Sering Begadang Bisa Bikin Gila, Otak Hancur dan Kena Penyakit Jiwa?

Default

Saat saya menulis artikel ini, waktu sudah menunjukkan pukul 23:30 WIB. Seringkali kali saya bertanya, "Sampai kapan rutinitas bergadang ini akan berlangsung?" Saya tidak memungkiri, aktivitas menulis memang lebih enak dilakukan saat malam hari. Entah kenapa, lebih nyaman menulis di malam hari dari pada siang hari. Meskipun harus diakui, raut wajah saya seringkali terlihat kacau usai bergadang.

Padahal, dari artikel yang saya baca di Time belum lama ini, katanya tidur adalah salah satu aktivitas penting untuk otak manusia. Studi terbaru menunjukkan bahwa saat kita terlelap, otak melakukan tugasnya untuk membersihkan puing-puing memori dari pekerjaan kita seharian.

BACA JUGA
  • Susah Tidur atau Insomnia? Bisa Sembuh dengan Perangkat Ini
  • Hilangkan Stres dan Insomnia Menggunakan Brainwave di Android
  • Sering Stress dan Insomnia? Coba Dengarkan Musik-musik Ini

Sering Begadang Bisa Bikin Gila, Otak Hancur dan Kena Penyakit Jiwa?

Tidur, membantu otak kita mengatur ulang dan mengembalikan kebugaran jaringan saraf sehingga mereka siap beroperasi dengan kapasitas penuh ketika kita bangun di pagi hari.

994e447c365dc0dc9f8125454346bbc6

Dari sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam jurnal radiologi, tim peneliti dari Tiongkok dan Eropa melaporkan analisis yang lebih rinci. Tentang bagaimana susah tidur dapat mempengaruhi komponen tertentu dalam saraf otak yang mengatur daya kognitif, emosi, dan proses sensorik. Para peneliti ini membandingkan hasil penilitian otak dari 23 orang dengan insomnia dan 30 orang yang terbiasa tidur normal.

Penelitian secara khusus memperhatikan material putih pada sel-sel saraf otak yang disebut Myelin. Fungsi utama Myelin? Yaitu mengirim sinyal dari satu sel kepada sel lainnya dalam otak. Kesimpulannya, jika Myelin tidak bekerja secara maksimal maka sinkronasi antar sel dalam otak akan kacau.

Ae7ac051137ac2acc8357822d7342645

Penelitian yang dipimpin oleh Shumei Li ini menemukan bahwa orang dengan insomnia (juga mereka yang sulit tidur di malam hari dan terbiasa mengantuk di siang hari), memiliki gangguan konektivitas antar sel saraf otak. Hal ini lantaran Myelin pada orang yang suka begadang mengalami penipisan. Mengakibatkan kurangnya interaksi antar sel dalam otak manusia.

Bahkan, lima dari enam saraf utama dalam otak benar-benar tidak berfungsi bila seseorang sudah menderita insomnia yang parah. Saraf-saraf utama yang tidak berfungsi ini berada di bagian kanan otak, di mana emosi dan kemampuan imajinasi berada. Makanya jangan heran, mereka yang tingkat insomnianya sudah kronis akan lebih mudah terkena penyakit kejiwaaan.

ARTIKEL TERKAIT
Seragam Cewek Jepang
Suka Cewek Jepang? Ini Fakta Menarik Tentang Seragam Cewek Jepang
Lowo Ireng
Keren! Inilah BatMobile-Nya Indonesia atau Dikenal Juga Lowo Ireng
Youtuber Kontroversial Banner
5 YouTuber Terkenal yang Paling Kontroversial di Indonesia!
10 Video Youtube Yang Menjengkelkan Tapi Nempel Di Kepala
10 Video YouTube yang Menjengkelkan Tapi Nempel di Kepala
Kentut Ke Bulan Banner
Bisa Gak Sih Kentut Membawa Kita ke Bulan?
APPS TERKAIT
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Konoha Heroes Icon
Shinobi Heroes 2.42.060
Games Omo Games
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Pewdiepies Tuber Simulator Icon
PewDiePie's Tuber Simulator 1.7.1
Games Outerminds Inc.
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal