto: Sumberfoto: theleastpictureshow.wordpress.com

Kesuksesan Mario Bros di dunia game tak sejalan saat game tersebut dijadikan sebuah film, dalam film bertajuk "Super Mario Bros The Movie" tersebut menggambarkan Kerajaan Jamur yang di dalamnya berisi berbagai keajaiban. Salah satunya adalah dinosaurus yang berevolusi dari manusia, kala itu tokoh Mario Bros sendiri diperankan oleh Bob Hoskins dan John Leguizamo.

Banyak yang menilai bahwa film tersebut sebagai film yang sangat buruk, bahkan banyak aktor yang mengutuk film tersebut. Sebenarnya pencipta game Mario dan Luigi, yakni Shigeru Miyamoto, sendiri merasa keberatan saat film tersebut akan dibuat dan hasilnya pun bisa ditebak.

4. Virtual Boy

S L640 Picsay D82c5
Sumber foto: Sumberfoto: ebay.com

Nintendo memperkenalkan Virtual Boy kepada para gamer dengan harapan konsol game tersebut dapat merajai pasar konsol game. Namun, di luar dugaan, gadget tersebut ternyata menjadi kegagalan terburuk Nintendo dalam sejarah aksesoris konsol game, hal tersebut karena gadget tersebut membuat para pengguna mengalami sakit kepala akibat efek visual yang buruk.

Hingga beberapa tahun berselang Virtual Boy resmi ditarik dari pasaran dan Gunpei selaku pemimpin Nintendo kala itu meninggalkan Nintendo. Hingga akhirnya meninggal dunia dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997.

5. Nokia N-Gage

Ngage Picsay 0e4bd
Sumber foto: Sumberfoto: k-yen-team.fr

Siapa sih yang gak kenal dengan ponsel gaming yang satu ini? Kebanyakan anak di era 20-an pasti sangat ingin memiliki ponsel gaming dari Nokia ini. Namun, ternyata langkah cerdas yang diambil oleh Nomia dengan menciptakan N-Gage ini mengundang kontroversi, tepatnya pada banderol harga yang dinilai sangat tidak wajar.

N-Gage sendiri diperkenalkan pada ajang E3 2003, namun nyatanya banyak yang menganggap bahwa ponsel gaming tersebut tidak terlalu berguna. Banyak orang yang shock saat presenter dalam ajang E3 tersebut mengatakan bahwa harga N-Gage adalah US$299 atau setara dengan Rp 4,2 juta, harga tersebut terbilang sangat besar untuk ukuran sebuah ponsel kala itu. Hasilnya pun bisa diduga, karena N-Gage gagal total dipasaran hingga akhirnya Nokia menariknya dari pasaran pada tahun 2010.

6. PlayStation Network Kena Hack

Psnhacked051011 Picsay Ec91f
Sumber foto: Sumberfoto: urgentfury.com

Playstation Network tiba-tiba dinonaktifkan selama beberapa minggu oleh Sony, akibat data pengguna sebanyak 7,7 juta akun dicuri oleh hacjer. Hal tersebut memantik kemarahan dari mereka para pengguna PlayStation Network dan mengkritik kegagalan Sony dalan memberikan keamanan terhadap data para pengguna.

Hingga akhirnya beberapa minggu berselang, Sony berhasil memperbaiki Jaringan dan mengaktifkannya kembali. Hal tersebut menjadi peristiwa memalukan dari perusahaan sebesar Sony, sehingga nereka pun akhirnya meminta maaf secara umum dalam konferensi E3 2011. Banyak yang menyayangkan kenapa perusahaan sebesar Sony bisa kecolongan dengan hal tersebut seharusnya mereka bisa menangani hal ini dengan mudah.

**7. Jokes Jamie Kennedy di a

ajang E3 2007**

18j1wz4s1fp07jpg Picsay 1752e
Sumber foto: Sumberfoto: kotaku.com

Kesalahan terbesar pihak panitia E3 adalah mengundang komedian Jamie Kennedy pada ajang konfrensi E3 (Electronic Entertainment Expo) 2007. Hal tersebut dimulai saat Jamie berbicara di atas panggung di hadapan para pengunjung dan peserta konferensi tersebut, dia berbicara tidak sopan dengan menghina penonton dan menceritakan beberapa lelucon yang benar-benar tidak layak untuk dikatakan dalam konferensi sebesar itu. Bahkan hal ini membuat beberapa perusahaan yang menghadiri konfrensi E3 tersebut membuat keputusan buruk tentang siapa yang menjadi tuan rumah mereka dalam tahun-tahun berikutnya.

Itulah 7 momen paling memalukan dalam sejarah perkembangan industri game. Mulai dari deretan konsol game yang gagal hingga jokes dari tamu kehormatan dalam ajang Electronic Entertainment Expo (E3) membuat kekacauan dalam konferensi tersebut.

ARTIKEL TERKAIT
Tk Banner 193c4
5 Teknologi Yang Ternyata Mengancam Keselamatan Pengguna
Masa Lalu Perusahaan Teknologi Ba298
Samsung Jual Sayur! Ini Masa Lalu 10 Perusahaan Teknologi
Smartphone Pemimpin Negara Dunia F1b17
Ini Dia Smartphone para Pemimpin Dunia, Jokowi Pake apa?
10 Logo Perusahaan Terkenal Yang Punya Rahasia Didalamnya Banner
10 Logo Perusahaan Terkenal yang Punya Rahasia di Dalamnya
Ilustrasi Hero Mobile Legends X Pokemon F930e
10 Ilustrasi Hero Mobile Legends X Pokemon yang Keren Abis!
APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Tube Mate 7dbdc
TubeMate YouTube Downloader 3.2.14
Apps Tubemate
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal