J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Mitos Video Game yang Beredar di Indonesia, Padahal Belum Tentu Benar

10 Mitos Video Game yang Beredar di Indonesia, Padahal Belum Tentu Benar

Senin, 10 Jul 2017, 13:00 WIB
Kali ini Jaka ingin mengulas beberapa mitos tentang video game. Sebagian dari mitos ini berasal dari kesalahpahaman, namun ada juga beberapa yang bisa dibuktikan melalui fakta ilmiah mengenai mitos bermain video game.

Banyak orang memiliki pendapat yang berbeda tentang video game. Ada yang menganggapnya sebagai sarana hiburan yang menarik dan ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Nah, kali ini Jaka ingin mengulas beberapa mitos tentang video game. Sebagian dari mitos ini berasal dari kesalahpahaman, namun ada juga beberapa yang bisa dibuktikan melalui fakta ilmiah mengenai mitos bermain video game. Penasaran apa saja itu? Yuk, silakan disimak ya.

BACA JUGA
  • Perwujudan Fantasi Terpendam! Ini 5 Alasan di Balik Banyak Orang Kecanduan Video Game
  • Dari Saling Bunuh Hingga Jadi Miliarder, Inilah 4 Kisah Nyata Mencengangkan Akibat Video Game
  • WASPADA! Ini Sisi Gelap Video Game Yang Belum Diketahui Para Gamer

10 Mitos Video Game yang Beredar di Indonesia, Padahal Belum Tentu Benar

1. Video Game Itu Adiktif

D5bdecc0058ce4aa4cbf8818c5c10cb5

Sebagian orang menganggap video game itu bisa mengakibatkan kecanduan layaknya obat-obatan. Meski hal itu bisa dianggap benar, tetapi bagaimanapun video game memang dirancang untuk membuat pemain ketagihan. Pengembang terus berusaha agar game buatannya dapat menghabiskan banyak waktu sekaligus uang pemainnya. Menurut para dokter, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan jika 10 persen gamer merupakan pecandu video game.

2. Era Konsol Telah Berakhir

62edf61ca4a9eb70b149b0e11e22bff5

Mungkin kita pernah beranggapan jika PC lebih baik daripada perangkat konsol game. Kalau iya, berarti kita telah salah selama ini. Karena, seperti dikutip dari laman Grunge, sebenarnya perangkat konsol masih mengalami peningkatan penjualan yang cukup tinggi saat ini, meski terkadang kita hanya disuguhkan game-game klasik seperti Uncharted dan Super Mario pada sistem konsol yang canggih.

3. Gamer Pada Dasarnya Laki-Laki?

B4af3fbf73cdcb65bc0d4bcd0bf767d1

Bagaimanapun saat kita membayangkan sebuah kompetisi video game atau siapa yang paling sering bermain video game, maka yang terbesit dalam benak kita pastilah seorang laki-laki. Ya, hal ini tidaklah salah namun perlu diluruskan.

Menurut penelitian, persentase perempuan dewasa pemain video game lebih besar daripada anak laki-laki remaja. Meskipun begitu, secara keseluruhan memang benar jika kaum pria yang menempati demografis paling besar pemain video game di dunia.

4. Pembuatan Video Game Tidak Memerlukan Biaya Mahal

4f145939b6b4e8558aa57567d26d7096

Meski terkadang kita sering melihat ada beberapa game yang sangat sederhana, anggapan jika pembuatan video game itu murah tidaklah tepat. Bagaimanapun demi merancang sebuah video game yang hebat itu tidaklah mudah dan murah, kita membutuhkan seorang desainer, seniman, artis suara, programer, seorang tester, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada banyak jenis pekerjaan yang dibutuhkan dalam membuat video game, belum lagi tentang pemasaran game tersebbut. Di samping biaya pembuatan video game itu mahal, ada juga beberapa game hebat yang dibuat dengan biaya yang sedikit.

5. Tidak Perlu Sekolah Untuk Bisa Membuat Video Game

A64fa53ef02b46b00542a0ee562d2c6b

Masih ada yang beranggapan jika pembuatan video game bisa dilakukan setiap orang. Hal ini sering memunculkan pembenaran bahwa tanpa sekolah pun seseorang bisa menciptakan sebuah game hebat.

Ini merupakan mitos yang terus beredar hingga saat ini, termasuk di Indonesia, banyak yang menganggap jika seseorang bisa menjadi pengusaha sukses tanpa harus mengecap pendidikan tinggi. Bagaimanapun, jika kalian ingin menjadi seorang perancang atau pembuat video game profesional, maka kalian harus menempuh pendidikan tertentu.

6. Membuat Game Itu Sangat Menyenangkan

59c55cde48625af826fceec0399ec40e

Kita pasti tahu bahwa bisnis game itu sangatlah menguntungkan. Video game yang populer seperti Clash of Clans telah mencatatkan jutaan dolar setiap harinya. Tetapi jangan berpikir jika bekerja pada proyek pembuatan game merupakan sesuatu yang menyenangkan, meski ada jutaan dolar yang siap datang jika game tersebut sukses.

Pengembang video game selalu memiliki rutinitas yang keras. Mereka bekerja selama hampir 14 jam sehari dan selama 6 hari dalam seminggu, belum lagi jika ternyata proyek game tersebut gagal. Lalu, masih berpikir jika membuat game itu sangat menyenangkan?

7. Menjadi Game Tester Itu Menyenangkan

3b2400b3cf8fc5d03cfc30c2c385c058

Bagi yang menganggap pekerjaan game tester itu menyenangkan dan mudah, maka itu sebuah kesalahan besar. Sebagaimana sebuah pekerjaan pada umumnya, mereka memiliki tanggung jawab dan tingkat kesulitan yang bervariasi. Tentu, sebagai seorang game tester kalian harus melakukan pekerjaan berulang-ulang untuk menguji permainan, mencari kelemahan dan bug yang masih muncul, dan banyak lagi yang lainnya.

Pekerjaan sebagai game tester mungkin terlihat keren, tapi bagi kalian yang mudah bosan, maka memainkan game yang berulang-ulang sambil mencatat setiap bug yang muncul selama hampir 8 jam sehari harus kalian pikirkan kembali. Khususnya sebelum menyatakan bahwa game tester itu pekerjaan yang menyenangkan dan mudah.

8. Video Game Dapat Mengubah Perilaku Seseorang

Dfcd29f6a70aaea253f2c4ead7150c5d

Kita mungkin sering mendengar jika video game dapat memengaruhi perilaku seseorang. Banyak kejadian yang membuktikan hal ini, contohnya kasus kekerasan dan pembunuhan yang terjadi akibat pengaruh sebuah game.

Yah, meskipun selama ini video game memang kerap disalahkan karena dapat memengaruhi kondisi psikis seseorang, namun terlepas dari hal itu, video game hanyalah sebuah sarana hiburan. Jadi, tidak semua orang seharusnya bisa memainkan sebuah game, khususnya jika masih anak-anak.

9. Video Game Dapat Membuat Kamu Bodoh

133928f4fe64ec46bf658fb02dcc1465

Mitos bahwa game dapat membuat seseorang bodoh bukan sesuatu yang mengejutkan. Faktanya, ada beberapa game yang membutuhkan tingkat intelektual yang tinggi untuk bisa menyelesaikannya. Apalagi pada zaman modern, sebuah video game tidak hanya didesain sebagai sarana hiburan.

Bahkan sering kita temukan beberapa game sengaja dibuat untuk sarana edukasi. Artinya, untuk menyelesaikannya akan membutuhkan kemampuan untuk memecahkan masalah, penalaran spasial, bahkan jauh lebih tinggi lagi. Hal ini membuktikan bahwa video game bisa membuat otak seseorang menjadi lebih cemerlang.

10. Video Game Membuat Kita Kurang Bersosialisasi

82d51ff3d889c4a6cab05998b31642d1

Kebanyakan video game dimainkan sendiri oleh para gamer, jadi wajar jika mereka memiliki perilaku anti-sosial. Hal ini terus meningkat lebih parah seiring waktu berlalu. Tetapi terlepas dari itu, sebenarnya gamer lebih sering bercakap-cakap melalui fitur obrolan dalam game, jadi kita tidak bisa menyimpulkan jika video game membuat kita kurang sosial. Justru game merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan keterampilan sosial. Kalian setuju?

Itu dia 10 mitos mengenai video game yang belum tentu benar. Bagaimana? Apa kalian setuju dengan mitos di atas? Atau ingin menambahkan daftar mitos yang lainnya? Yuk, jangan sungkan, tulis tanggapan kalian melalui kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Game Sebabkan Kematian

13 Orang Ini Mati Karena Video Game

Women In Gaming Tweet About Sexist Industry With 1reasonwhy A65761b26f

Cantik Dan Seksi!! 5 Karakter Wanita Di Video Game Ini Ternyata Sangat Mematikan

8dcabca99df3b314f40d36df280def6a

5 Video Game Terbaik Ini WAJIB Kamu Mainkan Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

7777e7690cbe5c38e72d11f671f5f66a

7 Senjata Ini Bakal Jadi Awal Kehancuran Dunia, Untungnya Cuma Ada di Video Game

55c5b970163c8ddbe480b449c606a088

5 Game Simulasi Terbaik di Android 2017

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal