Ga Cuma Mobile Legends yang Plagiat, 5 Game Ini Juga Kena Masalah

Default

Mobile Legends dituntut hukum? Ternyata masih banyak game yang dituntut hukum. Jadi kenapa sih game tersebut sampai dituntut?

Dalam industri game, yang namanya tuntut dan menuntut balik secara hukum memang bukan hal yang baru. Karena tidak semua perusahaan benar-benar bermain bersih ketika mengembangkan game yang mereka buat.

Namun, sebenarnya juga tak sedikit dari segelintir orang yang membuat isu-isu yang menjadi kontroversi, yang kemudian membuat perusahaan game tersebut harus rela membayar hingga puluhan juta dolar karena kalah di pengadilan. Nah, berikut ini Jaka kasih tahu daftar 5 Game Terkenal yang Pernah Dituntut Hukum. Simak deh!

BACA JUGA
  • Pakai 7 Hero Ini Untuk Curi Lord di Mobile Legends, Dijamin Auto Win!
  • Wajib Pakai! 5 Hero Tank Terbaik Mobile Legend Season 8
  • 5 Hero Counter Martis, Fighter Paling Rusuh di Mobile Legends!

Berikut ini 5 Game Terkenal yang Pernah Dituntut Hukum

1. Mobile Legends

Mobile Legends 04 4e74b
Sumber foto: Sumber : Liputan6.com

Siapa yang tidak tau tentang berita yang satu ini, berita tentang Mobile Legends yang dituntut oleh Riot Game memang sedang menjadi topik panas di Internet. Pada tahun lalu Moonton selaku developer Mobile Legends dituntut oleh Riot Game atas tuduhan pelanggaran hak cipta karena game Mobile Legends dianggap menyerupai game League of Legends. Namun, kasus tersebut ditolak oleh pengadilan karena bukan perusahaan Amerika Serikat (AS).

Pada akhirnya Tecent mulai turun tangan, mereka merubah tuntutannya menjadi non-disclousure dan non-compete. Dan mereka memenangkat tuntutan tersebut di pengadilan Tiongkok, atas kekalahan tersebut Moonton harus rela membayar denda hingga ratusan ribu dolar.

2. Grand Theft Auto San Andreas

GTA SA 21a45
Sumber foto: Sumber : YouTube

Grand Theft Auto San Andreas atau yang lebih dikenal sebagai GTA San Andreas merupakan salah satu game legendaris yang hingga kini masih bertahan. Hal ini karena di GTA San Andreas kamu bisa melakukan banyak kreasi seperti memasukkan mod tertentu ke dalam game. Namun ternyata Rockstar selaku developer game pernah dituntut secara hukum karena memasukkan mod yang berupa konten eksplisit ke dalam game mereka oleh pemerintah Los Angles.

3. Mortal Kombat

Mortal Kombat Kitana Cyrax Fa2d3
Sumber foto: Sumber : mattbanks.me

Salah satu dari sekian banyak game yang dibatasi peredarannya karena kontennya yang terlelu banyak mengandung kekerasan. Kejadian ini bermula pada tahun 1997 seorang anak yang berusia 13 harus meregang nyawa setelah ditikam dengan pisau dapur oleh sahabatnya. Setelah mengetahui kejadian tersebut sang ibu kemudian menuntut Midway Game selaku developer Mortal Kombat karena diketahui jika sahabat anak tersebut ternyata sangat terobsesi dengan karakter Cyrax yang berasal dari game Mortal Kombat.

4. Guitar Hero

Guitar Hero Ffc5d
Sumber foto: Sumber : TechnoBuffalo.com

Game yang cukup populer seperti Guitar Hero ternyata juga pernah dituntut hukum oleh sebuah Band rock The Romantics. Hal ini bermula setelah The Romantics merasa lagu yang digunakan dalam game Guitar Hero dianggap terlalu mirip dengan lagu asli yang mereka bawakan. Padahal sebelumnya mereka sudah memberi izin secara tertulis kepada pihak Activision selaku developer Guitar Hero. Namun pada akhirnya, Activision memenangkan tuntutan tersebut karena sebelumnya telah memperoleh lisesensi dari The Romantics.

5. Lineage II

Lineage 2 3c2f8
Sumber foto: Sumber : Dokumen Pribadi

Zaman sekarang pihak developer game memang harus memberi peringatan bahwa game yang mereka buat bisa saja bersifat adiktif atau bisa membuat kecanduan. Kalau tidak, nasibnya akan seperti Lineage II yang dituntut oleh seorang pria bernama Craig Smallwood karena dianggap terlalu adiktif dan bahkan ia mengaku bermain Lineage II hingga 11 jam setiap harinya selama selama 5 tahun.

Nah, itulah 5 Game Terkenal yang Pernah Dituntut Hukum, jadi memang tidak bisa sembarangan dalam membuat game. Kamu boleh saja terispirasi oleh suatu game tertentu saat memutuskan untuk membuat game, namun kamu juga perlu pertimbangkan legalitas dalam game yang akan kamu buat ya.

ARTIKEL TERKAIT
Cvr Hy A8bbe
5 Hero Counter Hayabusa, Ninja Bayangan di Mobile Legends!
Squadd 9cf7f
4 Alasan Kenapa Harus Punya Squad di Mobile Legends!
Natalia Cvr N F7b18
Bikin Musuh Bingung! Pakai 5 Hero Ini Buat Roaming di Mobile Legends, Dijamin Auto Win
APPS TERKAIT
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Mobile Arena Icon
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal