J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Kasus Penipuan Terburuk yang Pernah Terjadi di Dunia Internet

Kamis, 26 Okt 2017, 13:00 WIB
Sudah banyak berbagai macam penipuan di dunia mulai yang bernilai kecil, sampai yang menyebabkan kerugian sangat besar kepada korbannya.

Sudah banyak berbagai macam penipuan di dunia, mulai yang bernilai kecil, sampai yang menyebabkan kerugian sangat besar kepada korbannya.

Internet, juga tak lepas dari kejahatan penipuan. Jaka telah menyusun 7 Kasus Penipuan Terburuk Yang Pernah Ada di Internet. Simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA
  • Berantas Penipuan Online Shop, Ini Solusi Resmi Dari Menkominfo!
  • Awas! Ini 4 Penipuan yang Pasti Terjadi Pada Smartphone Jika Kamu Nggak Hati-hati!
  • Jangan Ada Korban Lagi, Inilah 5 Jenis Penipuan di WhatsApp!

7 Kasus Penipuan Terburuk Yang Pernah Ada di Internet

1. Nigerian 419

Kebanyakan orang saat ini memiliki akun e-mail yang digunakan untuk berbagai keperluan. Tentu saja ada beberapa e-mail spam yang dikirim ke setiap orang, tapi ada satu yang paling menarik perhatian. Mungkin kamu pernah menerima e-mail yang bertuliskan dalam bahasa Inggris, bahwa ia berasal dari Nigeria dan memerlukan bantuan uang.

Benar, e-mail ini adalah penipuan atau scam yang dikenal dengan nama Nigeria 419. Dikatakan lebih dari $32 milyar telah lenyap karena penipuan ini. Tercatat ada sekitar 300.000 penipu di dunia saat ini, dan jumlahnya terus meningkat.

2. PayPal

PayPal merupakan akun transaksi pembayaran secara virtual. Tentu saja hal ini tak akan lepas dari yang namanya penipuan. Salah satunya pada perihal jual beli.

Saat kamu ingin menjual suatu barang dan menyediakan pembayaran via PayPal, si penipu akan antusias dengan iklan milikmu. Modusnya bahkan berani membayar lebih dari yang tertera dari kamu si penjual. Lalu kamu akan menerima konfimasi pembayaran palsu dari e-mail.

3. Bekerja dari rumah

Penipuan ini juga sempat marak di Indonesia, di mana kamu akan menerima e-mail atau sebuah pesan di akun sosial milikmu perihal sebuah pekerjaan yang mudah dan menghasilkan banyak uang.

Sang penipu akan menjanjikan sebuah pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, tanpa memberitahu detail pekerjaannya. Lalu untuk mengikutinya, kamu harus membayar sekitar kurang lebih 50.000 rupiah. Kamu akan dijanjikan sebuah pekerjaan yang bisa menghasilkan banyak uang. Tapi semua itu akhirnya hanyalah penipuan semata.

4. 'Free' Trial

Pasti kamu sering melihat beberapa iklan, seperti pil diet, pemutih wajah, atau produk semacamnya di internet. Beberapa di antaranya sebenarnya adalah penipuan, di mana modusnya mereka akan memberikan sebuah sampel gratis.

Sebagai gantinya, sampel gratis tersebut membutuhkan data bank calon korban. Namun, jika si calon korban benar-benar memasukkan data bank, maka siap-siap akan tagihan 'siluman' tiap bulannya karena sampel gratis tersebut. Atau yang lebih parah, si penipu akan menjual data bank korban ke perusahaan lain.

5. Pelelangan atau Penjualan Palsu

F551f97f20398a51c76987bd6e1c302a

Karena popularitas wadah pelelangan online seperti eBay dan Craiglist, tidak mengherankan hal ini juka dimanfaatkan oleh banyak penipu. Modusnya mereka akan mengadakan pelelangan atau penjulan barang fiktif.

Biasanya barang fiktif yang dilelang atau dijual merupakan barang mahal yang dimulai dengan harga sangat murah. Tentu banyak korban yang terjerat dan dengan mudahnya mentransfer uang, dan akhirnya mereka tidak mendapatkan apa pun.

6. Penipuan kencan online

Saat ini, situs dan aplikasi kencan online tengah digemari banyak orang, apalagi para tuna asmara atau yang dikenal dengan julukan 'jomblo'. Sayang sekali, meski ini bisa menjadi jalan keluar bagi para 'jomblo akut', tapi penipuan juga hadir di sini.

Awalnya si korban akan terjerat dengan penipu yang senang hati berpura menyukai korban. Setelah kedekatan semakin intense, meski hanya via chat, si penipu akan berpura meminta bantuan dana. Tentu, korban yang sudah terpesona akan 'janji palsu', seraya berjalan ke ATM dengan mudah dan menekan tombol transfer.

7. Dana bantuan bencana

Tak ada yang lebih hina di antara para penipu, dari penipu yang menggunakan bencana sebagai modus penipuan. Tentu hal ini sangat kejam, tak hanya bagi korban penipuan, tapi juga untuk korban bencana.

Modusnya mereka akan mengirimkan e-mail, yang seakan resmi dengan tautan yang diarahkan ke sebuah web donatur yang dibuat secara profesional. Di sana calon korban akan diarahkan untuk mendonasikan uangnya. Jika kita tidak teliti, bisa saja rasa peduli kasih kita malah terealisasi untuk memperkaya si penipu.

Itulah 7 Kasus Penipuan Terburuk Yang Pernah Ada di Internet. Jadi sekarang harus lebih berhati-hati lagi ya guys, agar kita juga tidak menjadi korban berikutnya. Jangan lupa, tuliskan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT
Kelakuan Terjorong Orang Zaman Dulu
Nganu Pakai Jagung!? Ini 5 Kelakuan Terjorok Orang Zaman Dulu
Modifikasi Motor Alay Ok
Keren! 5 Modifikasi Motor Ini Buat Tuhan Makin Dekat
Hal Aneh Tertangkap Google Street
Ada Indonesia, Ini 5 Hal Paling ANEH yang Tertangkap Kamera Google Street View
44fd173e33dd730d25811b6c068588b4
8 Karakter Anime yang Terinspirasi Dari Tokoh di Dunia Nyata
Iklan Viral Indonesia
Indo Eskrim Kalah?! Ini 5 Iklan Indonesia yang Viral Pada Masanya
APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Hati-hati! Ini 5 Modus Penipuan Online dengan Korban Terbanyak
Hati-hati! Ini 5 Modus Penipuan Online dengan Korban Terbanyak
Jangan Ada Korban Lagi, Inilah 5 Jenis Penipuan di WhatsApp!
Jangan Ada Korban Lagi, Inilah 5 Jenis Penipuan di WhatsApp!
Awas! Ini 4 Penipuan yang Pasti Terjadi Pada Smartphone Jika Kamu Nggak Hati-hati!
Awas! Ini 4 Penipuan yang Pasti Terjadi Pada Smartphone Jika Kamu Nggak Hati-hati!
5 Hal Mengerikan Yang Bisa Dilakukan Hacker Dengan Memanfaatkan Smartphone Milikmu
5 Hal Mengerikan Yang Bisa Dilakukan Hacker Dengan Memanfaatkan Smartphone Milikmu

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal