J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game GBA (Game Boy Advance) Jepang Bertema RPG Terbaik Pada Masanya

7 Game GBA (Game Boy Advance) Jepang Bertema RPG Terbaik Pada Masanya

Selasa, 7 Agt 2018, 12:00 WIB
Berikut merupakan 7 Game GBA Jepang bertema RPG terbaik pada masanya. Simak yuk!

Game Boy Advance atau lebih dikenal dengan GBA ini merupakan generasi terakhir dari konsol genggam yang dikembangkan, diproduksi, hingga dipasarkan oleh Nintendo. Pada tanggal 30 Juni 2010, konsol game ini tercatat memperoleh penjualan sebanyak lebih dari 80 juta unit di seluruh dunia. Tak heran jika GBA disebut sebagai salah satu konsol game terbaik pada masanya dengan mengalahkan kompetitor-kompetitor mereka di kala itu seperti: Neo Geo Pocket Color, GP32, Tapwave Zodiac, WonderSwan, dan N-Gage.

Game Boy Advance menghadirkan game dengan berbagai genre yang dapat ditemukan di pasaran dan memiliki penggemar setianya masing-masing, khususnya genre JRPG. JRPG (Japanese Role-Playing Game) sendiri merupakan sub-kategori dari genre RPG yang sangat terkenal dengan sistem turn-based strategy-nya.

Tak sedikit dari game yang mengusung genre ini berhasil mendapatkan respon positif dari para pemainnya dengan menggunakan pengembangan karakter dan jalan cerita sebagai salah satu poin penjualannya. Berikut merupakan 7 Game GBA Jepang bertema RPG terbaik pada masanya.

BACA JUGA
  • 7 Hal Tersembunyi (Easter Egg) Paling Menarik Dari Video Game Terbaru 2018
  • 5 Video Game dengan Achievement Paling Greget Sepanjang Masa
  • 7 Misi Rahasia Pada Game-Game Terkenal yang Jarang Diketahui Gamer

7 Game GBA (Game Boy Advance) Jepang Bertema RPG Terbaik Pada Masanya

1. Golden Sun Series

1 32e40

Sumber foto: Sumber: nintendo.co.uk[/sumber]

Golden Sun sendiri mengisahkan tentang sekelompok Adepts (orang yang memiliki kemampuan sihir) yang bertujuan untuk melindungi dunia Weyard dari kekuatan penghancur dan terlarang bernama Alchemy. Seiring perjalanan, mereka akan mendapatkan berbagai kemampuan baru (disebut Psyenergy), Djinn (karakter imut yang dapat membantu melawan musuh dan pertumbuhan status tiap karakter), dan alasan mengapa kekuatan terlarang tersebut disegel bertahun-tahun lamanya.

Game yang dikembangkan oleh Camelot ini telah sukses meraih penjualan lebih dari satu juta unit di Jepang dan Amerika Serikat dengan dua sekuelnya, yakni Golden Sun dan Golden Sun: The Lost Age. Sekuel kedua dari golden sun ini akan berfokus pada tokoh antagonis pada cerita dari sekuel sebelumnya. Game ini juga berhasil mendapatkan pujian dari salah satu kritikus IGN, Craig Harris yang menyatakan bahwa Golden Sun merupakan salah satu Game JRPG berbasis 2D terbaik.

2. Final Fantasy Tactics Advance

2 673c6

Sumber foto: Sumber: nintendo.co.uk[/sumber]

Game yang merupakan seri spin-off dari Final Fantasy ini berpusat pada empat anak bernama Marche, Mewt, Ritz, dan Doned di kota kecil bernama St. Ivalice. Suatu hari mereka dipindahkan ke dunia yang juga memiliki nama Ivalice setelah menemukan sebuah buku sihir dari zaman kuno. Kemudian cerita berfokus pada tokoh Marche yang mencoba untuk kembali ke dunia asalnya sembari menghadapi berbagai pertentangan dari orang-orang di sekitarnya.

Game yang dikembangkan oleh Square yang sekarang lebih dikenal dengan Square Enix ini akan memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk membangun clan dan mengaturnya pada medan pertempuran. Para pemain juga bebas dalam menentukan kemampuan, statistik, dan class pada masing-masing karakter yang pemain miliki.

3. Final Fantasy Series

3 A1a25

Sumber foto: Sumber: finalfantasy.wikia.com[/sumber]

Siapa yang tak mengenal franchise yang satu ini? Final Fantasy merupakan franchise yang dibuat oleh Hironobu Sakaguchi dan dikembangkan oleh Square Enix. Tak hanya Game, franchise ini juga telah membuat serinya ke berbagai media seperti anime, manga, novel, bahkan film CGI.

Seri yang tersedia pada GBA kali ini (Final Fantasy I & II: Dawn of Souls) akan menceritakan tentang sekelompok petualang yang berusaha untuk mengembalikan empat kekuatan Crystals yang dimana kekuatannya dapat memberikan keseimbangan kepada dunia mereka. Sekuel kedua dari game ini berpusat kepada sekelompok pemuda yang memiliki tujuan untuk mengalahkan The Emperor of Palemecia dan juga mencari salah satu teman mereka.

4. Breath of Fire Series

4 C3568

Sumber foto: Sumber: RomsMania.com[/sumber]

Game yang dikembangkan oleh Capcom dan mengusung latar pada abad pertengahan ini bercerita tentang pemuda yang berasal dari klan Light Dragon bernama Ryu yang berusaha untuk menyelamatkan adiknya yang diculik. Seiring perjalanan, ia juga bergabung dengan suatu kelompok untuk menemukan Seven Mystical Keys sebelum klan Dark Dragon menggunakannya untuk membangkitkan Goddess of Destruction.

Tak disangka game ini banyak mendapatkan respon positif dari berbagai kritikus sehingga Breath of Fire dapat disebut sebagai salah satu masterpiece dari pihak pengembang Capcom.

5. Fire Emblem

5 603fa

Sumber foto: Sumber: RomsMania.com[/sumber]

Game yang mengusung genre Tactical Role-Playing Game ini bercerita tentang protagonis bernama Lyn, Eliwood, dan Hector yang melakukan berbagai misi pada suatu continent fiksi bernama Elibe. Pemain sendiri akan berperan sebagai seorang ahli taktik yang akan mengarahkan pasukan mereka untuk mengalahkan musuh.

Selain mengalahkan musuh, pemain juga dapat membeli barang dan senjata baru untuk mengembangkan pasukan mereka dengan menggunakan mata uang pada game tersebut yang bisa didapatkan melalui berbagai cara.

6. Summon Night: Swordcraft Story Series

6 Ce1b1

Sumber foto: Sumber: legendra.com[/sumber]

Sesuai dengan namanya, seri dari game ini berpusat pada petualangan seorang pengrajin pedang. Game RPG yang menggunakan gameplay side-scrolling ini memiliki cerita yang berbeda pada tiap sekuelnya. Tak hanya menggunakan pedang, pemain juga dapat menggunakan berbagai tipe senjata lainnya seperti kapak, tombak, knuckle, bor, dan panah yang hanya terdapat pada sekuel Summon Night Swordcraft Story: Hajimari no Ishi.

Sekuel yang dikembangkan oleh Flight-Plan dan dipasarkan oleh Banpresto ini mendapatkan predikat "generally favorable reviews" berdasarkan voting pada situs Metacritics.

7. Riviera: The Promised Land

7 52bff

Sumber foto: Sumber: NeoGAF.com[/sumber]

Game ini berpusat pada seorang tokoh bernama Ein yang merupakan seorang Grim Angel dan bertugas untuk mengalahkan The Accursed, sumber dari kebangkitan iblis. Selama petualangannya nanti, Ein akan ditemani oleh 5 karakter yang masing-masing dari mereka memiliki ending yang berbeda apabila pemain dapat memenuhi beberapa syarat yang dibutuhkan. Game yang mengusung elemen turn-based strategy dan dating sim dan mengambil latar dalam mitologi Nordik ini juga mendapatkan predikat "generally favorable reviews" berdasarkan voting pada situs Metacritics untuk versi konsol GBA.

Akhir Kata

Itulah 7 Game GBA Jepang bertema RPG terbaik pada masanya. Jika ingin memainkan salah satu game yang telah disebutkan di atas, kalian dapat menggunakan emulator sesuai dengan perangkat yang digunakan dan mendownload gamenya pada berbagai situs yang telah tersebar di internet. Selamat bernostalgia!

ARTIKEL TERKAIT
Hp 3 Jutaan Terbaru Terbaik 2020 Banner F925f

10 HP Harga 3 Jutaan Terbaik 2020, Wajib Beli Sekarang!

Poster Film China Menjiplak Film Hollywood Banner 09755

KOK GITU?! 7 Poster Film China Ini Ternyata Menjiplak Film Hollywood

Situs Download Film 477a1

12 Situs Download Film Terbaik & Terlengkap 2020, Gratis!

Akun Media Sosial Berbahaya 7227e

Awas Meninggal! 5 Akun Media Sosial yang Wajib Kamu Hindari

Aplikasi Repost Instagram Banner0 Cc0cb

10 Aplikasi Repost Instagram Terbaik 2018| Tanpa Watermark!

31 F50fc

Jangan Main 5 Game Ini Jika Kalian Masih Berumur di Bawah 17 Tahun!

APPS TERKAIT
Epsxe Playstation Ps1 Emulator Icon
ePSXe - Playstation 1 (PS1) Emulator 2.0.5
Apps Epsxe
Dolphin Nintendo Wii Emulator Icon
Dolphin - Nintendo Wii Emulator 5.0
Apps Dolphin-Emu
New Ps2 Emulator Af4d7
New PS2 Emulator 1.0
Apps
Awepsp Psp Emulator Icon
AwePSP - PSP Emulator 1.6
Apps AweEmulator
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Game GBA Terbaik Sepanjang Masa| Bikin Nostalgia!

10 Game GBA Terbaik Sepanjang Masa| Bikin Nostalgia!

10 Game PPSSPP Terbaik Sepanjang Masa, Bisa Main di Android

10 Game PPSSPP Terbaik Sepanjang Masa, Bisa Main di Android

20 Game PS 4 Terbaik 2018! (Ulasan + Trailer)

20 Game PS 4 Terbaik 2018! (Ulasan + Trailer)

8 Video Game yang Bagus Banget Tapi Gak Laku, Kenapa Ya?

8 Video Game yang Bagus Banget Tapi Gak Laku, Kenapa Ya?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal