J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kisah Para Hacker yang Sebelumnya Dianggap Pahlawan Tapi Akhirnya Malah Dipenjara, Kok Bisa?

Sabtu, 30 Sep 2017, 12:30 WIB
Berbeda dengan kebanyakan hacker yang selalu dipandang buruk, kedua hacker ini dianggap sebagai pahlawan karena tindakan mulia mereka. Siapa saja mereka? Mari berkenalan lebih jauh dengan keduanya.

Hacker adalah salah satu pekerjaan yang dianggap paling berbahaya sekaligus dipandang secara negatif di dunia. Sebut saja tindakan seperti pemerasan dan pencurian data, yang selalu dikaitkan dengan keberadaan para hacker.

Meskipun tidak dapat disangkal bahwa keberadaan mereka sebenarnya membuat teknologi semakin berkembang, stigma negatif akan selalu melekat pula pada diri mereka. Berbeda dengan kebanyakan hacker yang selalu dipandang buruk, kedua hacker ini dianggap sebagai pahlawan karena tindakan mulia mereka. Meskipun cerita kepahlawanan tersebut akhirnya padam layaknya lonceng jam Cinderella. Siapa saja mereka? Mari berkenalan lebih jauh dengan keduanya.

BACA JUGA
  • Biar Aman! Cara Membuat Senjata Flashdisk Penangkal Hacker
  • Teman Ditangkap, Hacker Suarakan Ketidakadilan di Indonesia!
  • Duh Ngeri! 7 Black Hat Hacker Ini Terkenal Karena Kejahatannya

Kisah Para Hacker yang Sebelumnya Dianggap Pahlawan Tapi Akhirnya Malah Dipenjara, Kok Bisa?

1. Marcus Hutchins

6de59f009477c995f78c80f2d22f09ee

Hacker muda berkebangsaan Inggris ini sempat terkenal namanya beberapa bulan lalu setelah menghentikan penyebaran virus WannaCry. Marcus menghentikan penyebaran dengan menganalisis virus tersebut selama 3 hari dan berhasil menyimpulkan bahwa pembelian domain yang digunakan oleh WannaCry dapat menghentikan penyebarannya.

Berbekal dengan uang US$10 untuk membeli domain, tindakannya berhasil menghantarkan Marcus pada kejayaan di tahun 2017. Ia disebut-sebut sebagai pahlawan dan dihadiahi uang sebesar US$10.000. Tawaran kerja di perusahaan-perusahaan besar sempat menghampirinya.

Meskipun begitu, ia akhirnya memutuskan untuk mendonasikan hadiah yang didapatkan dan lebih memilih bekerja di National Cyber Security Centre, sebuah instansi milik pemerintah dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Karena hal tersebut, nama Marcus semakin dikenal sebagai pahlawan yang mempunyai hati tulus dan dermawan. Memberi nilai plus pada dirinya dibandingkan dengan para hacker lain di dunia, sekaligus mengubah pandangan orang terhadap pekerjaan hacker.

Namun, keberuntungan tidak berpihak lebih lama di sisinya. Bulan Agustus, Marcus ditahan oleh FBI dan menghadapi sangkaan tuntutan yang tidak main-main. Hukuman maksimal 50 tahun penjara berada di depan matanya.

Marcus dituduh membuat virus Kronos, sebuah virus yang menggunakan email dengan attachment di dalamnya sebagai media penyebaran. Seseorang yang tertarik dengan email tersebut dan membukanya, secara tidak sengaja pula akan memberikan password dari akun internet banking miliknya.

Banyak orang yang tidak memercayai dan menyebut bahwa Marcus adalah tipe orang yang akan menghentikan sebuah virus, bukannya menciptakannya, serta tak akan pernah menyakiti orang lain dalam bentuk apa pun. Namun, kenyataan yang dihadapi Marcus berkata sebaliknya. Saat ini ia memang sudah bebas jaminan, tetapi hanya menunggu waktu sampai perkaranya mulai dihadapkan di sidang pengadilan.

2. Hamza Bendelladj

E3a5943e6273f4fcb1cec13310940155

Hamza Bendelladj atau yang dijuluki sebagai ** Peretas yang tersenyum ** ialah salah satu hacker yang paling dicari di dunia. Dia bersama kawannya yang berasal dari Rusia, merupakan produsen utama pembuat malware yang diberi nama SpyEye.

Banyak sekali konsumen yang mengantre untuk membeli malware mereka di pasar gelap dunia cyber. SpyEye sendiri ialah virus yang dapat digunakan untuk menguras uang dari sistem jaringan bank, lembaga keuangan, bahkan hingga akun pribadi seseorang dengan cara menampilkan keseluruhan informasi personal mereka.

Terdapat informasi yang menyatakan bahwa salah satu konsumen SpyEye dapat menghasilkan sekitar US$3,2 juta hanya salam waktu 6 bulan saja.

Karena tergiur keuntungan yang begitu besar, maka tak ayal penjualan SpyEye sangat diminati. Kekayaan yang dihimpun Hamza dengan penjualan virus tersebut diperkirakan bisa mencapai US$200 juta.

Kehidupan Hamza sebagai hacker kemudian harus terhenti setelah dirinya ditahan oleh Kepolisian Thailand. Dituntut dengan hukuman penjara selama 60 tahun dan denda sebesar US$24 juta. Meskipun begitu, vonis hukumannya ternyata lebih kecil, yaitu 15 tahun penjara dan 3 tahun masa percobaan (pengawasan).

0fd8e369bd0a48fbb1852d5f6bf90a0018

Sebagai seorang kriminal dengan track record yang buruk, ternyata Hamza lebih dikenal sebagai pahlawan di tempat kelahirannya. Namanya digaungkan sebagai Robin Hood di zaman milenial. Ia disebut sebagai orang yang memberi dukungan finansial kepada Palestina melalui badan amal dan yayasan. Uang dukungan itu ia dapatkan dari menguras salah satu bank milik Israel.

Entah kabar tersebut benar atau tidak. Namun cerita dari mulut ke mulut sudah tersebar dan terpatri di beberapa kalangan, meskipun Kepolisian Thailand memberitakan sebaliknya. Hamza diduga menggunakan uang hasil penjualan untuk bersenang-senang dan foya-foya belaka.

Jika dilihat secara sekilas, maka nasib kedua hacker tersebut sama. Mereka layaknya kepingan uang logam, di satu sisi mereka pernah dianggap sebagai pahlawan dan di sisi lain mereka pun dianggap sebagai seorang penjahat.

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah para hacker tersebut memang layak mendapat gelar pahlawan atau malah sebaliknya? Jangan lupa tulis pendapat kalian di kolom komentar ya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Amixem Softwarenasa
Mau Jadi Astronot? Wajib Coba 20+ Software Dari NASA Ini, Gratis!
Banner Moresky Ebookhack
Mau Jadi Hacker Profesional? Nih 35+ eBook Tentang Hacking GRATIS!
Banner Googledevelopersblog Launchpad
Dukung Startup Digital, Google Buka Launchpad Accelerator Kelas 4
Banner Jalantikus M650
Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!
Banner Freeformers Bitcoinemas
Meroket! 1 Bitcoin Makin Mahal, Lebihi Harga Emas 1 Ons
APPS TERKAIT
Line For Android Icon2 Icon
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Line Lets Get Rich Apk Icon
LINE Let's Get Rich
Games LINE Corporation
Line Purple Icon
LINE (Purple) 4.6.0
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Nggak Keren Dan Bahaya! Ini Keuntungan Dan Kerugian Menjadi Hacker
Nggak Keren Dan Bahaya! Ini Keuntungan Dan Kerugian Menjadi Hacker
Ada Indonesia! 6 Negara Ini Punya Hacker Paling Ditakuti di Dunia
Ada Indonesia! 6 Negara Ini Punya Hacker Paling Ditakuti di Dunia
Inilah 5 Negara dengan Hacker Terkuat di Dunia!
Inilah 5 Negara dengan Hacker Terkuat di Dunia!
Ini Dia 10 Hacker Cantik yang Memukau Dunia
Ini Dia 10 Hacker Cantik yang Memukau Dunia

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal