J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Dilarang di Arab Saudi, 5 Hal Ini Dianggap Wajar di Negara Lain

              Dilarang di Arab Saudi, 5 Hal Ini Dianggap Wajar di Negara Lain

              00
              Minggu, 5 Nov 2017, 17:00 WIB
              Gak boleh pacaran? Berikut ini 5 hal yang dilarang di Arab Saudi, tapi dianggap wajar di negara lain.

              Ngomongin soal Arab Saudi, mayoritas orang pasti akan langsung membayangkan tentang Mekkah, Raja Salman, atau perempuan-perempuan yang menggunakan cadar. Selain hal-hal barusan, negara tempat kelahiran Nabi Muhammad ini juga dikenal karena memiliki aturan-aturan yang terbilang ketat.

              Bahkan, beberapa aturan di sana melarang warganya untuk melakukan hal-hal yang tergolong biasa di negara lain. Apa saja? Berikut Jaka ulas lima hal yang dilarang di Arab Saudi, tapi malah dianggap wajar di negara lain.

              BACA JUGA
              • Ada Unsur Illuminati?! Ini 13 Film Kartun yang Pernah Dilarang di Dunia
              • Ada Penistaan Agama?! 7 Film Kontroversial Ini Dilarang Tayang Di Indonesia
              • Terlalu Vulgar Sampai Dilarang KPAI, 8 Game Online Ini Jangan Kamu Mainkan

              Dilarang di Arab Saudi, 5 Hal Ini Dianggap Wajar di Negara Lain

              1. Pemuka Agama Jadi Selebritis

              Arab Saudi 1

              Kamu pasti familiar dengan banyaknya ustadz dan pemuka-pemuka agama yang jadi selebritis di Indonesia. Nama-nama seperti Aa Gym, Ustadz Solmed, Mamah Dedeh dan sebagainya pasti sering banget menghiasi layar kaca hampir di setiap harinya.

              Hal ini ternyata sangat diharamkan di Arab Saudi. Para pemuka agama gak boleh jadi selebritis di sana. Bahkan untuk tampil di acara-acara tertentu yang sifatnya off air, prosedur yang harus dilewati terbilang cukup sulit. Selain itu, menjadikan dakwah sebagai kompetisi yang ditayangkan di televisi juga pastinya diharamkan di sana.

              2. Pacaran

              Arab Saudi 2

              Arab Saudi melarang keras masyarakatnya untuk berpacaran. Hal itu dianggap haram karena membuat lawan jenis yang statusnya bukan muhrim bisa saling bermesraan. Untungnya, larangan yang satu ini masih bisa sedikit 'diakali' untuk warganya yang masih kekeuh ingin berpacaran.

              Meski melarang aktivitas pacaran, Arab Saudi ternyata masih memperbolehkan hal itu dilakukan dengan syarat gak hanya pergi berdua. Pasangan yang mau berpacaran harus mengajak teman-temannya atau bahkan orang tuanya untuk ikut pergi bersama-sama. Hal itu ditujukan untuk menghindari hal-hal negatif yang mungkin terjadi kalau hanya pergi berdua.

              3. Bioskop

              Arab Saudi 3

              Bukan berarti di Arab Saudi gak ada bioskop sama sekali. Ada. Tapi film-film yang tayang di bioskop Arab sangat diseleksi dengan ketat. Film yang dianggap kontennya mengandung unsur negatif sekecil apapun pasti gak akan diperbolehkan tayang di bioskop Arab Saudi.

              Para pemuka agama di sana mendorong hal itu dilakukan karena menganggap film luar bisa merusak moral bangsa. Alhasil, nyaris seluruh film luar gak ada yang tayang di bioskop Arab Saudi. Warga yang mau menyaksikan film luar, termasuk Hollywood, harus rela pergi ke Bahrain.

              4. Video Calling

              Arab Saudi 4

              Kamu yang hobi melakukan video call dijamin gak akan betah tinggal di negara ini. Apalagi jika kamu punya saudara atau teman yang tinggal di sana, maka kamu harus terima kenyataan kalau kamu gak bisa terhubung secara interaktif dengannya lewat video call.

              Pemerintah Arab Saudi memblokir aplikasi seperti WhatsApp, LINE, Skype dan sebagainya yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan video call. Mereka beralasan aplikasi-aplikasi tersebut bisa mengurangi pemasukan provider lokal akibat masyarakat yang jarang menggunakan telepon dan SMS.

              5. Valentine

              Arab Saudi 5

              Pemerintah Arab Saudi melarang siapapun menjual bunga, coklat dan segala pernak-pernik berbentuk hati yang berhubungan dengan valentine. Apalagi di hari-hari jelang valentine, polisi agama di sana akan melakukan sidak besar-besaran jika menemukan ada yang menjual benda-benda tersebut.

              Saking ketatnya aturan yang satu ini, polisi agama Arab Saudi akan menutup paksa toko yang kedapatan menjual segala pernak-pernik berbau valentine. Di hari-H, mereka juga akan mengawasi masyarakatnya untuk tidak menggunakan atribut yang bernuansa valentine.

              Akhir Kata

              Itulah lima hal yang dilarang di Arab Saudi, meskipun buat negara lain hal-hal tersebut terbilang wajar. Gimana kalau larangan-larangan di atas diterapkan di Indonesia? Setujukah kamu, apalagi kalau gak boleh pacaran setiap malam minggunya? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

              Baca juga artikel seputar Video atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal