J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah Dua Ponsel Samsung yang Gunakan Tenaga Matahari

Inilah Dua Ponsel Samsung yang Gunakan Tenaga Matahari

Jumat, 27 Mar 2015, 08:00 WIB
Ponsel yang menggunakan tenaga matahari bisa dikatakan langka, bahkan beritanya pun jarang terdengar. Namun, siapa sangka ponsel tersebut sebenarnya pernah ada dan sempat beredar dipasaran. Samsung, perusahaan asal Korea Selatan ini pernah

Ponsel yang menggunakan tenaga matahari bisa dikatakan langka, bahkan beritanya pun jarang terdengar. Namun, siapa sangka ponsel tersebut sebenarnya pernah ada dan sempat beredar di pasaran. Samsung, perusahaan asal Korea Selatan ini pernah meluncurkan ponsel yang ramah lingkungan dengan menggunakan baterai yang dayanya dapat diisi dengan cahaya matahari.

Sekitar tahun 2009, Samsung telah meluncurkan ponsel bertenaga matahari ini ke pasaran, bukan hanya satu, namun dua model ponsel sekaligus. Dua ponsel tersebut adalah Samsung Guru E1107 dan Samsung Blue Earth.

Samsung Guru E1107

Samsung Guru

Guru E1107 merupakan ponsel pertama Samsung yang memiliki kemampuan pengisian daya menggunakan cahaya matahari. Bahkan ponsel ini menjadi yang pertama di dunia yang memiliki kemampuan tersebut. Sistem kerjanya sederhana, Samsung menyematkan panel solar di bagian belakang ponsel. Hanya saja, pengisian daya memanfaatkan matahari ini tidak terlalu banyak. Satu jam pengisian daya hanya cukup untuk melakukan panggilan telepon selama 5 sampai 10 menit. Namun, selain dapat diisi daya dengan matahari, ponsel ini juga tentunya dapat diisi daya menggunakan sumber listrik.

Ponsel yang dibekali layar 1,52 inci ini dipasarkan di beberapa negara berkembang yang masih kesulitan menemukan sumber listrik. Pada saat itu Guru E1107 di-distribusikan ke India dan Pakistan. Guru E1107 memiliki fungsi tidak lebih dari sebuah feature phone, yaitu hanya untuk telepon, SMS, dan mendengarkan radio.

Samsung Blue Earth

Samsung Blue Earth

Perangkat Samsung kedua yang menggunakan tenaga matahari adalah Samsung Blue Earth. Ponsel yang diartikan "Bumi Biru" ini sedikit lebih canggih dari pendahulunya, Guru E1107. Selain memiliki fungsi telepon dan SMS, perangkat ini juga sudah memiliki kemampuan berselancar di Internet, menonton video streaming di YouTube, dan dilengkapi GPS, Wi-Fi, dan mendukung jaringan 3G.

Sama seperti Samsung Guru E1107, panel solar pada Samsung Blue Earth juga diletakan di bagian belakang. Sampai saat ini belum ada informasi apakah Samsung atau perusahaan lain akan mengembangkan dan merilis kembali perangkat yang memanfaatkan tenaga matahari.

Artikel Menarik Lainnya:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Inilah Sejarah Ponsel Kamera Pertama dari Samsung dalam Bentuk Infografis

Inilah Sejarah Ponsel Kamera Pertama dari Samsung dalam Bentuk Infografis

Harga Samsung Galaxy S6, Sang Penjegal iPhone 6

Harga Samsung Galaxy S6, Sang Penjegal iPhone 6

Inilah Smartwatch Paling Sempurna dari Samsung

Inilah Smartwatch Paling Sempurna dari Samsung

Ini Dia Teaser Baru Dari Samsung Untuk Seri Galaxy S6

Ini Dia Teaser Baru Dari Samsung Untuk Seri Galaxy S6

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal