J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

MENGERIKAN! Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Main Game Berjam-jam!

Kamis, 15 Jun 2017, 19:30 WIB
Siapa yang tak suka bermain game, hampir semua orang di dunia menyukainya. Namun, ternyata game bisa berbahaya loh. Salah satu keresahan yang timbul yakni para _gamer_ sulit mengurangi waktu bermain mereka.

Siapa yang tak suka bermain game, hampir semua orang di dunia menyukainya. Namun, ternyata game bisa berbahaya loh. Salah satu keresahan yang timbul yakni para gamer sulit mengurangi waktu bermain mereka. Kecanduan pada game ini bisa menjadi hal buruk bagi diri sendiri.

Meskipun banyak menimbulkan efek negatif, bermain game ternyata juga mampu memberikan efek positif bagi para pemainnya. Pertama, bermain game bisa mengurangi stress akibat pekerjaan. Kedua, dengan bermain game kemampuan otak dan kemampuan untuk berpikir kritis seseorang bisa meningkat. Jadi apa saja yang akan terjadi pada tubuh jika kita bermain game terlalu sering. Yuk, simak baik-baik.

BACA JUGA
  • 6 Alasan Kenapa Cewek Sering Sebel Sama Cowok Gamer!
  • 10 Gamer Wanita Paling Cantik dan Seksi Di Dunia
  • 5 Hal Ini Paling Sering Bikin Kantong Gamer Kering Kerontang! Sedih deh Kalo Diceritain..

10 Hal Ini Akan Terjadi Jika Main Game Berjam-jam!

1. Kamu bisa tewas karena trombosis

E30bca2f0a44d463542142c050b46c1f
Ada suatu kondisi di mana seseorang bisa terkena trombosis vena dalam . Kondisi tersebut diakibatkan karena sering duduk diam terlalu lama. Kejadian ini pernah dialami oleh seorang gamer asal Inggris yang meninggal dunia dikarenakan gumpalan darah akibat trombosis. Setelah diteliti penyebabnya adalah ia terlalu sering bermain game, hampir 12 jam setiap hari.

Kondisi ini juga dikenal sebagai sindrom kelas ekonomi , biasanya kondisi tersebut sering terjadi pada seorang yang bepergian jauh karena tidak bisa bergerak banyak. Akibat kondisi ini penggumpalan darah bisa terbentuk karena imobilitas berkepanjangan dan aktivitas fisik yang ekstrem.

2. Terkena gagal jantung

142d0530130baca0dcdb01950f2aa41e
Pria berusia 32 tahun asal Hongkong ditemukan tewas di sebuah cafe internet karena bermain game selama 3 hari non-stop. Diketahui penyebab kematian pria tersebut karena gagal jantung. Kondisi yang menimpa pria tersebut terjadi karena efek imobilitas, suhu dingin, dan kelelahan akibat kurang tidur. Karyawan kafe tersebut melaporkan jika pria itu sering menginap selama berhari-hari untuk bermain game.

Tidak tidur selama berhari-hari akan membuat ketegangan yang ekstrwm pada tubuh kita, ditambah kondisi kesehatan juga pasti akan menurun, hal ini kemudian akan memicu di mana kondisi jantung kita bisa berhenti kapan saja.

3. Cedera Nintendinitis

367006d1e936f30782c11f827e213933
Nintendinitis adalah suatu kondisi cedera karena regangan berulang yang dilakukan terus-menerus. Para gamer paling sering mengalami kondisi ini, di mana mereka berulang kali melakukan gerakan sama pada salah satu tubuh mereka. Contohnya adalah saat jari-jari tangan mereka memencet tombol joystick dalam waktu yang lama dan sering. Selain itu, kondisi ini bisa juga terjadi pada bagian tubuh lain tergantung bagaimana kondisinya.

4. Sakit punggung

8f9bfe3abae04686e3775b5ade72b0ad
Sebuah studi pada tahun 90-an melaporkan bahwa nyeri punggung yang muncul ternyata berkorelasi dengan kegiatan seperti menonton TV dan bermain video game. Laporan tersebut juga mencatat jika bermain game bisa mengakibatkan nyeri punggung yang serius. Jadi mulai sekarang kita harus mengubah kebiasaan duduk saat bermain game.

5. Merusak mata

165588b5df2d8c93780e42ef666a5485
Hal ini sering dimunculkan pada beberapa literatur jika sering menatap layar gadget bisa mempengaruhi kondisi mata. Kondisi yang bisa menimpa siapa pun ini disebut juga Computer Vision Syndrome (CSV). Kondisi ini dapat terjadi pada setiap orang setelah beberapa jam melihat layar.

Kondisi ini sudah pasti bisa menyebabkan berbagai masalah, misal mengakibatkan ketegangan dan sakit pada area mata. Kondisi tersebut bisa diperburuk apabila kita menatap layar gadget pada kondisi pencahayaan ruangan yang minim. Apabila kebiasaan ini tidak segera diubah maka bisa menimbulkan masalah yang lebih serius lagi dikemudian hari seperti kanker mata dan jenis kerusakan mata lainnya.

6. Mempengaruhi otak

14fce1fc6a776fd85607bf0e4f54f683
Jika kita bermain game terlalu sering tanpa disadari otak kita juga akan terpengaruh karenanya. Sebuah studi menyebutkan jika bermain video game terlalu sering bisa mempengaruhi otak sepenuhnya. Kondisi ini sering ditemui pada anak-anak, mereka yang bermain lebih dari 9 jam setiap minggu berpotensi menciptakan "pusat candu" di dalam otak mereka dan kecanduan tersebut membuat mereka selalu ingin bermain game terus-menerus.

7. Berpotensi kejang bagi penderita epilepsi

A9090e05a32d49af60ec5c3c8506c9c7
Jika kamu penderita epilepsi maka ada baiknya berhati-hati saat bermain video game terlalu sering. Menurut studi, mayoritas penderita epilepsi akan mengalami kejang saat bermain video game yang melelahkan.

8. Rentan terkena Obesitas

742464cc70f7cf44043a63c6965941b8
Terlalu lama duduk dan diam berjam-jam memainkan video game rupanya berpotensi untuk terkena masalah obesitas. Menurut studi, beberapa gamer yang aktif memiliki masalah kesehatan yaitu mudah lelah dan cenderung berpotensi terkena obesitas.

9. Kecanduan Video Game

A57871750d0683c9d8cfebad805584e8
Menghentikan kebiasaan merupakan sesuatu yang sulit dilakukan, termasuk kebiasaan bermain game. Menurut studi, anak-anak yang bermain video game berpotensi untuk dapat kecanduan. Lalu bagaimana dengan orang dewasa? Ya, kebanyakan mereka bermain game karena ingin melepas stress, hal ini bisa saja membuat mereka sepenuhnya mengasingkan diri untuk menjalankan kehidupan di dalam dunia game.

10. Membuat kinerja otak meningkat

39b9bf63534baba0c16a8bc55f40e2a9
Kali ini efek positifnya adalah hal itu bisa membuat kinerja otak meningkat. Namun, tentu saja dalam jumlah proporsi dan jenis game yang tepat. Menurut studi, area otak yang bertanggung jawab pada fungsi navigasi spasial, memori, perencanaan strategis, dan keterampian motorik halus akan dapat meningkat akibat bermain game. Ini dikarenakan setiap game memiliki mekanisme gameplay yang berbeda, dan juga ada beberapa game yang tidak mudah untuk menyelesaikannya dan membutuhkan sejumlah strategi untuk memenangkannya.

Itulah 10 hal yang bisa terjadi jika main game terlalu lama. Jadi, apakah kamu sering bermain game berjam-jam setiap hari? Kalau iya, berhenti dari sekarang! Kamu tahu kan bahaya apa yang akan menimpamu nanti. Semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Msirawz Egpu

Modal 500 Ribu, Laptop Biasa Kamu Bisa Jadi Laptop Gaming! Mau?

Gak Ada Google Dan 9 Hal Yang Tidak Bisa Kamu Temukan Di China

Gak Ada Google dan 9 Hal yang Tidak Bisa Kamu Temukan di China

Cara Menambah Ram Android Banner

Anti Lemot, Ini Cara Menambah RAM HP Android | No Root!

Tipe Bacotan Gamer Yang Manakah Kamu Banner

Bacot Dulu Kalah Belakangan, Ini Dia Bermacam Tipe Bacotan Gamer

Sumail

WOW, Gamer 17 Tahun Ini Gajinya Rp 24 Miliar!

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Bisa Sampai Tewas! Ini 9 Bahaya Main Game Terlalu Lama

Bisa Sampai Tewas! Ini 9 Bahaya Main Game Terlalu Lama

10 Dampak Positif Bermain Game Online & Offline Bagi Tubuh

10 Dampak Positif Bermain Game Online & Offline Bagi Tubuh

NGERI! Ini 5 Bahaya Kecanduan Akut Pada Video Game

NGERI! Ini 5 Bahaya Kecanduan Akut Pada Video Game

Gamer Masuk! 6 Hal Penting Ini Bisa Kamu Pelajari dari Bermain Game Loh!

Gamer Masuk! 6 Hal Penting Ini Bisa Kamu Pelajari dari Bermain Game Loh!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal