J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Hacker yang Sudah Eksis Sejak Komputer Belum Beredar, Steve Jobs Juga?

              5 Hacker yang Sudah Eksis Sejak Komputer Belum Beredar, Steve Jobs Juga?

              00
              Kamis, 13 Sep 2018, 14:00 WIB
              Banyak yang tidak tahu bahwa ternyata dua pendiri perusahaan raksasa teknologi, Apple Inc yakni Steve Wozniak dan Steve Jobs juga pernah menjadi seorang hacker. Mereka pernah menciptakan alat peretas telepon dan menjualnya kepada teman-teman sekolahnya lho.

              Bicara tentang "hacker", pasti ingatan kamu langsung tertuju dengan pencurian data, peretasan telepon hingga komputer. Namun tahukah kamu ternyata peristiwa hack atau peretasan tersebut sudah terjadi sejak bertahun-tahun silam sebelum komputer resmi beredar. Bahkan ada beberapa orang besar dalam bidang teknologi yang terlibat di dalamnya.

              Banyak yang tidak tahu bahwa ternyata dua pendiri perusahaan raksasa teknologi, Apple Inc, yakni Steve Wozniak dan Steve Jobs juga pernah menjadi seorang hacker. Mereka pernah menciptakan alat peretas telepon dan menjualnya kepada teman-teman sekolahnya lho.

              Selain Steve Wozniak dan Steve Jobs, ada juga beberapa hacker legendaris lainnya yang sudah eksis semenjak puluhan tahun silam. Seperti yang sudah dirangkum dari List Verse, berikut ini 5 Hacker yang Sudah Eksis Sejak Komputer Belum Beredar.

              BACA JUGA
              • Hack Fasilitas Nuklir! Ini 5 Serangan Hacker Paling GILA di Dunia
              • 7 Hacker Bocah Paling Cerdik dan Ditakuti Diseluruh Dunia
              • 5 Negara Dengan Hacker Paling Ditakuti di Dunia, Ada Indonesia?

              5 Hacker Legendaris yang Sudah Eksis Semenjak Komputer Belum Beredar

              1. Rene Carmile

              Nevil-Maskelyne-picsay
              Sumber foto: perpetualfutility.blogspot.com

              Rene Carmile ditugaskan untuk menggunakan mesin IBM untuk melacak atau meyensus keberadaan orang-orang Yahudi. Tetapi Rene Carmille menyabotase mesin-mesin tersebut dan memprogram ulang sistem tersebut sehingga menghilangkan keterangan kolom yang menunjukkan agama setiap warga negara.

              Namun ulahnya tersebut tercium oleh pemerintah, hingga akhirnya pada tahun 1944, Nazi menangkap dan mengirimnya ke kamp konsentrasi Dachau yang terkenal brutal. Setelah itu banyak kabar yang mengatakan bahwa Rene telah tewas ditempat tersebut pada tahun 1945. Peretasan tersebut menjadi salah satu peretasan paling heroik sepanjang sejarah.

              2. David Condon

              iStock-889176902-picsay
              Sumber foto: istockphotos.com

              Pada 1960-1970an, banyak orang yang mencoba meretas jaringan telepon, biasanya mereka menyebut dirinya sebagai "phreak telepon". Namun sebagian besar dari mereka hanya mampu meretas telepon agar bisa melakukan panggilan telepon secara gratis. Tetapi hal mengejutkan terjadi pada tahun 1990-an, satu phreak telepon berhasil meretas telepon lebih dari sekedar untuk membuat panggilan secara gratis.

              Ia adalah David Condon, yang pada tahun 1955 bersiul dengan Davy Crockett Cat dan Canary Bird Call Flute di dalam panggilan teleponnya. Kemudian suara siulannya tersebut diidentifikasi oleh sistem sebagai pesan rahasia, sehingga sistem mengasumsikan bahwa ia adalah seorang karyawan yang akan melakukan panggilan ke rekan kerja lainnya. Alhasil sistem telepon menghubungkannya dengan operator jarak jauh, dan menghubungkannya dengan nomor telepon yang ia minta secara gratis. Sejak saat itu peretasan menjadi lebih beragam dan sangat variatif.

              3. Allan Scherr

              iStock-899731922-picsay
              Sumber foto: istockphotos.com

              Allan Scherr merupakan orang pertama yang dapat membobol komputer pertama yang dilindungi dengan kata sandi. Bermula saat Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengatur password komputer pertama pada tahun 1962. Mereka memiliki beberapa komputer yang harus dibagikan untuk para siswa yang telah dilengkapi dengan kata sandi agar mereka tidak memonopoli mesin serta menetapkan batas waktu empat jam setiap hari pada setiap akun.

              Namun salah satu siswa, yakni Allan Scherr, bosan dengan batas waktu sangat cepat. Sehingga ia malah membuat kartu punch yang menipu komputer untuk mencetak semua kata sandi dan kemudian menggunakannya untuk masuk sebagai orang lain setiap kali waktunya habis. Kemudian ia berbagi kata sandi dengan teman-temannya dan mereka menggunakan kata sandi tersebut untuk meretas akun guru mereka dan meninggalkan berbagai pesan.

              4. Ray Tomlinson

              Creeper-picsay
              Sumber foto: corewar.co.uk

              Orang pertama yang pernah mengirim virus melalui e-mail adalah Ray Tomlinson yang diklaim sebagai worm komputer pertama yang pernah ada. Program ini akan membuat salinan dari dirinya sendiri dan menyebar sendiri di seluruh ARPANET, setiap salinan membuat pesan kecil muncul di terminal mengatakan: "I'm the creeper: Catch me if you can." (Saya creeper: Tangkap saya jika Anda bisa).

              Virus itu sebenarnya dibuat oleh Bob Thomas, yang merupakan teman Tomlinson. Awalnya Thomas membuat virus tersebut tidak berbahaya, ia hanya membuat file terpental dari komputer dan akan terhapus secara otomatis. Namun Tomlinson memodifikasinya sehingga virus tersebut tidak akan menghapusnya secara otomatis dan malah akan membuat komputer eror. Kini virus jenis ini semakin berkembang dan kerap mencuri data pribadi seseorang.

              5. Steve Wozniak

              Wozniak-and-Jobs-picsay
              Sumber foto: ibtimes.co.uk

              Sebelum sukses bersama Apple Inc, Steve Wozniak telah terlebih dahulu meretas telepon. Bermula saat Wozniak membaca artikel Esquire tentang Joybubbles dan peretas telepon atau phreak telepon, kemudian ia mengundang salah satu phreak telepon bernama John "Captain Crunch" Draper, untuk belajar tentang peretasan. Setelah itu Wozniak mulai membangun perangkat yang disebut blue box, yang dirancang untuk memudahkan meretas sistem telepon.

              Perangkatnya tersebut bekerja efektif, ia pun memberi tahu Steve Jobs tentang hal itu. Kemudian Jobs menyadari bahwa mereka dapat mendapatkan uang dengan ide ini, hingga akhirnya keduanya mulai memproduksi massal dan menjual blue box tersebut kepada teman sekelas mereka, dengan Wozniak yang bertanggung atas teknologi dan Jobs yang bertanggung jawab atas penjualan.

              Akhir Kata

              Itulah 5 Hacker yang Sudah Eksis Sejak Komputer Belum Beredar. Bisa dibilang merekalah yang menjadi pelopor hacker di dunia, mulai dari yang sekadar meretas telepon, mencuri data, hingga merusak sistem komputer.

              APPS TERKAIT
              Game Hacker 3.1
              Apps SB Tools
              WiFi Hacker ULTIMATE 2.23.95022
              Apps WiFi Cracker Group
              Nmap - Hack Wifi (Internet Gratis) 5.51-1
              Apps Google LLC
              iSumsoft RAR Password Refixer - Hack Password RAR 2.0.1
              Apps Isumsoft
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal