Lion: Bukan Sekedar Film Pemancing Oscar

Default

LION adalah salah satu film yang paling banyak dinominasikan oleh beragam ajang bergengsi, mulai dari Oscar (6 nominasi), Golden Globes (4 nominasi), BAFTA (5 nominasi) dan masih banyak lagi. Total ada 71 nominasi dan 23 penghargaan yang sudah dimenangkan oleh film besutan sutradara Garth Davis ini. Dan dalam waktu dekat, LION pun akan tayang di Indonesia.

Lion dibuat berdasarkan kisah nyata yang dibukukan sendiri oleh Saroo Brierly. Sang penulis mengalami perjalanan yang luar biasa ketika dirinya tersesat ketika baru berusia lima tahun. Terlunta-lunta di kota besar Calcutta ribuan mil jauhnya dari rumah, hingga menjelang kehidupan dewasanya di negeri orang dan kerinduan atas keluarga biologisnya jauh di pedalaman India. Seperti apa?

BACA JUGA
  • 4 Teknologi Dalam Film Sci-fi yang Kini Menjadi Nyata
  • 12 Kesalahan di Film yang Jarang Diketahui Banyak Orang
  • 10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Kisah Saroo dan Guddu

Saroo Brierly Child

Saroo (Sunny Pawar) adalah seorang bocah kecil berumur 5 tahun yang bekerja serabutan mengikuti kakak kandungnya, Guddu (Abhishek Bharate) di India awal tahun 1990-an. Demi sesuap nasi dan membantu ibu kandungnya, Kamla (Pryanka Bose) Saroo kecil nekat ikut kakaknya bekerja kasar di malam hari naik kereta yang jaraknya beberapa jam dari rumah.

Karena masih kecil, ternyata Saroo tak mampu membuka matanya ketika sampai di lokasi. Ia pun diminta Guddu untuk tidur saja dan menunggunya di bangku stasiun kereta. Sayangnya, ketika Saroo terbangun, Guddu tidak ada di mana pun. Saroo yang lelah mencari ke mana-mana akhirnya ketiduran di kereta sampai terjebak di dalam kereta tersebut selama berhari-hari dan semakin jauh dari stasiun tempat ia seharusnya bertemu Guddu.

Saroo Adult Mara

Kereta tersebut berhenti di Calcutta, sebuah kota besar yang banyak dihuni masyarakat miskin maupun kaya. Saroo terpaksa harus tidur di jalanan dan mengalami kejamnya kehidupan malam, hingga suatu ketika ia dijaring dan masuk ke panti asuhan. Di sana ia diajari berbahasa Inggris dan akhirnya diadopsi oleh pasangan asal Australia, Sue (Nicole Kidman) dan John Brierley (David Wenham).

Hidup bahagia di Australia selama 25 tahun, Saroo dewasa (Dev Patel) tiba-tiba diingatkan akan ibu dan saudara kandungnya. Panik dan rindu mendorongnya mengurung diri selama 6 tahun dan berusaha untuk menelusuri jejak ingatan untuk menemukan kampung halaman dan rumahnya dengan menggunakan Google Earth. Berhasilkah Ia?

Tak Hanya Sebuah Pemancing Oscar

Film-film jenis pemancing Oscar rasanya sudah punya formula tersendiri, sehingga penonton bisa dengan segera mengenalinya, begitu pula dengan LION. Namun jika kamu bersabar dan menonton film ini sampai habis, kamu akan sadar bahwa LION bukan hanya sebuah film pemancing Oscar. Film berdurasi dua jam ini memiliki misi untuk menyibak kondisi memprihatinkan yang dialami oleh anak-anak jalanan di India yang rentan akan penindasan dan perlakuan tidak senonoh.

Lebih dari 80,000 anak hilang di India setiap tahunnya, film LION berkolaborasi dengan beragam organisasi yang mendukung kesejahteraan anak-anak di India dan di seluruh dunia. Jika kamu tertarik untuk membantu, bisa langsung mengunjungi website LION berikut ini: Lionmovie.com

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Keren Non Play Store Banner
8 Aplikasi Android Terbaik yang Tidak Ada di Google Play Store
Aplikasi Android Canggih Fooview 7
Ajaib! Aplikasi Ini Bisa Gantikan Fungsi 6 Aplikasi Android Lain
Tebak Negara Banner
Hanya 2% Orang yang Bisa Menebak 50 Negara Besar Ini, Bisakah Kamu?
Pertanyaan Seputar Android
Kamu Orangnya Android Banget? Coba Jawab Pertanyaan Berikut!
APPS TERKAIT
Imdb Icon
IMDb Movies & TV 5.4.1.105410410
Apps IMDb
MoviePop Icon
MoviePop 1.1.7
Games FreshPlanet
Reverse Movie Fx Icon
Reverse Movie FX - magic video 1.2.9
Apps Bizo Mobile
Google Earth Pro Icon Icon
Google Earth Pro 7.1
Apps Google Inc.
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal