J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cuma Typo Tapi Bikin Rugi Jutaan Dollar, 10 Kasus Ini Buktinya!

Selasa, 26 Sep 2017, 17:30 WIB
Tapi, bagaimana jika kesalahan ketik tersebut malah berakibat fatal, bahkan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit

Kesalahan ketik atau yang lebih dikenal dengan sebutan typo, sering tak sengaja kita lakukan saat mengirim pesan atau chat.

Tapi, bagaimana jika kesalahan ketik tersebut malah berakibat fatal, bahkan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit? Jaka telah menyusun 10 Kesalahan Ketik Yang Harus Dibayar Mahal. Simak ulasannya di bawah ini yuk!

BACA JUGA
  • Waduh! Karena Typo 10 Pesan Ini Berujung Mesum
  • Bahaya Jika Sering Typo Saat Chatting di Smartphone
  • 8 dari 10 Orang Tidak Menyadari Bahaya Ancaman Typosquatting !

10 Kesalahan Ketik Yang Harus Dibayar Mahal

1. Tanda 'koma' yang bikin rugi jutaan dollar Amerika

0284bd718a34ad83722f02644deb8664

Pemerintah Amerika Serikat pernah kehilangan setidaknya dua juta Dollar pendapatan, semuanya hanya karena sebuah 'koma'. Undang-Undang tarif Amerika tahun 1872, dimaksudkan untuk menghapus tarif yang bertuliskan, _'fruit-plants, tropical and semi-tropical for the purpose of propagation or cultivation. Namun, sayangnya penempatan tanda koma tersebut salah. Yang seharusnya tertulis, _fruit, plants tropical, and semi-tropical for the purpose of propagation or cultivation.

Para importir buah pun dengan cepat memanfaatkan kesalahan gramatikal dan menolak membayar pajak atas pengiriman mereka. Akhirnya hal tersebut berujung pada pengadilan, di mana akhirnya Departemen Keuangan harus mengeluarkan uang senilai US$2 juta.

2. Huruf 'S' yang menghancurkan sebuah perusahaan

9f7c9e6155d689ad48771ed9350d2470

Di Inggris, semua perusahaan terbatas diharuskan untuk mendaftar ke instansi pemerintah yang disebut Companies House, yang mencatat laporan keuangan dan informasi perusahaan. Pada tahun 2004 agensi tersebut melaporkan bahwa sebuah perusahaan teknik berusia 124 tahun bernama Taylor & Sons telah menutup usaha mereka.

Ternyata perusahaan tersebut menjadi korban salah ketik, yang seharusnya perusahaan yang tutup adalah Taylor & Son. Perusahaan Taylor & Sons pun menjadi bangkrut karena hal itu, karena konsumen mengira mereka telah tutup. Merekapun mengajukan gugatan kepada Companies House, yang berujung pada sanksi untuk agen tersebut bertanggung jawab atas bangkrutnya perusahaan dan kerugian senilai ** 8,8 juta**.

3. Buku masak yang rasis

75df0a9172511bb8cb9f7954080cfd3a

Sebuah buku masak yang diterbitkan oleh Penguin Books of Australia, bertajuk Pasta Bible, menyebabkan kegemparan dengan resep yang di dalamnya terdapat kesalahan ketik. Di mana tertulis, 'freshly ground black people' yang seharusnya ditulis, _'freshly ground black pepper.

Akibat hal yang berujung rasis ini, Penguin Books harus menghancurkan lebih dari 7.000 eksemplar yang masih berada di dalam gudang. Lalu mereka mencetak ulang dengan biaya sekitar 20.000 Dollar Australia.

4. The Great Google Backslash Error

899e961105851bc74f8dc41ebd18a397

Pada tanggal 31 Januari 2009, sekitar satu jam, hampir semua pencarian Google mengeluarkan peringatan yang menyatakan, 'Situs ini dapat membahayakan komputer anda'. Pengguna yang terus mencoba untuk masuk berungkali malah disambut dengan peringatan lainnya.

Dalam kasus ini, ternyata seseorang di Google telah salah memasukkan simbol garis miring terbalik sebagai situs web jahat. Mengingat bahwa hampir semua situs web dimulai dengan 'http://' atau 'https://', dengan kata lain, Google telah memblokir sebagian besar internet secara efektif.

5. Perseteruan dua perusahaan akibat tanda 'koma'

483b24dbcd31cf2a1860eb15edf39c46

Kesalahan koma lainnya menyebabkan perselisihan antara raksasa komunikasi Kanada Rogers dan Bell Aliant. Perselisihan tersebut disebabkan oleh satu 'koma' dalam sebuah kesepakatan tertulis. Pernyataan kesepakatan tersebut tertulis, 'Perjanjian ini akan berlaku efektif sejak tanggal dibuat dan harus dilanjutkan untuk jangka waktu lima tahun sejak tanggal dibuat, dan selanjutnya berlaku untuk lima tahun berturut-turut, kecuali dan sampai diakhiri dengan pemberitahuan satu tahun sebelumnya secara tertulis oleh salah satu pihak'.

Bell menganggap koma kedua, bahwa perjanjian tersebut dapat dibatalkan setiap saat oleh salah satu pihak, asalkan memberi pemberitahuan satu tahun. Namun, menurut Rogers, kesepakatan tersebut menetapkan bahwa ia akan bertahan selama lima tahun, setelah itu dapat diakhiri dengan pemberitahuan satu tahun. Perseteruan ini pun berlanjut ke meja hukum. Tapi, akhirnya Bell berhasil memenangkan perselisihan setelah menunjukkan bukti salinan kesepakatan tertulis, yang menggunakan bahasa Prancis.

6. Tanda Koma berharga US juta

8d75a83da1f36c5f92af035d6f0d3503

Lagi-lagi tanda baca koma, menjadi biang keladi kesalahan ketik yang berujung kerugian besar secara materil. Lockheed Martin, menandatangani kesepakatan untuk memproduksi pesawat tempur militer C-130J seharga US$ 70 juta. Karena sifat jangka panjang dari kesepakatan tersebut, kontrak tersebut mempersilahkan agar harga pesawat meningkat seiring dengan inflasi.

Kontrak itu juga termasuk rumus penyesuaian inflasi yang menunjukkan berapa harga seharusnya naik. Sayangnya, Lockheed Martin salah menafsirkan koma dalam formula dengan satu angka desimal, yang berarti harga sebenarnya meningkat secara signifikan kurang dari inflasi. Angkatan udara asing yang tidak disebutkan negaranya, bersikeras bahwa kontrak tersebut dihormati persis seperti yang ditulis. Lockheed Martin pun mengalami kerugian yang cukup besar karena kasus ini.

7. Kesalahan ketik pada mata uang

9ba0901c056ee840d4d40bffba3f594d

Yang paling dihindari dalam kesalahan tulis, tentu adalah penulisan nama sebuah negara. Namun, hal itu benar terjadi, bahkan letaknya berada pada mata uang. 2008, Chile salah menuliskan nama negaranya sendiri pada mata uang yang menjadi, 'Cile'. Herannya, kesalahan ini baru diketahui dan dilaporkan secara resmi pada akhir 2009.

Perusahaan pencetak uang Mint Chili pun harus bertanggung jawab dan berujung pada pemecatan secara masal. Namun, bagi kolektor koin, mereka pun segera menyimpan koin yang memiliki kesalahan tersebut, karena nantinya harganya akan melambung tinggi.

8. Miss Universe Canada 2013

Kontes Miss Universe Canada 2013 berakhir dengan kemenangan emosional untuk Denise Garrido yang berusia 26 tahun. Paling tidak sampai 24 jam kemudian, saat mahkotanya kembali dilucuti, dan diberikan kepada pemenang sebenarnya kontestan Riza Santos.

Ternyata, Denise sebenarnya adalah runner-up ketiga dalam kompetisi ini. Hal ini diakibatkan oleh seorang kru yang salah memasukkan nilai dari para juri. Hal ini pun diketahui setelah diaudit sehari kemudian.

9. Google s U7 Million Typo Bonanza

9c991a9e3c36ae2fe2c1625cf958e23c

Kembali di tahun 2010, penelitian yang dilakukan oleh Harvard University mengungkapkan bahwa kesalahan ketik di alamat situs web, menggerogoti Google sekitar US$ 497 juta per tahun.

Misalnya, pengguna Google ingin mengunjungi jalantikus.com namun karena kesalahan ketik menjadi jalanantikus.com dan benar ada website dengan alamat web tersebut. Jadi yang seharusnya mengunjungi situs asli, menjadi beralih ke website lain, dan menyebabkan kerugian yang cukup banyak. Hal ini sering disebut typosquatting, dan sering dialami oleh website dengan profil tinggi.

10. Kesalahan ketik yang menyebabkan korban jiwa

68eab1e81cb551c94cf089736b08197c

Satu-satunya korban jiwa dalam daftar ini, balita asal Australia berusia 18 bulan, kehilangan nyawanya setelah ambulan yang dipanggil oleh dokter yang memeriksanya terlambat datang.

Dokter tersebut telah menelpon layanan Ambulans New South Wales dan meminta sebuah ambulan untuk datang dalam waktu 30 menit. Namun, operator tak sengaja menekan tombol tambahan, mengubah permintaan pemesanan pukul 09.19 menjadi 19:14. Setelah menunggu lama, dokter tersebut menelepon lagi dan sebuah ambulan tiba sekitar satu jam setelah panggilan pertama dilakukan. Namun, sudah terlambat, bayi tersebut mengalami serangan jantung dan meninggal di rumah sakit.

Itulah 10 Kesalahan Ketik Yang Harus Dibayar Mahal. Semoga kita terhindar dari hal semacam ini ya guys. Tuliskan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT
Iklan Kocak Bikin Ngakak
Awas, 13 Iklan Kocak Ini Bisa Bikin Konak!
Modifikasimobilpalinganeh
Dijamin Ngakak! Inilah 20 Foto Modifikasi Mobil Paling Aneh di Dunia
Tato Pas
Gak Sembarangan, Ini 10 Tato Paling 'Bermakna' di Dunia
Biar Sukses 5 Skill Ini Harus Kamu Kuasai Di Era Digital
Biar SUKSES! 5 Skill Ini Harus Kamu Kuasai di Era Digital
Kejadian Dibalik Foto Keren 11
10 Foto Kejadian Sebenarnya di Balik Hasil Foto yang Keren
APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Ngakak Online! 15 Foto Kocak Karena Salah Ketik di Google Images
Ngakak Online! 15 Foto Kocak Karena Salah Ketik di Google Images
26 Foto Kesalahan Fatal yang Bikin Mood Kamu Berantakan (Part 3)
26 Foto Kesalahan Fatal yang Bikin Mood Kamu Berantakan (Part 3)
Inilah Proses Interview yang Harus Dilalui Saat Melamar di Google!
Inilah Proses Interview yang Harus Dilalui Saat Melamar di Google!
15 Kesalahan di Film yang Jarang Diketahui Banyak Orang (Part 3)
15 Kesalahan di Film yang Jarang Diketahui Banyak Orang (Part 3)

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal