J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Kasus Developer Melakukan Serangan Balasan Kepada Gamers Curang

Minggu, 17 Jun 2018, 12:00 WIB
Ketika sebuah developer merilis game ke pasaran, maka mereka punya pekerjaan baru yang harus diselesaikan. Sama bersemangatnya seperti gamers yang mengantisipasi suatu game selama bertahun-tahun, para developer juga bersemangat untuk mencegah kebohongan/kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh para gamers itu sendiri.

Ketika sebuah developer merilis game ke pasaran, maka mereka punya pekerjaan baru yang harus diselesaikan. Sama bersemangatnya seperti gamers yang mengantisipasi suatu game selama bertahun-tahun, para developer juga bersemangat untuk mencegah kebohongan/kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh para gamers itu sendiri.

Dengan teknologi yang semakin maju seperti saat ini, banyak oknum gamers yang tidak bertanggung jawab, menggunakan cheat, membajak, atau mungkin mencuri data dari gamers lain. Hal seperti ini umumnya dilakukan hanya untuk satu tujuan, yaitu kemenangan. Maka dari itu, di sini Jaka akan mengulas tentang kasus serangan balasan developer terhadap gamers yang curang. Cekidot!

BACA JUGA
  • 5 Kebiasaan Buruk Gaming yang Harus Kamu Hentikan Sekarang
  • 5 Game RPG Buatan Developer Indonesia yang WAJIB Kamu Coba Kalau Cinta Indonesia
  • 6 Hal yang Menjadikan Pekerjaan Developer Game Sangat Tidak Menyenangkan

7 Kasus Developer Melakukan Serangan Balasan Kepada Gamers Curang

1. The Sims 4

1 E61ad

The Sims 4 merupakan seri terbaru dari franchise Sims buatan EA yang terus didukung oleh konten-konten baru hingga kini. Tak hanya dikenal sebagai developer yang gemar microtransactions , EA ternyata juga gemar menghukum gamers yang membajak game-nya. Untuk memberi pelajaran kepada gamers yang tidak bertanggung jawab, EA pernah melakukan blur habis-habisan pada The Sims 4. EA membuat seluruh permainan terlihat blur dan tidak karuan sehingga gamers bajakan tidak dapat memainkannya. Thug Life EA?

2. Grand Theft Auto IV

2 3e472

Benar memang apabila franchise Grand Theft Auto sering tersandung kasus hukum karena tema kekerasan dan kejahatan yang dimilikinya dinilai terlalu berlebihan. Meskipun begitu, rupanya Rockstar selaku developer tidak memberikan toleransi terhadap gamers bajakan. Nah, kebijakan toleransi nol ini mereka berlakukan ke hampir semua game buatan mereka, tak terkecuali GTA IV. Bagi gamers yang memainkan GTA IV bajakan, akan mendapat sudut pandang kamera yang bergoyang-goyang. Selain itu, setiap mengendarai mobil, kontrol juga akan selalu mengarah ke samping.

3. Earthbound

3 E90e7

Earthbound merupakan game SNES klasik yang biasanya memiliki panduan strategi bagi gamers awam. Sayangnya, panduan strategi yang sangat membantu itu akan hilang ketika game yang dimainkan merupakan versi bajakan atau cracked. Tak hanya itu saja, di sepanjang permainan, pemain akan diserang oleh musuh tanpa batas disertai dengan tingkat kesulitan yang naik dengan cepat. Dan yang lebih menyebalkan lagi, pada misi terakhir game akan secara otomatis freeze dan menghapus setiap file penyimpanan pemain.

4. Serious Sam 3 BFE

4 25101

Serious Sam 3 BFE bisa dibilang merupakan kemunduran bagi franchise Serious Sam yang terkenal hebat dan memiliki banyak penggemar. Namun, seiring berjalannya waktu, game buatan Croteam ini masih bisa diterima dengan tangan terbuka oleh gamers. Meskipun tidak terlalu sukses, Croteam rupanya tidak menghentikan kepedulian terhadap game FPS ini. Terbukti, Croteam menghukum gamers bajakan dengan cara memberi musuh yang tidak bisa mati. Gregetnya lagi, musuh yang kebal terhadap serangan apa pun itu akan terus mengejar sampai si karakter utama mati berkali-kali.

5. Mirror's Edge

5 D4860

Seperti yang sudah disebutkan tadi, EA menjadi developer yang kurang suka dengan kelakuan gamers bajakan di luar sana. Bagi kamu yang sudah memainkan Mirror's Edge, tentu saja tahu bahwa Faith yang merupakan karakter utama pada game memiliki kemampuan parkour yang luar biasa. Namun, Faith tidak bisa melakukan aksi itu apabila dikendalikan oleh gamers bajakan. EA dengan brilian membuat Faith secara otomatis melambat apabila sudah mendekati tepian gedung dan membuatnya tidak dapat melompat dengan jangkauan yang cukup. Hal seperti ini tentu saja membuat game tidak dapat diselesaikan dengan cara apapun.

6. Ark Survival Evolve

6 D5583
Pernah ada satu kasus, dimana salah seorang pemain bernama Ricky, mengganggu pemain lain dengan cara yang salah. Alih-alih mengembangkan perabadan dan bertahan hidup melawan dinosaurus, Ricky malah lebih suka melakukan tindakan rasis melalui N Words . Sekelompok pemain lain yang geram, langsung bekerja sama, membuat gubuk kecil dan mengunci karakter Ricky disana. Dalam hal ini, tidak selamanya developer menghukum pemain yang salah secara langsung, tapi lebih ke kasus keadilan dimana developer menciptakan dunia yang memungkinkan hukuman itu terjadi.

7. Game Dev Tycoon

7 5d23f

Game Dev Tycoon merupakan sebuah game simulasi membuat game yang dikembangkan oleh Greenheart. Nah, untuk memberi pelajaran kepada gamers bajakan, developer indie asal Australia ini secara sengaja membuat versi bajakan dari Game Dev Tycoon. Secara garis besar, versi bajakan itu tidak berbeda jauh dengan versi berbayar. Satu-satunya perbedaan sekaligus hukuman yang dimaksud adalah pemain akan mendapat notifikasi apabila game yang mereka buat di Game Dev Tycoon telah dibajak. Apabila sudah seperti ini, perusahaan yang pemain buat di dalam game akan bangkrut terus-menerus sampai akhirnya tidak dapat dimainkan.

Akhir Kata

Itu tadi sedikit info menarik mengenai kasus developer melakukan serangan balasan terhadap gamers curang. Di industri kreatif seperti video game, kecurangan yang dilakukan konsumen memang sangat memilukan. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk selalu mendukung developer dengan cara membeli game yang mereka buat. SAY NO TO PIRACY!

ARTIKEL TERKAIT
00000 6f1d2
Bukan Mati di Infinity War! 5 Superhero yang Mengalami Kematian Secara Tragis
Gadget Koplak A2697
Jangan Tiru 10 Kelakuan Koplak Pada Gadget Ini
Hasil Photoshop Gagal 5b911
Bikin Malu! ini 15 Hasil Photoshop GAGAL Seleb Hollywood
IPhone X Cameras 4b0c4
5 Smartphone Kamera Terbaik 2018 Versi JalanTikus
Pubg Ec9d9
5 Fakta Unik Dan Menarik Dari Game PUBG
APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Gaming Icon
YouTube Gaming 1.1.20.3
Apps Google Inc.
Buzz Up Viral Videosok Icon
Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Game Ini Mempermainkan Gamer yang Memainkan Versi Bajakan, Kok Canggih?!
5 Game Ini Mempermainkan Gamer yang Memainkan Versi Bajakan, Kok Canggih?!
7 Game yang Sukses Membuat Para Pemainnya Frustasi
7 Game yang Sukses Membuat Para Pemainnya Frustasi
Kecewa! 5 Game SAMPAH Ini Ternyata Buatan Developer Hebat
Kecewa! 5 Game SAMPAH Ini Ternyata Buatan Developer Hebat
Gamers Wajib Baca! 7 Game Legendaris Ini Sudah Berusia 20 Tahun, Pernah Mainin?
Gamers Wajib Baca! 7 Game Legendaris Ini Sudah Berusia 20 Tahun, Pernah Mainin?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal