5 Penemuan Sukses yang Hadir Berkat Perang Dunia I

Default

Buat kamu yang sibuk main smartphone mulu, Jaka mau mengajak kamu buat berhenti sejenak nih dan menengok ke masa lalu. Ya, sejarah peradaban manusia tak lepas dari yang namanya peperangan, bahkan sampai saat ini.

Terlepas dari menang atau kalah, perang hanya akan memunculkan kehancuran, kepedihan, kesengsaraan, dan kematian. Ya, kita harus bersyukur sekarang bisa hidup damai dan semoga masa kelam perang tidak terjadi lagi.

Meski begitu, ternyata terdapat sejumlah penemuan-penemuan sukses yang nggak kamu sangka-sangka datang dari perang dunia pertama lho. Apa aja ya?

BACA JUGA
  • Thriller Perang Mencekam Ala Nolan di Dunkirk
  • Kiamat Makin Dekat! 5 Teknologi Menyeramkan yang Dapat Memicu Perang Dunia Ketiga
  • Bikin Merinding! Ini 9 Robot Perang Paling Canggih di Seluruh Dunia

Penemuan Sukses yang Hadir Berkat Perang Dunia I

1. Pembalut Wanita

Penemuan Perang Dunia 1 1

Sebelum perang dunia pecah, tepatnya pada tahun 1914, sebuah perusahaan kecil Amerika Serikat, Kimberly-Clark, menemukan bahan katun yang lima kali lebih bagus daya serapnya dan murah biaya produksinya, dibandingkan bahan material yang sudah mereka miliki. Bahan ini kemudian mereka kembangkan dan mereka dagangkan di Amerika.

Ketika Amerika mulai ikut berperang pada tahun 1917, perusahaan ini mulai memproduksi gumpalan perban dari bahan katun tersebut untuk mengobati prajurit yang terluka.

Namun, ketika para perawat perempuan di medan tempur menyadari kelebihan perban ini, mereka pun mulai menggunakannya untuk keperluan pribadi, apalagi kalau bukan untuk kebersihan saat mereka menstruasi.

2. Lampu Ultraviolet (Sun Lamp)

Penemuan Perang Dunia 1 2

Saat musim dingin tahun 1918, hampir setengah jumlah anak di Berlin mengalami rakitis. Rakitis merupakan penyakit yang berhubungan dengan pertumbuhan tulang tak wajar pada anak akibat kekurangan vitamin D dan kurang terpapar sinar ultraviolet.

Ketika itu, penyebab maraknya penyakit ini belum diketahui, dan diyakini berhubungan dengan kemiskinan.

Salah satu dokter di kota, Kurt Huldschinsky, menyadari bahwa anak-anak yang menderita rakitis tampak sangat pucat. Ia pun memutuskan untuk melakukan sebuah eksperimen dengan menempatkan anak-anak ini di bawah lampu mercury-quartz yang memancarkan sinar ultraviolet.

Tak lama, terapi ini ternyata membuat tulang mereka lebih kuat. Peneliti kemudian menyadari bahwa vitamin D sangat diperlukan untuk memperkuat tulang dengan kalsium, dan proses ini dipicu oleh sinar ultraviolet.

3. Teh Celup

Penemuan Perang Dunia 1 3

Pasti nggak ada yang pernah kepikiran dari mana asal mula teh celup, kan? Ternyata ide tersebut sudah muncul sejak Perang Dunia pertama lho.

Tepatnya pada tahun 1908, ketika seorang pedagang teh Amerika mengirimkan teh dalam sebuah kantung katun kecil ke pelanggannya. Kemudian, entah disengaja atau tidak, pelanggannya menjatuhkan kantung tersebut ke dalam air.

Nah, sebuah perusahaan Jerman, Teekane, kemudian meniru gagasan tersebut saat perang dan mengembangkannya. Mereka menyuplai pasukan militer dengan teh yang dimasukkan ke dalam kantung katun serupa dan menamainya 'bom teh'. Ya, kalau kita sekarang sih lebih akrab nyebut 'teh celup'.

4. Baja Nirkarat (Stainless Steel)

Penemuan Perang Dunia 1 4

Terima kasih untuk Harry Brearley of Sheffield! Karena berkat dia, kita sekarang bisa menggunakan sendok, garpu, dan pisau logam untuk makan tanpa takut peralatan tersebut karatan.

Kalau menurut catatan kota setempat, Brearley menemukan produk ini pada tahun 1913. Awalnya, Brearley yang seorang ahli logam diminta untuk menemukan paduan logam yang cocok untuk senapan api.

Saat itu, militer Inggris sedang kewalahan karena laras senapan mereka kerap terdistorsi akibat gesekan dan panas peluru saat tembakan.

Brearley pun kemudian mencoba menambahkan kromium ke baja. Menurut cerita, ia membuang beberapa hasil eksperimennya karena dianggap gagal.

Beberapa hari kemudian, Brearley baru menyadari hasil eksperimen yang ia buang ternyata tak berkarat. Temuan inilah yang kemudian merevolusi perindustrian logam.

5. Ritsleting (Zips)

Penemuan Perang Dunia 1 5

Sejak pertengahan abad ke-19, model pakaian dingin dengan kancing kait dan ikat pinggang kerap menjadi pilihan untuk menutup rapat tubuh agar tak kedinginan. Dan Gideon Sundback, seorang imigran asal Swedia yang pindah ke Amerika Serikat, sangat lihai merancang model pakaian tersebut.

Ia pun menjadi kepala desainer di perusahaan Universal Fastener. Tak lama, ia mulai merancang Hookless Fastener , model pakaian dengan alat pengeret kecil yang menyatukan dua pasang gerigi, atau yang lebih kita kenal dengan ritsleting.

Melihat model pakaian ini, militer AS pun tertarik dan meminta Sundback untuk membuat seragam dan sepatu bot dengan model ritsleting ini, khususnya untuk seragam pasukan Angkatan Laut.

Akhir Kata

Nah itu dia 5 penemuan yang sukses sampai sekarang berkat hadirnya Perang Dunia I. Ya, meski dibalik perang dunia pertama tersebut punya cerita menyedihkan yang amat mendalam.

Baca juga artikel seputar Perang atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Penemuan Nasa Yang Dipakai Dalam Kehidupan
5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Youtuber Indonesia Paling Dibenci
5 YouTuber Indonesia yang Paling Dibenci, Ceban Dulu ya!
Biar Sukses 5 Skill Ini Harus Kamu Kuasai Di Era Digital
Biar SUKSES! 5 Skill Ini Harus Kamu Kuasai di Era Digital
10 Meme Tentang Iphone X Yang Harganya Kebangetan Mahal Kocak Njir
10 Meme Tentang iPhone X yang Harganya Kebangetan Mahal, Kocak Njir!
Singkatan Kepanjangan Istilah Teknologi
Biar Nggak Gaptek! 21 Singkatan Ini Harus Kamu Tahu Kepanjangannya
APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal