J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Parah! Ini 5 Hal Bodoh Yang Dipercayai Kaum Flat Earth

Parah! Ini 5 Hal Bodoh Yang Dipercayai Kaum Flat Earth

Senin, 25 Des 2017, 12:30 WIB
Di mana beberapa kelompok memercayai bahwa bentuk sebenarnya bumi adalah datar, bukan bulat, seperti yang sering dipelajari.

Bumi datar atau yang dikenal dengan istilah Flat Earth, adalah konspirasi yang akhir-akhir ini merebak di masyarakat. Di mana beberapa kelompok memercayai bahwa bentuk sebenarnya bumi adalah datar, bukan bulat, seperti yang sering dipelajari.

Hal ini pun menjadi kontroversial di berbagai dunia, namun orang-orang yang memercayai teori ini pun saling bersatu dan membentuk sebuah komunitas. Meski begitu hingga sekarang tak ada bukti pasti dari mereka, bahwa bumi benar-benar datar. Oleh karena itu Jaka telah menyusun 5 Hal Bodoh Yang Dipercayai Kaum Flat Earth. Berikut ulasannya.

BACA JUGA
  • 5 Teori Salah Kaprah Tentang Teknologi Dari Kaum Flat Earth, Percaya Nggak?
  • 5 Teknologi Paling Berbahaya yang Berpotensi Membawa Kehancuran Dunia
  • 7 Wabah Internet Paling Terkenal dan Menakutkan Sepanjang Sejarah

5 Hal Bodoh Yang Dipercayai Kaum Flat Earth

1. Bumi berbentuk datar seperti sebuah kepingan CD

87d4d1dbef85faa39d8e797c8fd44adc

Tentu saja hal bodoh pertama adalah tentang kepercayaan mereka mengenai bentuk bumi yang datar seperti kepingan CD. Mereka memperteguh keyakinan mereka bahwa keilmuan yang mempelajari bumi berbentuk bulat hanyalah sebuah bualan untuk menipu manusia.

Mereka juga tidak mempercayai NASA, karena mereka beranggapan ini semua ulah elit dunia untuk membodohi masyarakat luas. Namun, jika bumi berbentuk datar, harusnya tidak datar persis kepingan CD. Mereka tidak percaya gravitasi tapi mereka yakin adanya gaya jatuh ke bawah karena semacam daya elektromagnetik di titik pusat bumi datar. Seharusnya jika teorinya seperti itu, bentuk bumi bukanlah seperti kepingan CD, melainkan seperti piring, karena sisi luarnya tertarik melengkung oleh daya elektromagnetik tersebut.

2. Gravitasi tidak ada

Ce96761595e2b31dcc8ee3c8d57bc593

Jika saja Newton dan Einstein masih hidup, pasti mereka akan sangat kesal mendengar gravitasi itu tidak ada. Tapi itulah yang dipercayai oleh para kaum Flat Earth.

Seperti pada poin sebelumnya, para kaum Flat Earth mengganti gravitasi dengan keyakinan mereka terhadap sebuah sistem elektromagnetik, atau teori lainnya seperti tekanan udara dan kepadatan benda, untuk menyangkal gravitasi. Mereka beralasan, karena para ilmuwan tidak dapat sepenuhnya menjelaskan bagaimana kerja gravitasi, maka gravitasi disimpulkan tidak nyata. Konyol sekali.

3. Pendaratan di bulan hanya rekayasa dan seluruh astronot hanyalah sekumpulan pembohong

Cd25115f42b9cef9bec1ca2ab4a29eac

Bolos waktu sekolah memang benar-benar berdampak nyata dari hadirnya kaum Flat Earth. Adalah pendaratan di bulan yang menjadi korban sangkalan dari kaum tersebut. Padahal sebenarnya konspirasi pendaratan di bulan berawal dari teori di luar Flat Earth, kaum tersebut memasukkannya untuk melengkapi teori mereka, meski jelas kita tahu itu semua hanyalah bentuk imajinasi berlebih tanpa landasan ilmu yang pasti.

Mereka meyakini pendaratan bulan yang sudah berulang kali tersebut, hanyalah rekayasa dari para pelaku film di Hollywood. Dan tentu saja para astronot yang kita tahu, mereka menuduhnya sebagai para aktor bayaran dan pembohong belaka.

4. Bulan dan Matahari berukuran sama

F461199c54370a68cc0a4bcb98c93b2f

Teori aneh lainnya adalah mereka menyatakan bahwa ukuran bulan dan matahari adalah sama. Aneh sekali, penelitian beratus-ratus tahun, harus disangkal dengan teori yang berdasarkan penglihatan dan imajinasi belaka.

Mereka percaya bahwa matahari dan bulan layaknya lampu sorot yang menyinari bumi tergantung pada jam sehari. Ini, tentu saja tidak bisa menjelaskan bagaimana fenomena matahari terbenam, atau mengapa kita memiliki zona waktu.

5. Satelit hanya untuk membodohi manusia

B96076fc9df6f7731d0c898d7920bb3b

Entah dalam topik ini siapa yang bodoh, tapi dengan jelas mereka tidak percaya dengan adanya satelit, atau ada yang berteori satelit ada hanya sebagai salah satu alat pembohongan publik yang tak ada lagi fungsinya selain itu.

Tapi mereka hanya menyajikan bantahan dan teori yang tak terukur. Mereka tetap tidak bisa menjelaskan pengganti satelit yang berguna untuk ponsel setiap manusia. Memang mereka menyatakan karena adanya BTS, lalu bagaimana dengan sebelum adanya ponsel pintar, seperti saat SLJJ di Indonesia dapat digunakan? Selain itu satelit sendiri memiliki banyak kegunaan selain untuk ponsel atau telepon yang menggunakan sekitar beberapa persen dari kemampuannya.

Kesimpulan

Lantas mengapa banyak orang yang percaya dengan teori bumi datar dan konspirasi di sekitarnya? Menurut Anthony Lantian Ph. D, peneliti psikologi dari Grenoble Alps University, menjelaskan bahwa banyak orang mempercayai konspirasi, karena berlatar pada orang yang ingin merasa unik dan menjauhi sesuatu yang mainstream.

Ia menambahkan semakin aktif seseorang untuk mencari informasi tentang teori konspirasi tersebut, semakin besar rasa percaya mereka akan hal tersebut. Dalam kasus teori bumi datar, orang-orang yang memercayai hal tersebut dan mengumbarnya, adalah cara mereka menunjukkan keunikan.

Itulah 5 Hal Bodoh Yang Dipercayai Kaum Flat Earth. Jadi mulai sekarang kita harus lebih berpikaran objektif dan tidak mudah terpengaruh oleh sesuatu apapun sebelum ditentukan kebenarannya. Tuliskan juga pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT
16b06229e3b8134539915f71d47f6d7d

5 Operasi Organ Paling Kontroversial di Dunia Versi JalanTikus

Benda Hidup

15 Foto Ini Tunjukkan Benda Mati Bisa 'Hidup' Layaknya Manusia, No. 11 Bikin Bingung!

5579358c7f3b6af75bc194e97b0ae2c2

5 Aksi Sulap Gagal di Indonesia, Nomor 4 Bahkan Jadi Kebudayaan!

Selfie Mematikan

Nomer 3 dari Indonesia! 10 Selfie Mematikan dari Seluruh Penjuru Dunia

Daftar Aplikasi Terbaik Google Play 2017

Keren! Ini Nih Daftar Aplikasi Terbaik Google Play 2017

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kocak! Ini 10+ Meme Bumi Datar Yang Buat Kamu Ngakak Puas

Kocak! Ini 10+ Meme Bumi Datar Yang Buat Kamu Ngakak Puas

Jangan Sampai Terhapus! 5 Foto Ini Buktikan Bahwa Bumi Datar

Jangan Sampai Terhapus! 5 Foto Ini Buktikan Bahwa Bumi Datar

Selain Bumi Datar, Ini 4 Bentuk Bumi yang Juga Dipercayai Oleh Beberapa Kalangan

Selain Bumi Datar, Ini 4 Bentuk Bumi yang Juga Dipercayai Oleh Beberapa Kalangan

5 Teori Salah Kaprah Tentang Teknologi Dari Kaum Flat Earth, Percaya Nggak?

5 Teori Salah Kaprah Tentang Teknologi Dari Kaum Flat Earth, Percaya Nggak?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal