Evolusi Teknologi Canggih di BOLA Piala Dunia dari Masa ke Masa

Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang paling digemari banyak orang di dunia. Setiap tahunnya ada saja event pertandingan internasional yang berhubungan dengan sepak bola, salah satu contohnya adalah Piala Dunia.

Piala Dunia FIFA atau yang biasa disebut Piala Dunia ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak 1930. Saat ini Piala Dunia diikuti oleh 32 tim dari berbagai negara di dunia.

Kamu tahu nggak? Dalam beberapa tahun terakhir, bola yang digunakan di Piala Dunia selalu berganti loh setiap turnamennya. Kira-kira apa saja sih yang berubah? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah evolusi bola dan teknologi canggih yang digunakan di Piala Dunia hingga saat ini!

BACA JUGA
  • Keren! Inilah 4 Baju Bola Berteknologi Canggih Saat Ini
  • Keren! Inilah 4 Sepatu Sepak Bola Berteknologi Canggih Saat Ini
  • 5 Game Sepak Bola Android Terbaik Gratis 2016

Evolusi Bola di Piala Dunia

Telstar, Meksiko 1970

Evolusi Bola Resmi Piala Dunia 1
Sumber foto: Foto: worldcupballs

Adidas mulai membuat bola sepak pada 1963. Tapi Adidas membuat bola resmi piala dunia pertama kali pada 1970.

Ini adalah bola piala dunia pertama kali yang menggunakan desain Buckminster yang memiliki 32 panel warna hitam dan putih. TELSTAR dibuat agar lebih terlihat untuk para penonton yang masih menggunakan tv hitam-putih pada tahun 1970.

Tricolore, Prancis 1998

Evolusi Bola Resmi Piala Dunia 2
Sumber foto: Foto: worldcupballs

Tidak banyak perkembagan bola hingga Adidas meluncurkan Tricolore untuk Piala Dunia Prancis 1998. Tricolore adalah bola Piala Dunia pertama yang meninggalkan pola hitam-putih dan menggunakan warna dan underglass print technology dengan bahan sintetis.

Fevernova, Korea dan Jepang 2002

Evolusi Bola Resmi Piala Dunia 3
Sumber foto: Foto: worldcupballs

Menyambut Piala Dunia pertama di Asia, Adidas membuat bola baru dengan lapisan dalam yang lebih tipis. Teknologi pada bola Fevernova dibuat untuk menjaga kestabilan saat berada di udara.

Menggambarkan revolusi Asia yang penuh warna, Fevernova memiliki teknologi lapisan busa sintetis halus yang membuat lebih mudah ditendang saat di udara.

Teamgeist, Jerman 2006

Evolusi Bola Resmi Piala Dunia 4
Sumber foto: Foto: worldcupballs

Terobosan yang cukup radikal dilakukan Adidas untuk Teamgeist, bola resmi Piala Dunia Jerman 2016. Adidas mengadaptasi teknologi baru yang membuat bola memiliki performa sempurna di cuaca ekstrem sekalipun.

Rancangan propeller terbukti bisa memberikan kenyamanan pada aliran bola dan meminimalisasi perubahan arah bola saat sedang bermain.

Jabulani, Afrika Selatan 2010.

Evolusi Bola Resmi Piala Dunia 5
Sumber foto: Foto: worldcupballs

Tidak banyak perubahan teknologi di bola Jabulani yang digunakan di Piala Dunia Afrika Selatan. Pada dasarnya, bola ini adalah Teamgeist yang diubah dengan panel 3D. Tapi Adidas juga menambahkan fitur peningkatan cengkeraman bola di cuaca ekstrem Afrika!

Brazuca, Brazil 2014

Evolusi Bola Resmi Piala Dunia 6
Sumber foto: Foto: worldcupballs

Bola ini adalah pengembangan Adidas dari seri Adidas Tango 12, dengan berat hanya 437 gram. Brazuca merupakan salah satu bola paling ringan yang pernah digunakan di Piala Dunia.

Bola ini terbuat dari 6 bahan polyurethane dan termal kondisi dan tidak akan mengalami masalah aerodinamis walaupun dimainkan di cuaca Brazil yang ekstrem. Dengan tekstur yang sangat mulus, bola ini boleh dibilang salah satu bola terbaik dari Adidas.

Itulah beberapa evolusi Bola yang digunakan di Piala Dunia dari masa ke masa. Kalau kamu tahu jenis yang lainnya, bisa taruh komentarmu di kolom di bawah ya!

Oh ya! Untuk kamu pecinta game sepak bola, JalanTikus punya game terbaru untuk kamu mainkan. Game bernama Dream Eleven ini akan mengajak kamu untuk menjadi seorang manager tim sepak bola di LaLiga (Liga Spanyol).

Bagaimana keseruan dari game Dream Eleven? Kamu bisa download dan mainkan secara langsung di sini: Dream Eleven. Jangan lupa like Fanpage Facebooknya untuk mendapatkan banyak info dan hadiah terbaru seputar Dream Eleven.

Dream Eleven Icon
Dream Eleven 1.0.9
Games Olahraga Maingames
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT
Darknet
Bukan Cuma Hacker, di Internet Ternyata Banyak Hal Menyeramkan!
Asus Zenfone 3 Ze552kl Indonesia 8
Hore! ZenFone 3 ZE552KL Hadir di Indonesia dengan Android Nougat!!
Banner Kehilangan Kekasih
Pria ini Kehilangan Pacar Gara-Gara Situs Kencan yang Dibuatnya, Kok Bisa?
Makanan Harga 20 Dollar Banner
14 Ilustrasi Makanan yang Bisa Dibeli Seharga Rp 265 Ribu di Seluruh Dunia
Perbandingan Introvert Dan Ekstrovert Banner
Apakah Kamu Introvert atau Ekstrovert? Inilah 12 Ilustrasi Perbandingannya
APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Coc Icon Icon
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal