J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Fakta Mengejutkan Tentang Bitcoin yang Belum Kamu Ketahui!

              7 Fakta Mengejutkan Tentang Bitcoin yang Belum Kamu Ketahui!

              00
              Senin, 21 Agt 2017, 19:00 WIB
              Sekilas, Bitcoin mungkin terdengar membingungkan, namun berikut adalah 10 fakta mengejutkan tentang Bitcoin yang benar-benar akan menjelaskan istilah awam apa sebenarnya Bitcoin.

              Buat kalian yang mengikuti perkembangan teknologi, istilah Bitcoin mungkin sudah terdengar tidak asing di telinga kamu. Bitcoin ialah salah satu jenis cryptocurrency yang paling bernilai di dunia.

              Cryptocurrency sendiri adalah sebuah penemuan di internet, yakni mata uang digital yang beroperasi secara independen tanpa campur tangan bank sentral. Idenya adalah bagaimana membuat sistem di mana uang tidak terikat oleh lokasi geografis, seperti internet.

              Sekilas, Bitcoin mungkin terdengar membingungkan, namun berikut adalah 10 fakta mengejutkan tentang Bitcoin yang benar-benar akan menjelaskan istilah awam apa sebenarnya Bitcoin.

              BACA JUGA
              • Mau Nabung? Ini Dia 4 Alasan Kamu Harus Investasi BitCoin
              • Jangan Tertipu! 4 Mitos Investasi BitCoin Ini Menyesatkan
              • Tak Cuma Bitcoin, Ini 7 Mata Uang Digital yang Paling Bernilai di Dunia

              Fakta Mengejutkan Tentang Bitcoin

              1. Tidak Ada Satu Entitas Pun yang Mengontrol Mata Uang Ini

              fakta-tentang-bitcoin-1

              Membingungkan? Ya, kebanyakan orang juga berpikir begitu. Perbedaan Bitcoin dan mata uang biasa (seperti Rupiah dan Dollar) ada pada entitas yang mengontrolnya. Contohnya, Rupiah dikontrol oleh Bank Indonesia (BI).

              Dengan begitu, BI akan melakukan kebijakan untuk mencegah adanya inflasi atau perubahan harga atau nilai Rupiah yang signifikan. Sebaliknya, Bitcoin tidak dikontrol entitas apapun.

              Itulah alasan mengapa harga Bitcoin lebih fluktuatif dibandingkan mata uang lainnya ialah tidak adanya satupun entitas yang mengontrol harga Bitcoin. Harga Bitcoin ditentukan oleh semua orang yang memiliki Bitcoin. Jika kamu memiliki Bitcoin saat ini, kamu termasuk salah satu orang yang menentukan harga Bitcoin.

              2. Jumlah Bitcoin Juga Terbatas

              fakta-tentang-bitcoin-2

              Karena merupakan mata uang virtual, kamu mungkin akan berpikir bahwa jumlah Bitcoin itu tidak terbatas. Namun itu akan mendevaluasi mata uang dan membuatnya tidak berharga.

              Sebaliknya, hanya ada 21 juta Bitcoin yang tersedia di dunia. Jumlah ini telah dikonversikan dalam bentuk kode-kode programming dan Bitcoin terakhir diperkirakan akan 'ditambang' sekitar tahun 2140.

              Jumlah Bitcoin yang terbatas dimaksudkan untuk menjaga nilai mata uang tersebut. Dengan begitu, Bitcoin mirip seperti emas yang jumlahnya terbatas di seluruh dunia. Keterbatasan emas menjadikan nilai emas selalu berharga, dan Bitcoin sama dengan Bitcoin dalam hal tersebut.

              3. Kamu Bisa Melihat Semua Transaksi

              fakta-tentang-bitcoin-3

              Hal unik tentang Bitcoin adalah benar-benar transparan. Semua transaksi yang pernah berlangsung sekaligus saldo seseorang dapat diakses oleh siapa saja. Namun, tentu saja tidak termasuk data pribadi kamu.

              Nama dari pemilik akun Bitcoin dapat dimunculkan atau tidak. Hanya transaksi dan jumlahnya saja yang tercatat serta dipantau oleh publik.

              4. Kamu Bisa Menambang Bitcoin Juga Lho

              fakta-tentang-bitcoin-4

              Untuk mendapatkan Bitcoin, ada beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan mining atau menambang.

              Bitcoin dihasilkan melalui pemecahan soal matematika yang melibatkan serangkaian perhitungan algoritma rumit di komputer. Penambang Bitcoin kemudian mendapatkan sejumlah Bitcoin jika menyelesaikan masalah tersebut.

              Begini Cara Mining BitCoin Gratis Yang Mudah
              Ada beberapa cara untuk punya BitCoin. Salah satunya yaitu dengan mining. Kira-kira seperti apa ya prosesnya? Yuk simak cara mining BitCoin gratis!
              LIHAT ARTIKEL

              5. Sistem Teknologi Bitcoin Benar-benar Aman

              fakta-tentang-bitcoin-5

              Banyak orang yang masih meragukan sistem Bitcoin yang bersifat open source. Namun BitCoin menggunakan sistem bernama BlockChain (rantai blok), di mana sistem ini tidak berpusat dan saling berkaitan satu sama lain.

              Semakin panjang, maka alogaritmanya akan semakin sulit. Saat ini, rantai blok BitCoin sudah sangat panjang sehingga sangat sulit ditembus.

              6. Sangat Berisiko Hilang Atau Dicuri

              fakta-tentang-bitcoin-6

              Sebagai mata uang virtual, Bitcoin disimpan dalam bentuk file digital atau dikenal dengan sebutan wallet file. Dalam penggunaannya, wallet file serupa dengan fungsi dompet penyimpan uang tunai.

              Namun wallet file yang disimpan di harddisk peralatan elektronik kamu sangat rentan pada kerusakan dan virus menyerang harddisk kamu juga dapat membuat Bitcoin yang tersimpan hilang begitu saja.

              Dompet digital tersebut juga dapat diretas dan dicuri melalui malware. Belum lagi risiko isi harddisk pemilik Bitcoin terhapus tanpa sengaja. Selain itu, orang-orang yang memiliki keahlian di bidang komputerisasi berpotensi mencuri uang-uang tersebut.

              7. Pertumbuhan Luar Biasa Tapi Saja Tak Berharga

              fakta-tentang-bitcoin-7

              Nilai tukar mata uang digital bitcoin memang terus saja naik dalam selang waktu singkat. Beberapa waktu yang lalu nilai tukar 1 bitcoin mencapai US$4.135 atau sekitar Rp55,1 juta.

              Kenaikan nilai tukar bitcoin bisa jadi disebabkan oleh sejumlah hal. Salah satunya adalah soal meningkatnya tingkat kepercayaan orang terhadap mata uang digital tersebut.

              Namun harus diingat pula, Bitcoin lahir karena adanya kemauan dan kepercayaan dari para penggunanya. Hal ini memungkinkan suatu saat Bitcoin benar-benar tidak berharga lain karena tak ingin digunakan lagi atau muncul mata uang digital bentuk baru.

              Akhir Kata

              Itulah fakta mencengangkan dari Bitcoin dan serba-serbi uniknya. Masyarakat Indonesia sendiri banyak yang mulai tertarik dengan Bitcoin. Mata uang ini dikenal tidak berbadan hukum. Artinya, pemerintah tidak bertanggung jawab atas berbagai transaksi dilainnya. Bagaimana pendapat kamu?

              Baca juga artikel seputar Bitcoin atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

              APPS TERKAIT
              Mobile Legends: Bang bang Terbaru
              Games Moonton
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!