Evegeniy Bogachev, Hacker Cybercriminal yang Paling Dicari di Dunia

Belum lama ini New York Times telah menerbitkan sebuah cerita tentang Evgeniy Mikhailovich Bogachev. Seorang hacker asal Rusia yang merupakan "penjahat cyber yang paling dicari di dunia".

Bogachev sebenarnya bukan sosok baru dalam kejahatan komputer. Ia adalah sang pencipta malware 'GameOver Zeus' yang menjadi momok mengerikan bagi dunia perbankan.

Bogachev dituding bertanggung jawab atas serangan terhadap sejumlah bank di Amerika Serikat dengan kerugian mencapai US$100 juta.

BACA JUGA
  • Cara Yang Harus Kamu Persiapkan Untuk Menjadi Hacker Profesional
  • Buruan Download! 19 e-Book White Hat HACKER Lengkap Gratis!
  • 10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Evegeniy Bogachev, Penjahat Cyber yang Paling Dicari FBI

Dikutip dari Mashable, Bogachev diyakini bersekongkol dengan intelijen rusia. Dia juga disebut-sebut sebagai salah satu otak di balik tudingan peretas yang mempengaruhi hasil Pemilihan Presiden AS, yang kemudian dimenangkan oleh Donald Trump. Jadi, apa yang dia lakukan sekarang?

Lihat Foto yang Menakjubkan Ini

Sepak terjang Bogachev pun menjadi pembahasan media-media. Salah satunya adalah kehidupan mewah yang dijalaninya. Dia diketahui menggunakan uang hasil kejahatan itu untuk berfoya-foya dan membeli beberapa barang mewah.

Ya, dia memegang hewan peliharaan kucing Bengal, mengenakan piyama leopard dan memakai kacamata hitam di dalam ruangan. Dia juga memiliki kapal pesiar.

Sebagai penjahat siber spesialis pembobol rekening bank, Bogachev juga diketahui punya sejumlah rumah mewah yang salah satunya terletak di Anapa, Russia.

Selain itu, kabarnya ia memiliki dua Villa di Perancis dan armada mobil yang diparkir di sekitar Eropa. Sehingga ia tidak perlu menyewa kendaraan saat berlibur.

Dia memiliki banyak mobil mewah, tapi yang paling disukainya adalah Jeep Grand Cherokee. Satu hal lagi, ia orangnya sangat paranoid.

10 Hacker Yang Paling Berbahaya Sepanjang Masa
10 Hacker yang Paling Berbahaya Sepanjang Masa
Simak nih, 10 hacker paling berbahaya sepanjang masa.
LIHAT ARTIKEL

Malware yang Diciptakan Bogachev

Malware Gameover

Bogachev juga dikenal dengan sebutan 'lucky 12345', 'Slavik', atau 'Pollingsoon' di internet. Malware GameOver Zeus yang ia ciptakan dapat mampu mencuri data nomor rekening, password, dan juga membuat transaksi palsu dari dalam sistem keamanan bank.

Cara kerja GameOver Zeus sendiri adalah menggunakan konsep serangan Distributed Denial of Service atau DDoS. Dengan menciptakan botnet untuk membanjiri server sistem keamanan bank yang ditargetkan, sehingga server tersebut kewalahan.

Celah ini lalu dimanfaatkan malware GameOver Zeus untuk menguras isi rekening nasabah bank. Setelah komputer terinfeksi malware dan kemudian bisa dikendalikan oleh Bogachev dan timnya yang juga berada di Rusia.

Dari sini mereka kemudian bisa melakukan transaksi perbankan seperti mengirim uang ke rekening yang sudah disiapkan.

Selain GameOver Zeus, ia juga diketahui sebagai pembuat Cryptolocker, program jahat yang mampu menyandera komputer korbannya. Malware ini bekerja dengan mengenkripsi data lalu kemudian meminta uang tebusan agar data tersebut bisa digunakan kembali.

Buronan Paling Mahal yang Dicari FBI

Evgeniy Fbi

Karena kejahatannya itu dan sulitnya menangkap Bogachev, FBI dan departemen luar negeri Amerika Serikat akan memberikan hadiah sebesar US$3 juta atau sekitar Rp38 miliar.

Bagi siapa saja yang berhasil menangkap atau memberikan informasi terkait keberadaan Bogachev. Hal ini sekaligus membuat hacker Rusia itu sebagai buronan paling mahal yang dicari FBI. Nah bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Hacker atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
5 Game Superman Terbaik Untuk Android Dan Ios
5 Game Superman Terbaik untuk Android dan iOS
Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Asus Zenbook 3
Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih ASUS ZenBook 3
Cara Install Update Android Nougat Pada Asus Zenfone 3 Secara Ota Manual
Cara Install Update Android Nougat ASUS Zenfone 3 Secara OTA dan Manual
Cara Mengatasi Lag Di Ml A2573
Inilah 7 Cara Mengatasi Lag di Mobile Legend Paling Ampuh & Mudah
APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal