J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pernah Kedutan? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Pernah Kedutan? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Minggu, 11 Jun 2017, 19:00 WIB
Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, apakah kamu pernah yang namanya mengalami kedutan? Kedutan adalah pertanda terjadinya sesuatu di dalam tubuh manusia yang dapat didefinisikan sebagai kontraksi secara spontan dari sekelompok serabut

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, apakah kamu pernah yang namanya mengalami kedutan? Pernah dengar kan kata kedutan? Memangnya, apa itu kedutan? Kedutan adalah pertanda terjadinya sesuatu di dalam tubuh manusia yang dapat didefinisikan sebagai kontraksi secara spontan dari sekelompok serabut otot. Atau, bahasa sederhananya adalah gerakan spontan otot-otot yang berada di sekitar bawah kulit.

Namun, banyak yang menganggap bahwa kedutan itu diartikan sebagai sebuah pertanda yang akan terjadi pada kehidupan manusia atau mitos. Padahal, secara medis itu ada artinya loh. Memang, apa sih penyebab dari kedutan? Tenang, Jaka akan bahas soal penyebab kenapa bisa terjadi kedutan, oke!

BACA JUGA
  • AWAS! 80% Pengguna Komputer di Dunia Terancam Penyakit Ini
  • Inilah 9 Penyakit Mental BERBAHAYA Yang Timbul Akibat Media Sosial!
  • 11 Daftar Penyakit Mengerikan Akibat Terlalu Lama Menggunakan Smartphone

Pernah Kedutan? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

1. Akibat Pola Tidur Tidak Teratur

Kedutan 1

Benar, dengan pola dan kualitas tidur yang buruk, seseorang mampu merasakan kedutan di bagian tubuhnya. Kurangnya istirahat ini akan ditandai dengan kedutan di daerah mata. Bahkan, jika hal ini sudah lebih buruk, maka kedutan semakin menjalar ke area sekitar bibir. Biasanya, ini disebabkan karena iritasi yang terjadi pada saraf kranial ketujuh.

Makanya, jangan suka bergadang kalau memang tidak dibutuhkan. Jangan mentang-mentang kamu anak muda, terus kamu dapat melakukannya sesuka hati. Kalau sudah parah, nanti kamu nangis lagi. Kalau kamu melakukan aktivitas sepanjang hari di depan komputer, coba istirahatkan mata sejenak ya. Caranya, kamu bisa melihat sesuatu yang jauh di depan kemudian pejamkan. Jika tidak, kamu bisa kena lima penyakit terlalu lama di depan komputer.

2. Saraf Motorik Kamu Sudah Terganggu

Kedutan 2

Ya, penyebab berikutnya adalah kedutan bisa terjadi karena saraf motorik ketujuh kamu itu sudah terganggu. Namun, kamu jangan terlalu khawatir, sebab biasanya gangguan seperti ini hanya diakibatkan jika kamu terlalu lelah. Lalu, cara mengatasinya bagaimana?

Mudah, selain harus istirahat yang mesti ditingkatkan, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin penambah darah, atau vitamin E. Jika hal ini semakin memburuk, kamu wajib untuk memeriksanya ke ahli kesehatan.

3. Mengalami Stres yang Cukup Berat

Kedutan 3

Seperti yang kita ketahui, bahwa mengalami stres yang cukup berat, dapat menjadi satu faktor utama untuk memicu segala jenis penyakit. Bahkan, penyakit yang terpicu bukan hanya kondisi fisik, tetapi juga kondisi mental kamu. Nah, salah satu hasil stres yang cukup berat adalah kedutan.

Untuk mengatasinya sangatlah mudah, kamu hanya perlu rileks saat sedang menghadapi masalah besar yang dapat menyebabkan kamu stres berat. Sebab, ketika stres, biasanya malah sulit untuk menemukan solusi dan jalan keluar. Makanya, stres kamu malah bertambah berat deh.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kedutan. Mulai sekarang, ketika kamu merasa kedutan, kamu sudah bisa melakukan hal yang benar ya. Jika kedutan terus-terusan bereaksi di bagian tubuh kamu, maka jangan dibiarkan. Kalau tidak ada yang dapat dilakukan lagi, kamu segera periksa ke dokter ya. Oh ya, Jaka juga akan memberikan beberapa bagian tubuh yang suka kedutan, disimak ya!

Bagian Tubuh yang Suka Mengalami Kedutan

1. Tangan

Kedutan 4

Benar, kadang secara tidak sadar, kamu sering mendapatkan kedutan ringan di tangan. Hal ini akibat adanya gangguan di otak akibat berkurangnya produksi senyawa Dopamin. Jika memang kedutannya ringan, kamu dapat tenang. Tetapi, kalau kedutannya terjadi secara terus-menerus, maka itu bisa jadi merupakan gejala Parkinson. Selain itu, tangan yang suka mengalami kedutan ringan itu menandakan kondisi Ataksia atau gejala akan kegagalan dalam mengendalikan otot-otot pada tangan dan kaki.

2. Seluruh Tubuh

Kedutan 5

Pernah nggak kamu merasakan kedutan secara acak di seluruh tubuh dalam waktu yang singkat? Hati-hati, kedutan seperti itu menandakan bahwa kadar gula pada tubuh kamu terlalu rendah. Nah, biasanya hal ini dirasakan ketika kamu sedang diet atau belum makan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga, tubuh memompa adrenalin karena kadar gula darah rendah.

3. Lengan

Kedutan 6

Saat kamu memainkan smartphone atau bahkan membaca buku sambil merentangkan lengan lebar-lebar, pasti pernah mengalami gemetar secara tiba-tiba tanpa kamu inginkan. Nah, itu adalah kedutan di lengan. Hal ini disebabkan oleh kesalahan sinyal dari otak untuk menuju ke otot-otot tertentu. Selain itu, kamu yang suka minum minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol, juga menjadi pemicu terjadinya kedutan di lengan.

4. Telapak Tangan

Kedutan 7

Untuk mengetahuinya, coba kamu ambil selembar kertas kemudian letakkan di telapak tangan yang menghadap ke atas. Jika kamu lihat adanya getaran-getaran kecil pada kertas tersebut, itu berarti tandanya tangan kamu berkedut. Nah, getaran ini biasanya dipicu oleh stres dan kurang tidur. Selain itu, beberapa efek samping dari konsumsi obat-obatan juga bisa menyebabkan kedutan di telapak tangan seperti itu.

5. Kaki

Kedutan 8

Pernah nggak kamu saat tidur tiba-tiba kaki kamu bergerak menendang di luar kontrol kesadaran kamu? Nah, hal ini dapat disebut dengan kedutan versi ekstrem. Kadang, jika kedutannya sangat kencang, maka kaki kamu bisa sampai menendang suatu benda, dan tentunya itu menyakitkan. Bahkan, seramnya adalah kedutan ini dapat terjadi berulang kali tiap 20-40 detik. Makanya, kurangi minum kopi agar gejala seperti itu dapat berkurang.

6. Sisi Wajah

Kedutan 9

Salah seorang konsultan saraf yang bernama Dr. Raj Kapoor, mengatakan bahwa gejala kedutan di salah satu sisi wajah adalah hemifacial spasm. Penyebab dari kedutan ini adalah iritasi spontan pada saraf wajah. Kok bisa? Tentu saja, hal ini disebabkan adanya tekanan pada saraf dan pembuluh darah wajah. Bahkan, kelumpuhan wajah sementara atau bisa disebut dengan Bell's Palsy juga bisa menjadi pemicu hal ini.

7. Kepala dan Leher

Kedutan 10

Jika kamu suka merasakan kedutan di sekitar area kepala dan leher, maka biasanya hal itu sering disebabkan oleh posisi tidur yang salah dan tidak nyaman. Sehingga, hal tersebut memicu cedera otot leher. Bahkan, jika kondisinya cukup parah, leher dan kepala kamu bisa tiba-tiba menoleh ke kanan dan kiri tanpa disadari dan dikontrol oleh kamu.

8. Mata

Kedutan 11

Nah, untuk kedutan di mata, pasti hampir setiap orang pernah mengalaminya. Katanya, jika ada kedutan di mata, mitosnya adalah ada seseorang yang merindukan keberadaanmu. Padahal, hal ini ada penjelasan logisnya guys. Kedutan pada mata biasanya terjadi karena otot pada kelopak mata terlalu lelah. Kalau sering terjadi, mungkin dapat juga disebabkan oleh iritasi di permukaan mata dan membran konjungtiva.

Itulah beberapa bagian tubuh yang biasanya terjadi kedutan. Apakah kamu pernah merasakan kedutan pada salah satu atau bahkan semua tubuh dalam poin di atas? Berikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Digital Eye Strain

Hindari Penyakit Mata Lelah Gara-Gara Teknologi Dengan Cara Berikut Ini

Main Hp Sebelum Tidur

Inilah Daftar Penyakit Akibat Main Smartphone Sebelum Tidur

Bahaya Di Depan Komputer Banner

AWAS! Siap-Siap Kena 5 Penyakit ini Jika Terlalu Lama di Depan Komputer

Game Casual Android September Banner

Game Casual Android Paling Keren Edisi September 2016

Game Olahraga Android Banner 2ce73

10 Game Olahraga Terbaik Android 2019|100% Gratis!

APPS TERKAIT
Legion Hunters Full Apk Icon
Legion Hunters 5.01
Games Maingames
Conquest 3 Kingdoms Icon
Conquest 3 Kingdoms 2.8.1
Games Maingames
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Pokemon Go Apk Icon
Pok mon GO 0.146.2
Games NianticLabs
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Gratis! 7 Aplikasi Android Untuk Bantu Kamu Cek Penyakit Sendiri

Gratis! 7 Aplikasi Android Untuk Bantu Kamu Cek Penyakit Sendiri

4 Hal MENGERIKAN yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Jika Main HP Lebih dari 2 Jam

4 Hal MENGERIKAN yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Jika Main HP Lebih dari 2 Jam

7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer

7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer

Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda, Atasi Segera!

Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda, Atasi Segera!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal