J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Belanda Selama 350 Tahun! Ini Penjelasannya

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Belanda Selama 350 Tahun! Ini Penjelasannya

Rabu, 7 Sep 2016, 14:00 WIB
Tapi, benar nggak sih bahwa Indonesia dijajah Belanda selama itu? Apakah yang kita pelajari selama ini benar bahwa kita dijajah selama 350 tahun? Semuanya akan saya rangkum di artikel ini. Maka dari itu, yuk simak dengan seksama!

Seluruh rakyat Indonesia pasti sudah tahu bahwa dulunya bangsa ini pernah dijajah oleh bangsa barat, terutama Belanda. Jika ditanya berapa lama Belanda menjajah Indonesia, pasti mereka semua menjawab selama 350 tahun.

Tapi, benar nggak sih bahwa Indonesia dijajah Belanda selama itu? Apakah yang kita pelajari selama ini benar bahwa kita dijajah selama 350 tahun? Semuanya akan saya rangkum di artikel ini. Maka dari itu, yuk simak dengan seksama!

BACA JUGA
  • 4 Game Kartu Android Terbaik di Indonesia
  • Ini Dia Wajah 10 Komikus yang Sukses di LINE Webtoon Indonesia
  • Cinta Indonesia! Begini Cara Jalan-Jalan Gratis ke Pulau Komodo

Indonesia Tidak Dijajah Belanda Selama 350 Tahun! Ini Penjelasannya

F5160674d7e159a16365cea827a41991

Pada tahun 1950, Presiden Soekarno pernah menyatakan bahwa Indonesia telah dijajah selama 350 tahun oleh Belanda. Banyak juga guru sejarah dan buku pelajaran yang menyatakan hal demikian. Tapi, apakah benar Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun?

Ternyata, setelah diteliti dari sejarah hukum dan kolonial, Indonesia tidak dijajah selama 350 tahun. Hal ini dibuktikan oleh studi seorang ahli hukum keturunan Belanda-Jawa. Faktanya Belanda mempopulerkan pernyataan ini untuk mengukuhkan kembali kekuasaan Hindia Belanda yang sempat diambil Inggris pada tahun 1811-1816.

0a2201dba8b4f9dc7eff5bc8fe536a1e

Melalui pendidikan saat itu, Belanda mencoba menanamkan anggapan bahwa Indonesia telah mereka kuasai sejak kedatangan Cornelis de Houtman. Hal ini dikemukakan oleh ucapan Gubernur Jendral Cornelis de Jonge tahun 1930-an yang menyatakan bahwa Belanda telah berkuasa di Hindia Timur sejak hampir 300 tahun yang lalu dan akan tetap demikian 300 tahun berikutnya.

Padahal, sejak Cornelis de Houtman berlayar ke Nusantara pada tahun 1596, mereka hanya bertujuan untuk berdagang rempah-rempah. Sedangkan dalam KBBI, menjajah adalah menguasai atau memerintah suatu negeri atau daerah. Jadi, momen pas pertama kali Houtman datang ke wilayah Nusantara nggak tepat dong kalau disebut 'menjajah'.

F8dce8751fdb4639951eccc1ae1ec1f9

Terus, bagaimana kalau diambil dari tahun berdirinya VOC? VOC didirikan tahun 1602, 6 tahun setelah ekspedisi perjalanan Houtman. Jadi, kalau dihitung sejak tahun 1602, dinterupsi kependudukan Inggris tahun 1811-1816, dilanjutkan kembali oleh Belanda sampai 1942, kemudian diteruskan Jepang hingga 1945, maka Indonesia hanya dijajah selama 343 tahun. Ya, masih beda dikit lah ya.

Tapi eiitss, tunggu dulu. Jangan lupa bahwa VOC itu bukanlah suatu negara. VOC hanyalah sebuah perusahaan dagang. Kerja VOC bukanlah menguasai daerah, tapi untuk menguasai perdagangan regional di Hindia Timur. Ibaratnya kalau jaman sekarang, industri otomotif kita dikuasai oleh perusahaan-perusahaan Jepang, seperti Yamaha, Honda, dan lain-lain. Itu bukan berarti sekarang negara kita dijajah sama Jepang, bukan?

Walaupun VOC diberi hak oktroi, bukan berarti perusahaan dagang tersebut mewakili Negara Belanda. Jadi, dalam konteks "Indonesia dijajah 350 tahun oleh Belanda", pendirian VOC juga bukanlah momentum yang tepat, karena sekali lagi VOC itu hanyalah perusahaan dagang, bukan negara Belanda.

C83f715dd40f86ae91f5c9e987755cba

Jadi, sebenarnya berapa lama sih Belanda menjajah Indonesia? Seperti yang kita ketahui, VOC dibubarkan pada tahun 1799 dan langsung diambil alih oleh pemerintah Republik Batavia (nama Belanda waktu itu) sejak tahun 1800. Sejak saat itulah, nama-nama daerah yang dikuasai VOC sebelumnya diganti menjadi Nederlands Indie atau Hindia Belanda.

Tapi, saat itu Belanda belum menguasai sepenuhnya wilayah Nusantara. Dengan serangkaian perang dari tahun 1800 sampai 1914, barulah Belanda bisa menguasai seluruh wilayah Nusantara (kecuali pedalaman Kalimantan dan Papua). Jadi, jika dilihat Negara Belanda menjajah Indonesia dari tahun 1914-1942, dengan masa istirahat kependudukan Jepang 1942-1945 (3 tahun), jadi 1949-1914-3 = 32 tahun.

Tapi, tunggu dulu, nama Indonesia sebetulnya belum terlalu populer hingga Sumpah Pemuda tahun 1928. Pada saat itu, Indonesia belum ada bahkan baru resmi digunakan sebagai nama negara kita tahun 1945. Jadi, sebagai 'sebuah negara' Indonesia seharusnya belum pernah terjajah sama sekali.

Sebelum menjadi negara, rangkaian kepulauan Indonesia yang kita kenal sekarang disebut sebagai Hindia Timur atau Hindia Belanda (kecuali Timor Leste dan Papua). Nama Hindia Belanda dipilih untuk membedakan dengan Hindia Barat (India) yang dikuasai oleh Inggris pada saat itu.

E0290b119838e49058e078264ef653aa

Jauh sebelum masuknya bangsa Eropa ke tanah air, yang ada hanyalah kerajaan dan kesultanan (Indonesia belum ada loh ya). Namun, semua wilayah tersebut tidak langsung berhasil diduduki oleh Belanda. Contohnya, hingga awal abad ke-20, wilayah Siak, Goa, Kutai, dan Sumba masih berstatus setara dengan Belanda meski kadang terikat penjanjian-perjanjian tertentu.

Jika benar begitu, kenapa Soekarno masih berpidato bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun? Sejak pertama kali mendarat, bangsa Barat telah berniat untuk memonopoli perdagangan bahkan tidak segan untuk menggunakan kekerasan. Sejak saat itu, bangsa Indonesia tidak lagi bisa berdagang kemana saja dan harus hidup dalam rasa takut. Mungkin, makna inilah yang ingin disampaikan Soekarno sehingga rakyat Indonesia mau bersatu padu untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Demikianlah penjelasan tentang berapa lama Belanda menjajah Indonesia. Sebenarnya, seperti yang disebutkan di atas tadi, sebagai sebuah negara Indonesia sebenarnya belum terjajah karena nama Indonesia baru digunakan tahun 1945.

Kalau di antara kalian ada yang berpikir Indonesia diserang/dijajah kembali oleh Belanda tahun 1945-1949, kalian salah. Tahun 1945-1949 itu bukanlah masa penjajahan lagi, melainkan agresi/invasi, yaitu Belanda menyerang Indonesia dengan kekuatan militer untuk menguasai Indonesia kembali. Bagi kamu yang mau menambahkan dan berpendapat, silahkan tulis di kolom komentar ya.

ARTIKEL TERKAIT
Situs Nonton Film A61bd

15 Situs Nonton Film Gratis & Terbaik Pengganti IndoXXI, Terbaru 2020!

Google Maps Untuk Indonesia 8

Canggih! 4 Fitur Baru Google Maps Ini Khusus Dibuat Untuk Indonesia!

Intro

10+ Hal GRATIS di Internet yang Harus Kamu Coba!

Keyword Terlarang Di Google 8

Keyword Terlarang di Google yang Dijamin Membuat Kamu Tercengang

APPS TERKAIT
Navigasi Net
Peta Indonesia 3.6.3
Apps navigasi.net
Indonesia Live Tv Icon
Indonesia Live TV 1.4
Apps RAVIAN SOLUTION
Sms Gratis
SMS Gratis Indonesia 1.0
Apps Redevy Team
Tebak Lagu Indonesia
Tebak Lagu Indonesia 1.1
Games TI.UIN-AM Dev
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
6 Alasan Kenapa Indonesia Pantas Disebut Rajanya Bangsa Digital

6 Alasan Kenapa Indonesia Pantas Disebut Rajanya Bangsa Digital

Pengen Jadi Technopreneur Muda tapi Gak Punya Modal Usaha? Ini Solusinya

Pengen Jadi Technopreneur Muda tapi Gak Punya Modal Usaha? Ini Solusinya

Jokowi Minta Alibaba Menjadi Penasihat Komite e-Commerce Indonesia

Jokowi Minta Alibaba Menjadi Penasihat Komite e-Commerce Indonesia

Ini Jadinya Jika Darth Vader Pensiun dan Tinggal Di Indonesia

Ini Jadinya Jika Darth Vader Pensiun dan Tinggal Di Indonesia

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal