Canggih! Lengan Robot Ini Dikendalikan dengan Pikiran

11 January 2017

Para ilmuwan telah menciptakan sebuah otak komputer yang memungkinkan orang untuk mengontrol lengan robotnya hanya dengan menggunakan pikiran mereka. Seperti dilansir dari dailymail, sistem ini menggunakan sinyal dan mesin untuk mengkonversi 'pikiran' ke dalam tindakan yang kemudian memungkinkan penggunanya untuk menggapai benda tanpa perlu mengangkat tangannya.

Para peneliti mengatakan bahwa ini adalah yang pertama kalinya, tanpa menggunakan implan otak, lengan robot ini akan bisa digunakan suatu saat nanti untuk membantu orang-orang yang lumpuh atau penderita neurodegenerative.

Canggih! Lengan Robot Ini Dikendalikan dengan Pikiran

Lengan Robot yang dikendalikan pikiran Ini dapat Membantu Penyandang Disabilitas (foto: _Dailymail_)

Teknik yang dikembangkan oleh tim peneliti dari University of Minnesota ini disebut dengan electroencephalography (EEG). Untuk menggunakannya, operator harus memakai topi EEG berteknologi tinggi yang telah dilengkapi dengan 64 elektroda.

Beberapa orang pada awalnya dilatih utuk membayangkan tangan mereka menggerakkan beberapa benda tanpa melakukannya secara nyata, mereka memulainya dengan mengendalikan kursor virtual pada layar komputer sambil mengenakan topi EEG hingga kemudian mereka mulai menggunakan lengan robot.

Lengan Robot yang Dikendalikan Pikiran (foto: _Dailymail_)

"Ini adalah yang pertama kalinya di dunia, manusia dapat mengoperasikan lengan robot untuk mengenal dan menggapai benda-benda secara 3D yang cukup kompleks hanya dengan menggunakan pikiran mereka tanpa adanya implan otak. Cukup dengan membayangkan bahwa mereka menggerakkan tangan, mereka sudah bisa menggerakkan lengan robot." kata seorang profesor teknik biomedis.

Pada akhirnya, lengan robot benar-benar dapat menggenggam benda di lokasi secara acak dengan objek bergerak dari meja kemudian menuju rak melalui pikiran mereka sendiri.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Komentar