J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Film Marvel Lebih Disukai Ketimbang DC, Benarkah?

Minggu, 21 Mei 2017, 15:00 WIB
Beberapa tahun belakangan ini, dunia film semakin diramaikan dengan persaingan antara dua franchise comicbook terkenal yaitu Marvel dan DC

Beberapa tahun belakangan ini, dunia film semakin diramaikan dengan persaingan antara dua franchise comicbook terkenal yaitu Marvel dan DC. Di Indonesia sendiri, keduanya sangat laris namun terkadang banyak orang yang membanding-bandingkan antara kedua franchise ini. Mayoritas orang pastinya akan mejawab kalau Marvel lebih baik dari DC. Pertanyaannya apa sih alasan kebanyakan orang mengatakan kalau Marvel itu lebih baik dari DC?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut akan saya berikan 5 alasan kenapa franchise Marvel tergolong lebih disukai dan lebih sukses ketimbang frachise DC, khususnya di Indonesia, jadi silakan disimak baik-baik.

BACA JUGA
  • 12 Fakta Mengejutkan Tentang Marvel Comics
  • WAH, Ternyata Ada 12 Superhero Marvel yang Pernah Jadi Superhero DC Comics
  • 30 Wujud Superhero Marvel dan DC Saat Melakukan Fusion. KEREN!

5 Alasan Marvel Lebih Disukai Ketimbang DC

1. Cerita Marvel Lebih Santai dan Cocok Untuk Segala Umur

826eae0160cd5a5452826876edd5375e
Foto: Marvel Studio

Faktor utama yang membuat franchise film Marvel lebih sukses ketimbang DC, khususnya di Indonesia adalah faktor alur cerita. Jika DC menawarkan cerita yang kelam dan penuh dilema sehingga tidak semua kalangan bisa memahami cerita dengan mudah (khususnya anak-anak dan remaja), lain halnya dengan film Marvel.

Lihat saja film-film seperti Guardian of the Galaxy, Captain America dan Ant-Man yang bisa dibilang memiliki cerita yang ringan namun tetap enak untuk ditonton. Selain itu, kebanyakan film Marvel juga diisi dengan candaan yang terasa menyegarkan di tengah adegan action atau pembicaraan yang serius di dalam film, seperti adegan ketika Captain America dan Iron Man berusaha mengangkat palu Thor.

2. DC Kalah Start

1de2c7bd354fc19ff35f2afa36cbe04d
Foto: Warner Bros.

Faktor lain yang menyebabkan kekalahan DC sejauh ini adalah karena pihak DC terlambat memulai franchise DC Extended Universe mereka. Lihat saja, pihak Marvel telah memulai franchise mereka sejak tahun 2008 dengan film Avengers yang kemudian dihubungkan dengan film-film Marvel lainnya sehingga para penonton seakan-akan terfokus pada film-film Marvel, sebelum akhirnya DC merilis Man of Steel di tahun 2013. Perbedaan waktu 5 tahun tersebut sudah cukup untuk membuat pihak Marvel merebut hati para penonton dari DC.

Sebenarnya, sebelum dan sesudah Marvel memulai franchise mereka di layar lebar, DC sudah terlebih dahulu berjaya dengan beberapa film seperti V for Vendetta dan Watchmen. Namun sayangnya kedua film tersebut tidak memiliki celah untuk dihubungkan ke DC Extended Universe yang sekarang.

3. DC Terlalu Terburu-buru

C0b5e8167627cc5b601eee204f66b03e
Foto: Warner Bros.

Karena ketertingalannya dari Marvel selama 5 tahun, DC akhirnya terkesan terburu-buru dalam memulai franchise mereka. Lihat saja film Batman VS Superman yang menghadirkan Wonder Woman dan The Flash begitu cepatnya di mana kedua karakter tersebut tidak memiliki peran yang signifikan dalam alur cerita utama film tersebut.

Tidak hanya itu saja, hal ini juga terulang kembali pada film Suicide Squad, di mana para karakternya diperkenalkan begitu cepat dan sekaligus dalam beberapa menit awal dari film serta alur cerita dari Suicide Squad ini jelas sekali terlihat terburu-buru.

Bc51966b0b2db777657c18823ecf8c25
Foto: Warner Bros.

4. Pemeran yang Terkadang Tidak Pas

1d12189094cd1ce7ac28c660f140655c
Foto: Warner Bros.

Faktor aktris dan aktor yang digunakan dalam film-film franchise DC belakangan ini juga dianggap kurang pas oleh banyak pihak. Lihat saja Lex Luthor (Jesse Eisenberg) yang muncul sebagai musuh utama dalam film Batman VS Superman. Sejumlah orang merasa seakan ada yang kurang dari Lex Luthor versi Jesse Eisenberg, khususnya dari faktor penggambaran karakter yang tidak begitu sesuai dengan versi komiknya. Atau kita bisa mengambil contoh pemeran Amanda Waller yang terlihat kurang begitu kejam dan cerdas seperti Amanda Waller pada versi komiknya.

39a074a87df87561b02f979c15d2b044
Foto: Warner Bros.

5. Universe yang Kurang Diperluas

6271a27288df8225eb427fa54b126a44
Foto: aminoapps.com

Salah satu kelebihan Marvel yang tidak dimiliki oleh DC adalah bahwa Universe film Marvel terhubung dengan Universe serial TV Marvel seperti Agents of S.H.I.E.L.D dan tidak menutup kemungkinan karakter-karakter seperti Jessica Jones dan Daredevil pun akan segera menyusul untuk muncul di serial film Marvel (kemungkinan besar pada Avengers Infinity War).

Bagaimana dengan DC? Sayang sekali Universe film DC tidak berhubungan sama sekali dengan Universe serial TV-nya, padahal dengan memperluas Universe ke serial TV, alur cerita dari franchise film DC kemungkinan besar juga bisa diperluas layaknya Marvel.

Itulah tadi 5 alasan kenapa banyak orang menganggap kalau Marvel lebih baik dari DC dari segi franchise film layar lebar. Semoga bisa menjadi tambahan info dan bagaimana dengan pendapat kalian sendiri? Silakan berargumen di kolom komentar dan jangan lupa share ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
Fakta Mengejutkan Marvel Comics 13

12 Fakta Mengejutkan Tentang Marvel Comics

5 Game Superhero Marvel Terbaik Di Android Yang Wajib Kamu Mainkan

5 Game Superhero Marvel Terbaik di Android, Nyesel Nggak Install!

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android Banner

Waspada, 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pengguna Android!

Banner Shutterstock Zifu

Sekeren DSLR! 10 Foto Zenfone Indonesia Fotografi User Bikin Takjub

Fotografi Smartphone

7 Tips dan Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

APPS TERKAIT
Marvel Heroes 2015 Icon
Marvel Heroes 2015
Games Marvel Comics
Marvel Mighty Heroes Icon
Marvel Mighty Heroes 2.0.11
Games DeNA corp
Marvel Comics Icon
Marvel Comics 3.6.4.36408
Apps Marvel Comics
Marvel Future Fight Icon
MARVEL Future Fight 2.6.1
Games Netmarble Games
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Franchise Film Tersukses Dan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

7 Franchise Film Tersukses Dan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Marvel Creative Day Out 2018, Event Wajib Pecinta Marvel! Ini 5 Alasannya

Marvel Creative Day Out 2018, Event Wajib Pecinta Marvel! Ini 5 Alasannya

12 Kesalahan di Film yang Jarang Diketahui Banyak Orang (Part 2)

12 Kesalahan di Film yang Jarang Diketahui Banyak Orang (Part 2)

Ada Penistaan Agama?! 7 Film Kontroversial Ini Dilarang Tayang Di Indonesia

Ada Penistaan Agama?! 7 Film Kontroversial Ini Dilarang Tayang Di Indonesia

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal