J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Game Penyebab Tindakan Kriminal, Gamer Newbie Gak Usah Main Daripada Jadi Penjahat

Sabtu, 14 Jul 2018, 13:00 WIB
Di berbagai belahan dunia sendiri banyak kasus tindakan kriminal yang diduga disebabkan oleh video game. Apa saja ya? Simak yuk!

Hadirnya video game di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara otomatis menimbulkan pro dan kontra. Di sisi lain, video game menjadi lahan pencaharian yang menghasilkan uang melimpah, mulai dari menjadi gamer profesional, review gamer, dan lain sebagainya. Namun di luar itu, ada juga lho video game yang diklaim sebagai penyebab tindakan kriminal.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting untuk mendampingi anak mereka yang masih di bawah umur untuk memilih jenis game yang dimainkan. Jangan sampai game yang dimainkan tidak sesuai dengan umurnya dan malah menyebabkan efek negatif bagi tumbuh kembang serta kepribadian anak tersebut.

Di berbagai belahan dunia sendiri banyak kasus tindakan kriminal yang disebabkan oleh video game. Bahkan tak jarang juga masyarakat dan orang tua menyalahkan game-game tertentu atas tindakan kriminal yang terjadi. Seperti yang dikutip dari Cracked berikut, inilah 5 game penyebab tindakan kriminal.

BACA JUGA
  • Awas! 5 Game Fortnite Android Palsu Ini Berisi Malware
  • 5 Kelebihan Game Zaman Dulu Dibandingkan Game Zaman Now
  • 5 Game yang Diawali dari Sebuah Mods

5 Game Penyebab Tindakan Kriminal, Gamer Newbie Gak Usah Main Daripada Jadi Penjahat

1. Mass Effect

Screenshot 095 Wiiu P Picsay 8e6b6
Sumber foto: Sumber foto: masseffect.bioware.com

Game berjudul Mass Effect pernah diklaim sebagai game yang membawa pengaruh buruk, hal itu terjadi pada 2012 setelah peristiwa penembakan massal yang terjadi di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut, Amerika Serikat. Pelakunya adalah seorang pria bernama Adam Lanza, yang bunuh diri setelah melakukan tindakan keji tersebut. Setelah diusut, ternayata Adam merupakan salah satu penggemar berat game Mass Effect yang sering memainkannya bersama saudara laki-lakinya bernama Ryan.

Dan hasilnya, game Mass Effect disalahkan atas penembakan tersebut, sehingga halaman Facebook resminya dibanjiri kritik dari ribuan orang. Namun, BioWare, selaku pengembang game Mass Effect, tidak menanggapi pesan apa pun di halaman Facebook mereka dan menganggap bahwa penembakan tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan Mass Effect.

2. Semua Video Game Disalahkan di Inggris

Dualshock 4 Picsay A1583
Sumber foto: Sumber foto: news.cdmarket.com.ar

Penyakit rakhitis atau kerapuhan tulang yang umumnya disebabkan akibat kekurangan kalsium dan vitamin D, dihubungkan dengan video game. Menurut surat kabar Inggris, mengutip sebuah studi dari Universitas Newcastle, mengklaim bahwa mereka menemukan korelasi antara rakhitis dan video game. Karena game biasanya dimainkan di dalam ruangan sehingga anak-anak tidak mendapatkan kalsium dan vitamin D yang biasanya didapatkan dari sinar matahari.

Karena sebab itulah beberapa masyarakat dan organisasi di Inggris pernah menyalahkan video game sebagai penyebab wabah rakhitis ini. Namun, meskipun demikian hal itu tidak benar-benar terbukti, dan hingga kini masih menjadi kontroversi.

3. Portal 2

Portal2 Pc 05 Picsay D7b08
Sumber foto: Sumber foto: newgamenetwork.com

Portal 2 merupakan game puzzle yang berorientasi tentang ilmu sains. Namun, game ini rupanya menjadi inspirasi bagi Neil Stapel untuk menghancurkan keluarganya. Dia melakukan apa yang dimainkan dalam game tersebut terhadap hampir seluruh anggota keluarganya mulai dari anak hingga istrinya. Akibat hal ini, banyak yang mengklaim Portal 2 sebagai game penyebab tindakan kriminal sehingga Valve selaku pengembang mendapatkan protes dari beberapa pihak.

4. GTA

Maxresdefault Picsay 493ba
Sumber foto: Sumber foto: youtube.com

Ada satu misi di GTA yang memungkinkan kamu untuk mengemudi dalam keadaan mabuk berat. Hasilnya layar akan goyah dan buram, dan mobil akan melaju tak beraturan. Misi ini dianggap sangat buruk dan banyak yang memprotes agar Rockstar menghapusnya. Dan benar saja, ternayat misi ini juga tercatat menyebabkan tindakan serupa yang dilakukan dalam dunia nyata.

Hal itu terdapat dalam sebuah penelitian tahun 2009 yang diterbitkan oleh Journal of Neurosurgery yang menemukan fakta bahwa mengemudi dalam kondisi mabuk meningkatkan semenjak ada misi tersebut dalam game Grand Theft Auto. Hasilnya banyak korban tewas yang disebabkan akibat pengemudi yang mengendarai mobil dalam keadaan mabuk.

5. Beberapa Game Disalahkan Sebagai Penyebab Amputasi

13df60c07efbd2997f0c8ffae975e6aa Picsay B4854
Sumber foto: Sumber foto: pinterest.com

Pada Maret 2012, sebuah situs web yang disebut TheyGuys menulis tentang Roxanne Myers, seorang gadis kampus yang bermain video game selama dua setengah hari berturut-turut selama liburan musim semi. Kemudian setelah itu dia pingsan karena kelelahan, kemudian kakinya mengalami infeksi sirkulasi darah sehingga menyebabkan kakinya harus diamputasi.

Bahkan kasus ini juga pernah dimuat dalam Guyisme dan Huffington Post. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa hal itu hanya Hoax karena nyatanya Myers mengalami trombosis vena dalam yang tidak terdiagnosis, sehingga gumpalan darah dari dalam tubuh membuat semua aliran darah ke kakinya berhenti, sehingga kakinya harus diamputasi.

Itulah 5 kasus menghebohkan yang mengklaim bahwa video game penyebab tindakan kriminal. Meskipun demikian, hal itu tergantung setiap individu dalam menyikapi berbagai video game yang dimainkan.

ARTIKEL TERKAIT
Versi Android Terbaru 44af3
Daftar Urutan Versi Android Terbaru 2021 | Dari Paling Awal Sampai Android 11!
Akun Ssh Gratis 8c14f
10 Situs SSH Gratis dan Cara Buat Sendiri Akun SSH Premiumnya
Update Google Play 0b678
Cara Update Google Play Store Versi Terbaru | Gampang Banget!
2d57143da7eae4412f20202bb860ec76 Picsay Bed91
6 Glitch Paling Mengerikan yang Terjadi Dalam Video Game
Fungsi Lain Airplane Mode Pada Smartphone Banner
5 Fungsi Lain Airplane Mode yang Wajib Kamu Ketahui
APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Angry Birds 2 Icon
Angry Birds 2 2.1.1
Games Rovio Entertainment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Game Hacker 1 2839b
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Game Yang Membawa Efek Paling Besar Terhadap Industri Video Game
5 Game Yang Membawa Efek Paling Besar Terhadap Industri Video Game
HARAM Main 7 Game Ini di Depan Keluarga, Bisa Kena Murka!
HARAM Main 7 Game Ini di Depan Keluarga, Bisa Kena Murka!
5 Developer Dewa yang Tidak Pernah Gagal Dalam Membuat Video Game Fenomenal
5 Developer Dewa yang Tidak Pernah Gagal Dalam Membuat Video Game Fenomenal
5 Mitos Paling Mengerikan Dalam Video Game, Ada Super Mario?!
5 Mitos Paling Mengerikan Dalam Video Game, Ada Super Mario?!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal