J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Evolusi Teknologi Sepatu Sepak Bola dari Awal Hingga Abad 21

              Evolusi Teknologi Sepatu Sepak Bola dari Awal Hingga Abad 21

              00
              Minggu, 13 Okt 2019, 12:30 WIB
              Permainan sepak bola selalu identik dengan strategi dan gerakan indah dari para pemainnya. Selain bola tentu ada satu hal lagi yang nggak boleh ketinggalan, sepatu! Kali ini Jaka bakal membahas evolusi teknologi sepatu sepak bola hingga saat ini.

              Sepatu sepak bola tentu menjadi salah satu alat vital yang sangat penting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Dengan berbagai teknologi yang ditanamkan saat ini, kamu sudah bisa memperkirakan bagaimana canggihnya kan?

              Sambil mengikuti hype Piala Dunia yang saat ini tengah digelar, berikut Jaka bakal mengulas evolusi sepatu sepak bola dari awal ditemukan hingga abad 21 guys. Simak ya!

              BACA JUGA
              • Ini 12 Jersey Keren Jika Aplikasi Populer Jadi Klub Sepakbola!
              • 15 Game Sepakbola Terbaik 2019 di HP Android! (Wajib Main)
              • 5 Teknologi Sepak Bola Paling Canggih di Dunia Sejauh Ini

              Inilah Evolusi Sepatu Sepak Bola Hingga Saat Ini

              Berawal dari sepatu yang dibuat menggunakan kulit hewan, sepatu sepak bola kini telah berevolusi menjadi sebuah benda yang serba canggih.

              Bahkan para pemain sepak bola kelas atas memiliki sepatu sepak bola yang dikhususkan memang buatnya loh! Penasaran dengan evolusi sepatu sepak bola hingga saat ini?

              1. Pertama Kali Ditemukan

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 1 71325
              Sumber foto: goldenshoesmovie.com

              Sepatu sepak bola pertama kali dibuat berdasarkan pesanan King Henry VIII pada tahun 1525. Sepatu ini dibuat oleh Cornelius Johnson menggunakan material kulit hewan yang bahkan memiliki bobot sangat besar untuk saat itu.

              Penasaran dengan harganya? Sepasang sepatu buatan Cornelius ini dihargai 4 shillings atau sekitar US$ 100 saat ini. Lumayan juga!

              2. Era 1800-an

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 2 5cc2c
              Sumber foto: goldenshoesmovie.com

              Karena sepatu yang sedari awal dibuat banyak membuat pemain cedera, akhirnya desain sepatu sepak bola diubah pada tahun 1800-an. Sepatu ini lebih mirip slop dengan enam buah tonjolan pada bagian bawah.

              Sepatu ini memiliki bobot total sekitar 500 gram dan memiliki lapisan kulit tebal untuk mencegah cedera pergelangan kaki dari para pemain.

              3. Era 1900-an hingga 1940-an

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 3 2e26c
              Sumber foto: pinterest.com

              Pada era ini, mulai banyak perusahaan yang menggarap sepatu sepak bola, mulai dari Gola (1905), Valsport (1920) dan Hummel (1923).

              Bahkan Adolf dan Rudolf bersaudara (pencetus Adidas dan Puma), membuat perusaah bernama Dassler Brothers Shoe Factory sekitar tahun 1924. Pada era ini, sepatu sepak bola memiliki tonjolan yang bisa diganti loh!

              4. Era 1940-an hinga 1960-an

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 4 B35b2
              Sumber foto: soccerballscollection.com

              Memasuki Perang Dunia Ke-2, sepatu sepak bola semakin ringan dan fleksibel. Apalagi dengan mulai bermunculan laga internasional yang digelar antarnegara di seluruh dunia.

              Pada tahun ini juga, Adolf mendirikan Adidas pada 1940-an awal dan Rudolf membuat perusahaannya sendiri bernama Puma pada 1948.

              5. Era 1960-an

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 5 D9e5e
              Sumber foto: goldenshoesmovie.com

              Melihat kesuksesan Adidas dan Puma pada gelaran Piala Dunia, banyak membuat perusahaan pembuat sepatu sepak bola bermunculan. Seperti Mitre (1960), Asics (1964) dan Joma (1965).

              Selain itu evolusi desain sepatu sepak bola pada masa ini semakin mempermudah pemain untuk berlari lebih cepat saat berada di lapangan.

              6. Era 1970-an

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 6 0887f
              Sumber foto: pinterest.com

              Pada era ini, Pele berhasil menjuara Piala Dunia dengan menggunakan sepatu Puma King. Saat itu juga, Adidas merilis sepatu terbaik mereka bernama Copa Mundial pada tahun 1979.

              Copa Mundial dibuat dengan menggunakan kulit kangguru yang membuat pergerakan pemain semakin cepat. Diadora pun lahir pada era ini, tepatnya pada 1977.

              7. Era 1980-an

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 7 Ee7ff
              Sumber foto: pinterest.com

              Saat itu, semua brand sepatu sepak bola sudah mulai berinovasi dengan menggunakan bahan-bahan sintesis sebagai material pembuatnya.

              Craig Johnston pun menjadi pelopor dibuatnya seri Adidas Predator yang dinilai memiliki kontrol lebih baik di lapangan dan juga saat mengontrol bola.

              8. Era 1990-an

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 8 73b2d
              Sumber foto: soccermaniak.com

              Setelah melakukan research & development cukup lama, akhirnya Adidas secara resmi merilis Adidas Predator pada 1994.

              Nah pada saat ini pun, pesaing beratnya saat ini, Nike sudah mulai memasuki industri sepak bola dengan merilis Nike Mercurial pada 1998, yang punya bobot hanya 200 gram saja.

              9. Era 2000-an

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 9 E6230
              Sumber foto: kickstothepitch.com

              Adidas, Puma dan pendatang baru Nike sukses memuncaki daftar perusahaan sepatu paling sukses di seluruh dunia. Di samping itu ada juga brand-brand lain seperti Mizuno, Lotto, Nomis yang juga bersaing di sektor ini.

              Teknologi yang semakin canggih membuat brand ini membuat sepatu yang dikhususkan buat para pemainnya, misal Nike Mercurial Superfly (CR7) atau Adidas Messi 15.1 FG/AG.

              10. Era Sekarang

              Evolusi Sepatu Sepak Bola 10 A9808
              Sumber foto: engadget.com

              Industri sepak bola yang semakin maju diimbangi dengan perkembangan teknologi, membuat banyak brand mulai berinovasi dengan produk yang mereka buat.

              Misalnya saja Adidas memiliki MiCoach yang mampu merekam pergerakan pemain selama bertanding. Atau juga mulai digunakannya material daur ulang seperti plastik untuk membuat sepatu sepak bola.

              Akhir Kata

              Nah itulah evolusi sepatu sepak bola dari masa ke masa. Bukan hanya sepak bola saja, industri ini semakin berkembang dengan hadirnya street football atau futsal yang semakin menjamur. Gimana menurutmu? Yuk share pendapat kamu pada kolom komentar!

              Baca juga artikel seputar Sepak Bola atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

              Tags Terkait:

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Popup External Background JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal