J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Modal YouTube dan Buku Doang, Pria Ini Bisa Bikin Pesawat Sendiri!

              Modal YouTube dan Buku Doang, Pria Ini Bisa Bikin Pesawat Sendiri!

              00
              Rabu, 30 Nov 2016, 09:00 WIB
              Asmelash Zerefu mempunyai mimpi untuk menerbangkan pesawat pada saat dia kecil. Dia telah berhasil mencapai apa yang belum terpikirkan yaitu membangun pesawat pertama di Ethiopia dengan tangannya sendiri dari awal.

              Semuanya tidak ada yang tidak mungkin ketika kamu mau terus belajar, berlatih, dan terus pantang menyerah. Hal itu dibuktikan oleh pria asal Ethiopia yang membuat pesawat terbang sendiri hanya bermodalkan buku-buku penerbangan dan video tutorial Youtube.

              Pria ini bernama Asmelash Zerefu dan dia mempunyai mimpi untuk menerbangkan pesawat pada saat dia kecil. Mulanya, Asmelash ditolak oleh Akademi Penerbangan Ethiopian Airlines dan Petugas Kesehatan Masyarakat untuk mempelajari cara membangun pesawatnya sendiri. Asmelash mengakui bahwa ini adalah tantangan yang berat. Akan tetapi, dia telah berhasil mencapai apa yang belum terpikirkan yaitu membangun pesawat pertama di Ethiopia dengan tangannya sendiri dari awal.

              BACA JUGA
              • Waduh, Pesawat Berjendela Persegi Lebih Sering Mengalami Kecelakaan!
              • Jenius! Remaja Ini Sukses Rakit Mobil Keren Berkat Tutorial YouTube
              • 10 Tips Penting Agar Selamat Dari Kecelakaan Pesawat

              Modal YouTube dan Buku Doang, Pria Ini Bisa Bikin Pesawat Sendiri!

              Asmelash Zerefu Plane 600x289
              Sumber: Odditycentral

              Dilansir dari Odditycentral, Asmelash mengatakan bahwa pesawatnya diberi nama K-570A . Menurutnya, huruf K berasal dari huruf inisial dari nama ibunya, Kiros. Kemudian, angka 570 menunjukkan berapa hari dia menyelesaikan pesawatnya dan huruf A berasal dari Aircraft .

              Asmelash menunjukkan obsesinya terhadap penerbangan di media sosial. Dia memposting gambar-gambar dari beberapa percobaan dan kegagalan yang dia perbuat. Di samping itu, dia juga menunjukkan rasa hormatnya pada idolanya, yaitu Wright bersaudara.

              Di masa kecilnya, satu-satunya tujuannya adalah untuk menjadi pilot. Walaupun dia memiliki nilai IPK yang tinggi, dia memutuskan untuk drop out dari universitas demi mendaftarkan dirinya ke Akademi Penerbangan Ethiopian Airlines pada 16 tahun silam. Sayangnya, dia tidak terima karena tinggi badannya kurang dari satu sentimeter dari persyaratan minimal.

              Asmelash Zeferu Builds His Own Plane
              Sumber: Pulse

              Meskipun demikian, hal ini tidak mengurungkan niatnya unutk mewujudkan mimpi semasa dia kecil. Bahkan, dia menganggap hal ini sebagai titik balik dimana dia akan membuat pesawat terbangnya sendiri.

              Dimulai pada tahun 2001, Asmelash mulai membaca dan meneliti buku perawatan FAA (Federal Aviation Administration), mencari cetak biru pesawat di internet, dan tentunya menonton ratusan video tutorial Youtube. Kemudian, dia mengumpulkan semua bahan yang diperlukan dan menghabiskan satu tahun lebih membuat pesawat terbang hingga akhirnya siap untuk digunakan.

              Asmelash Zerefu Plane2 600x289
              Sumber: Odditycentral

              K-570A merupakan pesawat ringan yang memiliki dua tempat duduk. Asmelash menghabiskan 160.000 Ethiopian Birr atau lebih dari 7500 Dollar (sekitar 100 juta rupiah) untuk menyelesaikan proyek ini. Dia menceritakan bahwa banyak sekali tantangan dalam proses pengerjaan pesawat di antaranya orang-orang sekelilingnya menganggapnya gila dan dia menghadapi beberapa kali kegagalan. Di samping itu, dia juga menghadapi masalah keuangan yang dapat menghambat proses pengerjaan pesawat. Meskipun demikian, dia sangat dekat untuk memenuhi mimpinya.

              Walaupun pesawat terbangnya sudah siap, Asmelash belum bisa menerbangkannya dengan berhasil. Dia mencoba menerbangkannya pada bulan Juni tahun lalu tapi baling-baling pesawatnya hancur akibat gesekan dan rusak karena asap mulai keluar dari pesawat. Dia terpaksa harus melakukan perbaikan dan perubahan di beberapa bagian pesawatnya. Setelah selesai, dia bertekad untuk menerbangkan pesawat K-570A dengan berhasil dan menjadi orang pertama yang menerbangkan pesawat buatannya sendiri.

              APPS TERKAIT
              Simulator Penerbangan Pesawat Icon Icon
              Simulator Penerbangan: Pesawat 1.24
              Games i6 Game
              Pesawattempur Icon
              Pesawat tempur - Air Fighter 1.1.001
              Games Mobistar
              Pesawatku Icon
              Pesawatku 1.6
              Games SiswaMedia
              Tiketcom Hotel Pesawat Icon
              Tiket.com - Hotel & Pesawat 1.11.3
              Apps Tiket.com

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal