Bukan Mistis! Sering Ngerasa Deja Vu? Ini Penjelasan Sebenarnya

Default

"Eh, kayaknya aku udah pernah lewatin jalan ini deh..."

"Kok kamu kayaknya familiar banget ya? Apa kita udah pernah ketemu?"

Pasti sebagian besar dari kamu juga pernah mengalami kejadian di atas, dimana kamu merasa situasi yang kamu hadapi saat ini secara sadar seperti sudah pernah kamu lalui sebelumya atau bahkan memprediksi sesuatu yang bakal terjadi selanjutnya dan kemudian hal itu bener-bener kejadian sesuai dengan perkiraan kamu. Kita mengenal kejadian ini sebagai suatu hal yang disebut sebagai Deja Vu. Ternyata fenomena ini memiliki penjelasan ilmiah lho.

BACA JUGA
  • Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda, Atasi Segera!
  • AWAS Bahaya Radiasi Smartphone Bisa Menyerang Otak!
  • FAKTA: Gara-gara Teknologi, Otak Kita Terus Menyusut

Penjelasan Tentang Deja Vu

2d7d2699daa623becc2e0c71fd2c197f

Setelah sekian lama para ilmuwan dibuat kebingungan dengan penyebab munculnya fenomena deja vu ini, akhirnya misteri dari deja vu itu sendiri sedikit demi sedikit mulai terungkap. Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada 21 relawan yang dilakukan oleh para ilmuwan Universitas Saint Andrews di Inggris, deja vu merupakan salah satu proses pemindaian yang dilakukan oleh otak untuk menguji kesehatan dan kemampuan daya pikir dari otak itu sendiri.

Dengan menggunakan pemindai MRI (Magnetic Resonance Imaging), hasil tes menunjukkan bahwa deja vu disebabkan oleh bagian frontal dari otak yang bertugas untuk memeriksa kenangan yang dimiliki oleh seseorang. Selanjutnya, bagian ini yang kemudian akan mengirimkan sinyal jika terdapat kesalahan memori pada otak. Nah, wilayah otak yang berhubungan dengan konflik memori inilah yang kemudian menjadi pemicu dari munculnya fenomena deja vu pada diri seseorang.

A49c9bcab4185739d3619541cfcc9201

Konflik memori ini bisa dikatakan akibat dari otak yang berusaha mem-"by-pass" informasi yang masuk, yaitu ketika tiba-tiba otak mengalami masalah saat menerima sensor untuk menyimpan memori tersebut. Antara memori jangka panjang dan jangka pendek "tercampur" dimana informasi yang baru aja kita alami dan seharusnya masuk ke dalam memori jangka pendek malah tersimpan sebagai memori jangka panjang. Efeknya ya deja vu itu sendiri, dimana kita seperti merasa menarik ingatan informasi yang ada di masa lalu, padahal pada kenyataannya ingatan itu baru saja terjadi.

Jadi, sekarang kamu udah tahu ya, kalo deja vu itu bukanlah sesuatu yang sifatnya mistis, tapi emang lumrah terjadi di dalam otak kita. Biasanya si kalo pas keingetan mantan, berasa mulu deja vu nya.

ARTIKEL TERKAIT
Test Mata 1 50 Banner
Ayo, Tes Kecepatan Mata dan Otak Kamu Lewat Permainan Ini!
Banner Game Android Menguras Otak
10+ Game Android yang Bisa Menguras Isi Otak Kamu
Intro
10+ Hal GRATIS di Internet yang Harus Kamu Coba!
Cara Mengusir Kecoa Dengan Android Banner
Cara Mengusir Kecoa dengan Aplikasi Android
APPS TERKAIT
Duel Otak Icon
Duel Otak 2.2.2
Games FEO Media AB
Kuis Asah Otak
Kuis Asah Otak 2.1
Games MOBILE GAMES APPLICATION BINUS SOCS
Game Asah Otak 2 Icon
Game Asah Otak Anak 2 for Android
Games SiswaMedia
Otaku Crossword Icon Icon
Otaku Crossword 2.0.1
Games Onnichan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal